Taman by STUDIO POH

Rumah 1 Kamar dengan Banyak Ruang Serbaguna!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Memiliki rumah yang nyaman ketika anggota keluarga mulai bertambah tentunya menjadi impian setiap orang. Namun terkadang, karena berbagai alasan, rumah pun sangat susah untuk direnovasi atau diperluas. 

Terlepas dari lahan yang sangat terbatas, menghadirkan ruangan yang luas untuk keluarga memanglah tidak mudah, karena rumah harus dituntut serba praktis dan terlihat menarik. Mengikuti pola pikir ini, maka sebuah tim arsitek asal Jepang, Studio Poh menyelesaikan sebuah proyek sederhana untuk merancang rumah kecil dengan banyak ruang di dalamnya, cukup untuk seluruh anggota keluarga yang ada.

Rumah pun dirancang dengan lebih bijaksana, agar dapat mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga yang tinggal di dalamnya. Penempatan 1 tempat tidur tinggi 3 dimensi akhirnya menjadi solusi dari permasalahan ini, sehingga pemilik dapat memiliki ruangan lain seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur orang tua dan anak, yang seluruhnya dikonsep pada ruang terbuka yang terlihat luas.

Penasaran? Mari simak rumah unik dengan berbagai ruangan yang serbaguna berikut ini!

1. Tampilan luar yang sederhana dari beton berbentuk kubus

Finishing dari beton menjadikan kesan chic dan liar langsung terlihat, bahkan sebelum Anda masuk ke dalam rumah mungil ini. Nuansa yang kokoh dan stabil dari material beton juga menciptakan tampilan yang lebih menarik. Sedangkan di dalamnya, Anda akan menemukan ruangan yang lebih privat, lengkap dengan kamar tidur untuk orang tua dan anak dengan konsep studio yang menyatu dalam satu ruangan. Dinding eksterior yang dibuat tertutup berfungsi untuk menciptakan privasi terhadap ruangan tersebut.

Daun pintu dari kayu yang tidak dipelitur menghasilkan efek stylish dan juga tradisional pada rumah. Namun, paduannya dengan dinding beton menghasilkan kesan modern dalam waktu yang sama. Sementara itu, interior rumah masih misteri. Penasaran bagaimana bentuk dalam rumah ini? Mari langsung lanjut ke dalam!

2. Interior ruangan keseluruhan

Memasuki ruangan, Anda dapat langsung melihat keseluruhan interior yang didesain dengan konsep terbuka. Dari pintu depan, pada bagian kiri Anda dapat langsung menuju dapur. Sementara itu, ruangan untuk bersosialisasi disejajarkan dengan dapur, yang menciptakan efek visual ke dalam ruangan. Namun, di manakah kamar tidur anak-anak dan pemiliknya?

Ternyata, kamar tidur diberi undakan sedikit, yang menjadikan kamar tidur jauh dari sorotan. Pada tingkat yang lebih rendah merupakan kamar untuk anak-anak sementara menaiki tangga vertikal yang lebih tinggi, merupakan tempat kamar tidur pemilik berada. Keseluruhan ruangan memang sengaja dibiarkan terbuka, agar kesan lapang terpancar lewat seluruh bagian ruangan. Perbedannya hanya ketinggiannya saja, yang memberikan privasi lebih kepada anggota keluarga yang akan beristirahat.

3. Dapur yang juga berfungsi sebagai koridor

Kita menuju ke dapur, di mana struktur ruangan dibuat secara presisi dikarenakan lahan yang terbatas. Selain berfungsi sebagai dapur, bagian ruangan ini juga berfungsi sebagai lorong antara pintu masuk dan ruang tamu. Tetapi jangan salah, walaupun terlihat kecil, ternyata dapur ini tetap fungsional. Dinding beton ekspos juga menjadikan dapur terlihat lebih menarik dan mewah, layaknya dapur di sebuah restoran.

Pencahayaan yang memadai dari lampu neon tersembunyi juga membuat ruangan tampak berpendar, menjadikannya tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki cukup penerangan sepanjang hari.

4. Balkon dengan suasana santai dan nyaman

Sekecil apapun rumah ini dibuat, ruang terbuka seperti ini sangat diperlukan. Arsitek rumah ini sengaja membuat taman yang lebih luas dibandingkan dengan bagian dalam rumah. Ruang tamu sengaja dibuat dengan pemandangan taman yang sangat luas. Balkon rumah yang disulap menjadi taman ini juga sebagai salah satu visual efek yang memperluas ruang tamu, dan tentu saja membantu penerangan di dalam rumah saat siang hari. Orang dewasa bahkan anak-anak akan menyukai udara segar dari balkon ini dan senang bermain-main dibawah sinar matahari.

5. Desain interior dengan banyak bentuk persegi

Dalam gambar diatas, terdapat empat ruangan yang seadri tadi kita bahas. Yaitu dapur, ruang tamu, kamar anak-anak, dan kamar tidur utama yang terletak di lantai bagian atas. Tangga untuk menuju kamar tidur utama dihilangkan dan diganti dengan menempelkan beberapa gantungan dari besi yang kuat. Gantungan ini bisa berfungsi sebagai rak dinding. Sungguh merupakan ide praktis untuk mendekorasi rumah dengan elemen arsitektur minimalis tetapi terlihat mengesankan.

Anda ingin ide interior lain yang tak kalah menarik? Artikel mengenai restorasi rumah tua dengan gaya spektakuler berikut ini!

6. Ruang penyimpanan tersembunyi

Tantangan terbesar saat Anda memiliki rumah yang berukuran kecil adalah ruang penyimpanan. Berikut ini arsitek memberikan ide yang mampu mengatasi masalah Anda dalam membereskan barang-barang yang tidak berguna, atau barang yang hanya digunakan saat musim dingin. Ruang kosong di bawah kamar anak-anak ini akan berguna untuk menyimpan barang-barang yang menghalangi pandangan, membuat rumah terlihat penuh sesak, dan terlihat rapi. 

Anda ingin rumah seperti ini? Di homify masih banyak pilihan yang tersedia!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!