Taman by -GardScape- private gardens by Christoph Harreiß

10 Ide Untuk Taman Indah Tiada Banding

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Jika hari sedang cerah, inilah saatnya menata ulang taman dan menanam tanaman jenis baru. Anda bisa mempercantik taman dengan gaya apapun. Tanaman akan mendapat cukup air tanpa disiram, bahkan di musim pancaroba. Jika tanaman hias berhasil hidup, ia akan menjadi elemen hias eksterior yang selalu menarik dipandang. Beberapa gambar berikut akan menyajikan beberapa ide bagaimana merancang taman milik Anda sendiri. Baik itu taman kecil atau taman besar, teras, indah atau luar biasa, para ahli kami punya sesuatu untuk Anda semua.  

1. Taman praktis

Pemilik properti ini telah menginstruksikan petaman untuk mendesain ulang taman mereka. Mereka ingin punya taman luas, tapi minim perawatan dan tetap mendatangkan suasana nyaman. Mereka juga ingin ada pohon zaitun dan pohon palem di taman itu. Memang tidak mudah memenuhi semua permintaan itu. Tapi para ahi Eurl Olivier Dubois bukanlah para ahli jika mereka tidak bisa memberikan solusi. Untuk itu, mereka menempatkan halaman berumput di tengah taman. Tepiannya dibatasi oleh batu kerikil hias. Batu-batu ini akan menyatu dengan pohon zaitun untuk beberapa tahun. Pohon palem ditanam di area teras yang berlantai kayu. Sebuah rancangan yang memungkinkan Anda memiliki taman elok tanpa susah payah merawatnya. 

2. Taman Mediterania

 Taman by Pedro Paysage SAP
Pedro Paysage SAP

Entretien d'un espace détente

Pedro Paysage SAP

Sentuhan Mediterania di taman Anda, apa ada yang lebih indah dari ini? Tapi Anda tak perlu mencarinya. Taman ini mempesona berkat tanaman hias Mediterania, yang terdiri dari tanaman keras hias (tanaman menahun) dan tanaman lain yang tinggi dan rendah. Semua bersifat dekoratif dan merupakan gaya khas Eropa Selatan. Sementara furnitur taman sebaiknya menggunakan bahan alami. Di sini, furnitur anyaman di taman dapat diakses dari halaman rumput. Lengkap dengan alas duduk warna cerah, furnitur ini mengundang kita duduk untuk menikmati sinar matahari. 

3. Taman Zen

Selain gaya Mediterania, kita juga bisa menerapkan gaya Timur Jauh untuk taman. Cara terbaik melakukan ini adalah dengan menempatkan figur/patung Zen, seperti yang tampak pada foto ini. Patung Buddha ditempatkan di sudut di dekat pagar yang menarik perhatian. Matanya tampak tenang dan anggun, menebarkan pandangan ke taman, serta mengundang suasana tenang dan seimbang. Di antara deretan tanaman ada semacam pohon buah-buahan dan semak-semak. Dua jenis tanaman untuk memperkuat atmosfer Timur Jauh dan mengajak Anda berkhayal tentangnya. 

4. Taman kecil

Siapapun yang hanya memiliki sebuah taman kecil sebenarnya beruntung. Khususnya ketika ada sedikit ruang untuk halaman berumput. Yang penting adalah bagaimana kita memanfaatkannya, meski luasnya tidak seberapa. Salah satunya adalah dengan membuat area duduk-duduk yang nyaman. Untuk itu, gunakanlah furnitur rumah makan dengan cat warna cerah, atau kursi rotan yang nyaman. Dinding panel kayu bisa dijadikan elemen penghias yang menghasilkan kenyamanan. Lentera akan mengundang suasana romantis di malam hari. Sedangkan tanaman dalam pot akan menyegarkan mata di siang hari. Semua ini akan membuat area sempit ini oase yang menyejukkan.   

5. Aksen warna

Lantai papan kayu bisa dimanfaatkan saar merancang area teras. Bahan ini bisa menghadirkan suasana nyaman dan bersahabat. Agar teras tidak tampak garing, tambahkan kotak kayu bunga. Ini dapat digunakan untuk menghijaukan suasana dengan tanaman hias atau tanaman berbunga. Apalagi kalau tanaman-tanaman itu berwarna cerah seperti foto ini. Teras Anda pasti lebih mempesona. 

6. Sofa super nyaman

Baik taman maupun teras sebaiknya memiliki area duduk-duduk yang nyaman. Jika ada ruang lebih, Anda bisa menempatkan sofa-sofa besar untuk membuat area lounge seperti di hotel. Furnitur berukuran besar pasti menggoda siapapun untuk bersantai dan bermalas-malasan. Terutama di saat hari sedang cerah, baik untuk berkumpul bersama keluarga dan teman di luar. Area duduk-duduk ini berada di lantai atas, sehingga memiliki panorama kelas atas. 

7. Klasik elegan

 Garden  by JARDINCHIC.COM
JARDINCHIC.COM

Collection ROUND by EMU

JARDINCHIC.COM

Jujur saja, taman ini bisa berbicara banyak tentang kelas sosial pemiliknya. Rumah dalam foto ini memiliki eksterior menyenangkan, lengkap dengan pintu kayu dan jendela gaya lama. Para tamu akan disambut air mancur di kolam kecil dari batu dan merupakan bagian dari jalan masuk untuk kendaraan. Seperangkat furnitur taman simpel namun elegan dari Gartengarnitur sangat pas di sini. Terdiri dari kursi-kursi modern, dengan bentuk mirip kursi berlengan yang nyaman untuk duduk. Sedangkan mejanya berbentuk geometris dengan permukaan mengkilap. Menikmati sore hari bersama kopi dan kue di sini adalah sesuatu yang mustahil ditolak. 

8. Perlindungan visual untuk sesuatu yang berharga

Pagar di taman biasanya dirancang tanpa celah. Untuk membuat suatu ruang terpisah dan menjaga privasi. Hadirkan privasi di taman Anda dengan perlindungan visual. Ini tersedia dalam beberapa versi. Salah satunya terpampang di foto ini, pagar bercelah dengan tanaman. Tanaman yang paling cocok adalah jenis tanaman merambat seperti evergreen ivy, atau tanaman lainnya. Tanaman ditata dengan tinggi dan lebar yang bervariasi. Ini membuat taman jadi menarik karena tanaman tidak hanya tumbuh ke atas. Dengan kata lain, variasi tata letak ini berfungsi sebagai hiasan sekaligus melindungi pemilik rumah dari lirikan mata tetangga usil. 

9. Petak-petak tanaman

Desain petak-petak tanaman di foto ini beragam sebagai pembatas visual. Kreativitas memang sebaiknya tidak mengenal batas. Tanaman bit digunakan untuk memperindah taman ini. Demikian juga beberapa tanaman lainnya. Tanaman berbunga menghadirkan kecerahan musim panas di taman ini. Sedangkan tanaman hijau melambangkan kehidupan di segala musim, sekaligus mengatur aksen warna. Desain individual juga dihadirkan di petak-petak tanaman ini dengan pola kotak-kotak. Lempengan batu diletakkan melintang satu sama lain agar tercipta permukaan berbeda di antara pola. Garis-garis tegas digoreskan di tepiannya untuk memisahkan lempengan beton dan tanaman bunga. 

10. Galeri terbuka

Taman juga bisa digunakan untuk memamerkan koleksi karya seni. Baik karya seni orang lain maupun buatan orang lain, seperti pada gambar ini. Ibarat galeri, hasil karya tropis, pop art dan elemen patung bersatu di sini. Taman ini sudah bisa menjelaskan tentang dirinya, selera tinggi sang pemilik dan menarik perhatian dalam waktu yang sama. 

Menurut Anda, apa yang membuat sebuah taman lebih indah dari taman lainnya? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!