by aNC arquitectos

Restorasi Rumah Tua dengan Gaya Spektakuler!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Porto seperti yang kita telah ketahui, merupakan sebuah kota yang sangat tua, bahkan yang tertua di Portugal. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kota ini memiliki banyak sekali warisan arsitektur yang tersebar hampir di seluruh penjuru kota. Anda akan temui banyak rumah di Porto yang memiliki ciri arsitektur yang khas dan telah diakui secara internasional. Meskipun begitu, beberapa rumah tua ini banyak yang ditinggalkan pemiliknya, yang menyebabkan beberapa di antaranya dalam kondisi rusak dan setiap tahunnya hancur. 

Lewat sebuah proyek spesial, tim arsitek bernama ANC Arsitek turut andil dalam sebuah proyek restorasi rumah tua di sudut kota Porto, yang diubah menjadi lebih indah dengan menonjolkan kekayaan arsitektur khas kota ini di dalamnya. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Warna hijau tua yang mencolok

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Tampak luar dari rumah yang menghadap langsung ke jalan, membuat kita bagaimana rumah tua ini sangatlah indah di zamannya. Proporsi klasik dengan ketinggian rumah yang tampak tidak terlalu tinggi, tertutupi dengan indah lewat hadirnya ubin berwarna hijau tua yang sangat khas di sini. Pepohonan rindang pun menutupi jendela rumah, membiarkan cahaya matahari dapat masuk lewat celah daun, yang secara tidak sengaja menciptakan bayangan estetis yang menutupi fasad depan.

Semua detil dari masa lalu langsung terhadir di depan rumah, berhasil direstorasi termasuk dengan pintu gerbang besi besar yang sangat klasik. Penasaran untuk tahu bagian dalamnya? Mari kita langsung masuk!

2. Bagian belakang yang mengagumkan

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Dari perspektif lain, Anda dapat melihat sebuah kebun yang berdiri indah di belakang rumah. Terlihat jelas detil yang telah berhasil direstorasi dari sini, yang sangat indah dan tampak lebih kontemporer. Balkon baru pun telah ditambahkan ke dalam rumah, yang tampak sempurna menyatu dengan bangunan tua. Sedangkan ukuran jendela lama tetap dipertahankan dengan menciptakan pilar baja tipis yang mendukung berdirinya balkon, yang juga berfungsi sebagai akses langsung ke lantai pertama.

Batu tua di area tangga pun juga dipertahankan, dibiarkan menyatu dengan elemen bangunan lainnya. Keharmonisan antara arsitektur klasik dan kontemporer berpadu dengan sempurna tanpa mengganggu satu dan lainnya. Menarik!

3. Interior dapur dengan warna putih total!

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Pada lantai pertama, Anda akan menemukan detil bangunan kontemporer yang tercipta berkat hadirnya furnitur baru, yang menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih luas. Untuk itu, pemilihan warna putih pun telah diperkirakan dengan seksama untuk menciptakan efek tersebut. Hal ini sebenarnya bertentangan dengan pandangan umum yang menyebutkan jika dapur pasti kotor dan jauh dari kata bersih.

Di tengah ruangan, Anda pun dapat melihat sebuah meja besar yang ditempatkan bersamaan dengan wastafel untuk mencuci peralatan dapur dan juga menjaga sirkulasi udara tetap berjalan sempurna. Lantai ruangan juga sengaja didesain menggunakan kayu berwarna gelap, agar warna putih dapat dipotong dan tidak monoton. Lemari minimalis yang ditempatkan di sisi dinding juga menciptakan nuansa kontras, yang tentunya juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sempurna untuk bumbu dan bahan makanan.

4. Langit-langit terbuka dan tak terduga yang menyegarkan

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Kita naik sedikit ke lantai dua, di mana Anda akan menemukan langit-langit yang didesain dengan kaca terbuka, sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah dengan sempurna. Warna putih pada dinding dan ornamen kayu pun menciptakan suasana damai dan tenang di seluruh ruangan. Sedangkan, cahaya matahari yang masuk tidak hanya memiliki fungsi penerangan, tetapi juga memberikan nuansa yang lebih dinamis ke dalamnya.

Pada lantai ini, juga dipasang jendela baru yang memungkinkan Anda untuk mengintip keluar rumah dan melihat siapa yang datang ke rumah. Sangat indah dan fungsional, bukan?

5. Kamar mandi

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Kamar mandi pun dibuat menjadi lebih luas dan juga indah, lengkap dengan tempat mandi ganda yang sempurna untuk mandi yang lebih nyaman.

6. Paduan pink dan hitam yang sempurna

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Pemilihan fasad di dalam ruangan dengan warna pink gelap berbanding terbalik dengan bagian depan rumah yang berwarna hijau gelap, menciptakan paduan warna hangat dan dingin yang sungguh unik. Frame kayu berwarna hitam juga memberikan sentuhan kontras dengan warna cerah yang memukau.

Tidak hanya itu, langit-lagit pun dilapisi dengan desain berpola abstrak yang menjadikan suasana ruangan lebih menarik. Di balkon baru, terdapat pula lantai dengan warna gelap yang sederhana, sehingga tidak terdapat perbedaan begitu berarti dengan bagian ruangan lainnya.

7. Koridor yang membawa Anda ke masa lalu

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Pada gambar berikut ini, Anda dapat melihat pekerjaan restorasi megah yang dikerjakan oleh sang arsitek, yang membiarkan semua elemen dari masa lalu tetap berada di tempatnya. Keindahan dan tekstur baru seperti yang terlihat pada langit-langit hanya akan membuat kita kagum tiada henti. Memesona sekali!

8. Bahan granit bermotif catur yang khas

  by aNC arquitectos
aNC arquitectos

House in the City 3

aNC arquitectos

Di ruang bawah tanah, terdapat lantai yang ada dilapisi ubin berpola kotak-kotak yang meluas hingga ke arah kebun, menciptakan sebuah koneksi yang sangat kuat dengan luar ruangan.

Sedangkan di luar, Anda dapat beristirahat di bangku yang terbuat dari fragmen batu rumah tua yang sudah tidak terpakai di rumah ini. Balkon yang terdapat di sini juga menciptakan nuansa yang berbeda di pagi, siang, dan juga sore hari. Hal ini tidak lepas berkat hadirnya dinding batu yang menjadikan rumah terlihat lebih sejuk dan anggun, persis dengan bentuk aslinya yang klasik dan tak lekang dimakan zaman.

Apakah ini rumah yang Anda cari? Share di kolom komentar tentang rumah favorit Anda, dan akan kami wujudkan!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!