Kamar Mandi by 제이앤예림design

6 Hal Buruk yang Harus Disingkirkan dari Kamar Mandi

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Banyak dari Anda yang pastinya menggunakan berbagai cara agar kamar mandi tampak lebih bersih dan indah. Mulai dari meletakkan bunga agar kamar mandi terlihat bersih, hingga aksesoris lainnya yang membuat kamar mandi tampak lebih indah. Tapi terkadang, beberapa hal tersebut tidak seharusnya Anda pasang, karena malah membuat kamar mandi tampak lebih buruk dibandingkan seharusnya.

Untuk itu, berikut homify berikan 6 hal buruk yang harus disingkirkan dari kamar mandi, agar ruangan pribadi tersebut menjadi lebih nyaman digunakan, tidak hanyak indah dan bersih semata. Contekan sederhana ini pastinya sangat Anda butuhkan. Mari kita simak selengkapnya!

1. Bak mandi yang kurang nyaman

 Kamar Mandi by 홍예디자인
홍예디자인

화이트 & 블랙

홍예디자인

Tentunya merasakan air hangat setelah seharian beraktivitas sangatlah membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks. Tetapi, jika Anda melakukannya di bak mandi yang terlampau kecil, pastinya hal tersebut mengganggu kenyamanan Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak perlu memaksakan untuk memasang bak mandi jika memang lahan yang tersedia sangat terbatas.

Jika sudah terlanjut, lebih baik Anda membongkar bak mandi tersebut dan menempatkannya di ruangan lain saja, misalnya di dekat ruang keluarga atau tempat lainnya. Cara ini pastinya membuat aktivitas mandi Anda menjadi lebih nyaman. 

2. Kamar mandi berukuran terlalu besar

Jika Anda lebih memilih untuk mendesain kamar mandi kering, tentunya kamar mandi ini membutuhkan lahan yang cukup besar. Tetapi, jangan sampai kamar mandi tersebut malah terlampau besar dan Anda menghabiskan terlalu banyak ruang hanya untuk bilik mandi saja. Manfaatkan lahan yang tersisa untuk dijadikan tempat penyimpanan atau ruang lainnya.

Anda pun dapat membuat kamar mandi dengan fasilitas lengkap dengan menempatkan ruang rias atau juga ruang ganti baju. Dengan begini, seluruh ruangan pun dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

Ingin ide kamar mandi lainnya? Langsung saja klik tautan berikut ini, karena homify memiliki banyak sekali pilihan khusus untuk Anda!

3. Saluran bocor dan ruang penyimpanan yang terlampau kecil

Kamar mandi yang Anda gunakan pastinya membutuhkan ruang penyimpanan, karena peralatan mandi seperti handuk, tissue toilet, atau sabun dan shampoo, membutuhkan tempat penyimpanan yang sesuai. Untuk itu, manfaatkan sudut yang tersisa di dalam ruangan untuk memasang rak ambalan atau laci di bawah wastafel yang dapat digunakan setiap saat.

Ukuran yang sesuai pun perlu Anda perhatikan, karena seringkali ruang penyimpanan ini terlalu kecil dan tidak bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang. Baik ruang penyimpanan maupun peralatan mandi merupakan elemen kecil yang tidak boleh Anda lupakan, karena itu pastikan ukuran ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

4. Ubin yang terbuka dan rusak

Sesekali, Anda perlu mengecek kondisi ubin kamar mandi, karena bagian dari kamar mandi ini membutuhkan pemugaran beberapa tahun sekali. Jika ubin sudah mulai terbuka dan membutuhkan perbaikan, ada baiknya Anda harus memanggil para ahli agar kondisi tersebut tidak menyebabkan masalah lainnya di kemudian hari. 

Selain berbahaya, ubin rusak juga dapat menyebabkan wastafel atau bagian kamar mandi lainnya ikut rusak. Bagian lain yang tak kalah penting untuk Anda periksa adalah dinding. Jika jamur mulai menyebar di dinding, cobalah untuk mengantisipasinya dengan menyikatnya menggunakan cairan karbol. Dengan begini, kamar mandi Anda pun lebih nyaman dan aman.

5. Lokasi tempat gantungan handuk yang tidak jelas

Hal ini tidak perlu Anda perhatikan jika memang lokasi gantungan handuk di kamar mandi sudah tepat. Namun, jika Anda tidak yakin, Anda perlu memperhatikan lokasi pemasangan gantungan handuk sekali lagi. Jika memang saat ini penempatannya terlalu dekat dengan bak atau bilik mandi, maka ada baiknya Anda memindahkannya.

Hal ini dikarenakan, posisi rak handuk yang terlalu dekat dengan bilik mandi dapat menyebabkan handuk mudah basah. Atau mungkin Anda menempatkan gantungan handuk terlalu dekat dengan pintu? Hal tersebut juga kurang tepat, karena menyebabkan Anda kesusahan untuk membuka pintu kamar mandi dengan sempurna. Maka dari itu, meskipun terlihat sepele, bagian ini perlu Anda perbaiki sesegera mungkin.

6. Pintu yang sulit ditutup

 Kamar Mandi by dip chroma
dip chroma

염창동 아파트

dip chroma

Akhirnya, kita pun sampai ke bagian yang paling esensial dari kamar mandi, yaitu pintu masuk. Bagian ini perlu Anda cek secara rutin, karena pintu seringkali tidak dapat menutup dengan sempurna seiring berjalannya waktu. Pastikan posisi pintu masuk juga lebih praktis dan nyaman. Jangan sampai, pintu tersebut menghalangi rak penyimpanan saat terbuka, sehingga Anda kesusahan untuk mengambil peralatan mandi.

Untuk itu, pertimbangkan untuk menggunakan pintu geser yan lebih praktis seperti pada gambar berikut ini. Dengan begitu, aktivitas Anda di dalam kamar mandi pun menjadi lebih privat dan nyaman.

Tips manakah yang sudah Anda coba? Mari share bersama homify di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!