Dapur built in by Grange México

10 Konsep Kabinet Dapur yang Sesuai untuk Rumah Anda

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Dapur dengan susunan dan desain yang ideal memiliki konsep yang sangat subjektif dan akan sangat bergantung pada selera masing-masing pemiliknya. Dapur masih merupakan salah satu ruangan utama dari sebuah rumah, dan merupakan pusat berbagai kegiatan dalam rumah. Selain menjadi tempat pertemuan keluarga serta tempat mencoba berbagai masakan dengan rasa dan tekstur yang berbeda, dapur kini juga telah menjadi ruangan yang ideal untuk bekerja sambil mengawasi anak-anak. Karenanya, atmosfer dapur menjadi sesuatu yang penting saat membangun interiornya.

Dalam memutuskan dekorasi apa yang tepat bagi dapur Anda, ada banyak kemungkinan, dan salah satu penentu utamanya ada pada pilihan kabinet dapur Anda yang fungsional, praktis dan modern. Berikut ini beberapa ide furnitur dapur yang tampak bersih dan rapi untuk rumah Anda.

1. Kabinet dapur di bagian bawah

Di ruangan dapur yang terbatas ruang geraknya, cabinet seringkali terletak menempel pada dinding dapur. Biasanya, kabinet dapur ini ditempatkan beberapa sentimeter di atas kepala, membuatnya menjadi tempat penyimpanan peralatan dan perlengkapan dapur. Meski demikian, kabinet seperti demikian dapat disesuaikan dengan gaya berikut, di mana ruangan yang tersisa dimaksimalkan dan dijadikan pusat dari masuknya cahaya lewat jendela besar.

2. Serba putih

Ruangan dapur tempat berbagai aroma dan rasa bermunculan menjadikan dapur identik dengan kesenangan dan suasana yang penuh citarasa. Karenanya, dapur haruslah menjadi pusat penyimpanan berbagai peralatan dan perlengkapan makan sesuai fungsinya masing-masing. Jika dapur tidak rapi, dapur menjadi tempat yang tidak menyenangkan. Pemilihan warna putih pun terasa tepat sebagai simbol gaya klasik nan elegan sehingga dapur tampak lebih terang dan rapi.

3. Dapur rumahan

Anda mungkin berpikir bahwa dapur dengan kabinet berbahan kayu semuanya sama saja, namun tidak demikian. Terdapat berbagai variasi material yang bisa digunakan untuk kabinet dapur, dengan berbagai sentuhan dan tekstur yang berbeda-beda sehingga memiliki fungsi serbaguna. Tidak diragukan lagi, dekorasi yang demikian mendatangkan atmosfer hangat, nyaman dan sangat rumahan. Seperti yang bisa dilihat pada gambar, gaya kabinet dapur yang demikian dihasilkan dari kombinasi batu, baha dan kulit hasil karya Base decoration.

4. Dapur dengan warna serba merah

Pemilihan warna yang berani antara berbagai peralatan masak dan panci menjadi sentuhan yang dominan. Warna merah mewakili adanya intensitas kegiatan masak-memasak di dalam dapur. Kabinetnya sendiri terdiri dari laci dan lemari geser dengan sistem rak yang efisien di bagian atas dan bawah untuk mengatur berbagai peralatan di dapur. Sentuhan akhir yang mulus pada kabinet dapur ini menambah kecerahan ruangan, membuatnya tampak lebih luas dan hidup.

5. Aroma khas ibu

Dapur yang identik dengan ruangan yang penuh akan berbagai aroma segar dan menyenangkan. Dapur berikut ini menangkap dengan baik gaya khas rumahan dan tradisional yang selalu menghargai materil alamiah dan kombinasi yang melengkapinya dengan bahan-bahan tanah liat yang sederhana dan praktis. Warna-warna pastel yang menjadi detail pada lemari penyimpanan bagian bawah dengan pegangan metalnya menciptakan atmosfer yang menyenangkan.

6. Di balik bahan kristal

Terkadang, bagian penyimpanan berupa kabinet dapur ini menjadi alasan untuk menikmati kegiatan masak-memasak yang lebih intim dan rahasi, tertutup hanya untuk pemilik rumah. Meski begitu, berbagai hal yang sifatnya transparan jauh lebih populer sekarang, dengan kabinet dapur seperti yang satu ini. Berkilau dan tembus pandang, Anda dapat mengintip berbagai peralatan dapur Anda dari luar.

7. Nyali sekuat baja

Beberapa pemilik rumah dan pengguna dapur cenderung memiliki pilihan tertentu mengenai material furnitur favorit mereka, dan beberapa di antaranya memilih baja yang kuat dan tahan lama. Contoh dapur dengan kabinet berbahan baja ada dalam daftar berikut, dengan latar tembok batu bata, membuat perpaduannya lebih unik dan menarik. Bahan baja juga sangat mudah dibersihkan, cerah dan solid dalam waktu yang lama.

8. Dapur yang cerah dan terang

Furnitur dapur memiliki tren tersendiri yang selalu berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu, dan kini, giliran material yang satu ini yang populer. Pelapis berkilau yang digunakan pada permukaan furnitur dapur ini membuat ruangan dapur berpenampilan lebih modern dan mewah. Warna hijau dari kabinet dapur ini juga menonjolkan atmosfer kuliner yang menyenangkan dan segar.

9. Tampilan dapur bongkar pasang

 Dapur by RestyleXL
RestyleXL

Reclaimed wood kitchen

RestyleXL

Yang satu ini merupakan contoh yang bagus untuk menjadikan dapur sebagai tempat pemanfaatan material bongkar pasang dari puing-puing yang masih bisa digunakan. Anda perlu memiliki kepercayaan diri dan selera artistik yang tinggi untuk mewujudkan tampilan dapur ini dan mengikutsertakannya pada bangunan kabinet dan rak dapur. Material kayu seperti ini merupakan pilihan yang ekologis dan ramah lingkungan.

10. Dapur multifungsi

 Dapur by Schmidt Küchen
Schmidt Küchen

Ein völlig neues Raumerlebnis

Schmidt Küchen

Tidak selalu area dapur di dalam rumah memiliki privasi tersendiri. Pembagian tradisional pada dapur seringkali membuat dapur kurang fungsisonal dan kurang melengkapi serta mengalir secara komposisi. Dapur yang satu ini memiliki bentuk ruangan yang melingkar dengan dapur yang lebih multifungsi.

Untuk inspirasi dapur lainnya, cek di sini!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!