Teras by 久安典之建築研究所

Taman Rahasia: Rumah dengan Halaman di Atapnya

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Memiliki halaman luas dengan taman tentu merupakan idaman hampir semua orang. Namun, hidup di perkotaan dengan lahan yang minim membuat kita harus bisa sedikit lebih kreatif untuk memenuhi keinginan memiliki halaman tersebut. Salah satu caranya adalah memiliki halaman di atap rumah. Bagaimana bisa?

Kali ini kami akan menyajikan desain rumah yang menyimpan sebuah taman rahasia yang sama sekali tidak terlihat dari luar.  Desain rumah ini adalah hasil karya para arsitek dari Institut Arsitektur Jepang. Mereka mencoba telah berhasil mewujudkan mimpi si pemilik rumah untuk memiliki halaman tempat anak mereka bisa bermain dan menangkap kelinci. 

Desain rumah ini sangat syarat dengan ide-ide praktis bagaimana men-siasati minimnya lahan tanpa menghilangkan privasi dari halaman yang dibuat.

Rumah yang langsung menghadap jalan

Tampak tim arsitek menaikkan level tanah untuk mensiasati posisi tanah yang miring.  Menaikkan level tanah juga memberikan jarak antara rumah dan jalan yang akan melindungi privasi si penghuni rumah. Susunan batu yang menyokong memberikan kesan kuat dan kokoh pada rumah. 

Seperti terlihat, dengan lahan yang minim dengan posisi yang langsung menghadap ke jalan tentu saja sulit untuk memiliki halaman dengan privasi dan keamanan untuk enak-anak.

Ruang tamu minimalis

Ruang tamu terlihat sangat minimalis dengan mebel warna polos dan dekorasi yang berlebihan. Langit-langit dibuat tinggi untuk memberikan efek luas dan lega.  Sebagai sumber cahaya alami, dibuat skylight kecil di sepanjang perimeter sisi halaman dari langit-langit dan dinding.

Lampu sengaja dipasang di dinding dengan warna kuning untuk memberikan efek hangat dan cantik saat matahari sudah menghilang.

Dapur dengan Motif Kayu

Ruang tamu terletak ke bagian belakang dapur dan ruang makan. Warna kayu pada dapur memberikan efek cerah karena pemasangan beton ekspos yang berwarna abu-abu. Warna kayu mampu mengimbangi dinginnya warna beton dan perasaan kaku serta menambahkan rasa hangat, menambah kenyamanan. 

Lampu masih menjadi pilihan sebagai pemanis di ruangan ini. Lampu gantung mewah memberikan nuansa dekoratif pada ruang yang minimalis.

Tangga Menuju Halaman

Di tengah lantai pertama merupakan ruang terbuka di mana terdapat tangga yang menghubungkan lantai bawah dengan halaman di atas.  Bagian yang mengarah ke ruang tamu dan teras, berupa lorong dengan pintu kaca geser ke jendela depan. Tempat ini juga berguna untuk untuk menginduksi cahaya alami yang masuk ke sebuah ruangan.

Halaman di atap rumah

Halaman di atas juga nampak terlihat simpel senada dengan interior rumah ini. Namun jika Anda ingin terlihat lebih berwarna bisa juga menambahkan tanaman hias yang senang dengan sinar matahari.

Dinding yang mengelilingi halaman atap dipasang skylight sebagai pencahayaan alami untuk pada ruangan-ruangan di bawahnya. 

Klik link berikut untuk mendapatkan inspirasi taman indoor :

16 Desain Taman Inddor Kecil dan Indah

Apakah Anda juga berminat membuat halaman di atap rumah?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!