by A54Insitu

Renovasi Loteng Terbengkalai Jadi Apartemen Nyaman

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Di lantai teratas sebuah gedung di Zaragoza, Spanyol, loteng buruk menjadi PR bagi para ahli kami, A54Insitu.

Penampilan awalnya sungguh memprihatinkan, ibarat rumah dalam film horor. Atap miring penuh dengan bercak dimakan waktu. Balok kayu dan lantai sudah tak jelas bentuknya. Warna putih sudah lama luntur. Dinding penuh dengan lubang dan terkelupas, seperti memohon untuk dipoles ulang. Namun, tempat menyeramkan ini sebenarnya memiliki potensi. 

Siapa sangka si buruk rupa bisa jadi cantik jelita berkat kerja keras para ahli? Tidak percaya? Mari kita buktikan bersama! 

Kesan pertama: geometri

  by A54Insitu
A54Insitu

Reforma de vivienda de Conde Aranda Zaragoza

A54Insitu

Dengan melihat fotonya saja kita sudah bisa menebak, bahwa ruangan ini ada di lantai teratas sebuah gedung. Biasanya, ruangan ini digunakan sebagai loteng. Tidak seperti masa lalu, ketika ruangan di bawah atap jarang digunakan. 

Bentuk atap menukik yang tak biasa selalu memiliki keterbatasan. Dalam hal ini, pencahayaan perlu diperhatikan. Mengingat si pemilik menginginkan ruangan yang terang dan bercahaya, dengan memanfaatkan keseluruhan interior secara maksimal. Pertanyaannya adalah, bagaimana mengubah ruangan ini menjadi dapur fungsional menggunakan setiap jengkal yang ada? 

Kesan kedua: kondisi

  by A54Insitu
A54Insitu

Reforma de vivienda de Conde Aranda Zaragoza

A54Insitu

Bukan hanya bentuk ruangan geometris ini yang kurang menguntungkan. Kondisi dan penanganan ruang tampak kurang menjanjikan. Penyangga atap terbuat dari kayu, telah usang dan musti dipoles ulang. 

Cat yang mengelupas, retak dan lembab adalah beberapa ciri ruangan sebelum direnovasi. Sebelum kita mulai berpikir tentang sisi estetis sebuah ruangan, harus ada niat untuk membuatnya layak ditinggali dan fungsional. 

Wajah baru

  by A54Insitu
A54Insitu

Reforma de vivienda de Conde Aranda Zaragoza

A54Insitu

Lihat, ruangan ini tampak jauh berbeda setelah direnovasi! Ruangan yang Anda lihat di gambar sebelumnya telah berganti rupa: sebuah ruang tamu yang nyaman. Dinding dan langit-langit dicat putih, kontras dengan struktur kayu yang kini tampil natural berkat pewarnaan. Jendela tidak berubah. Namun aliran udara diperbaiki agar cahaya alami masuk ke ruangan. 

Kini lantai diganti dengan bahan kayu. Inilah aspek yang menjadi pembeda dalam kaitannya dengan kenyamanan dan estetika interior. Seperti yang Anda lihat, para ahli juga menempatkan saran untuk mengatur suhu dalam ruangan. Sebuah tungku perapian dan sistem pemanas ruangan dihadirkan, menghasilkan temperatur udara yang tepat untuk seluruh penjuru apartemen

Dapur terbuka

  by A54Insitu
A54Insitu

Reforma de vivienda de Conde Aranda Zaragoza

A54Insitu

Bentuk atap miring menjadi keterbatasan bagi loteng ini. Dapur harus berada di area di mana langit-langit tidak terlalu rendah, agar lemari dan perangkat dapur lainnya bisa ditata rapi. Si pemilik menginginkan sebuah loteng terbuka, agar interaksi antar penghuni tidak terhalang. Pintu geser dan partisi adalah keputusan cerdas. Keduanya bisa digunakan sesuai kebutuhan dan menjaga privasi. 

Dapur terbuka menghadap ke ruang tamu. Namun dipisahkan sebuah meja tengah dapur yang berfungsi sebagai meja makan kasual yang dipernis dengan warna putih. Meski tidak besar, meja ini kokoh, nyaman dan fungsional. 

Kamar tidur

  by A54Insitu
A54Insitu

Reforma de vivienda de Conde Aranda Zaragoza

A54Insitu

Kamar tidur ini terlihat sangat cerah. Ini berkat jendela di dinding dan juga jendela atap. Ruangan ini terpisah dari ruang makan dan dapur. Terletak persis di bawah langit-langit rendah di mana lemari ditempatkan. Tidak perlu membuka pintu untuk mengaksesnya. Posisi tempat tidur yang strategis berhasil menghindari tatapan mata tamu yang kepo (ingin tahu). 

Kamar mandi

  by A54Insitu
A54Insitu

Reforma de vivienda de Conde Aranda Zaragoza

A54Insitu

Kamar mandi ini dapat diakses langsung dari kamar tidur. Letaknya terbujur persis di belakang dapur. Ruangan ini terdiri dari dua area. Area pertama adalah wastafel dan tempat untuk mencuci. Sedangkan yang kedua adalah toilet dan shower. 

Shower

  by A54Insitu
A54Insitu

Reforma de vivienda de Conde Aranda Zaragoza

A54Insitu

Di antara dua area di kamar mandi, cahaya alami masuk melalui jendela kaca buram dengan akses langsung ke dapur. Cahaya menerangi kamar mandi, namun apa yang ada di dalamnya tidak kelihatan dari luar. Area shower menempati sisi lebar ruang persegi ini untuk memaksimalkan penggunaan ruangan. Maka terciptalah sebuah tempat yang nyaman untuk membersihkan diri. 

Apakah Anda tertarik memiliki dapur terbuka (tanpa sekat)? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!