Ruang Keluarga by ラブデザインホームズ/LOVE DESIGN HOMES

Nyamannya Tinggal di Rumah Seluas Kurang Dari 100 m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bentuk bangunan seluas kurang dari 100 meter persegi sangat tergantung pada lokasi di mana bangunan itu akan didirikan. Mungkin tidak cukup luas jika kita berencana membangun rumah besar. Namun sudah cukup jika kita hendak mendirikannya di area perkotaan, di mana pada umumnya orang tinggal di rumah yang tak seberapa luas. 

Hari ini saya akan mengulas sebuah proyek yang bisa dijadikan solusi bagi masyarakat urban. Khususnya bagi mereka yang memimpikan kehidupan nyaman dan tenang di tengah realitas kota. Ini adalah sebuah rumah 3 lantai dengan luas maksimal dan berdiri di atas tanah yang tak seberapa luas. Kok bisa? Mari belajar pada ahli kami asal Jepang, Love Design Homes, melalui uraian singkat berikut ini. 

Tampilan urban yang sederhana

Ada yang bilang hitam itu warna abadi yang melambangkan saat ketika kita belum dilahirkan dan sesudah kita mati. Eksterior simpel dengan desain kubus dan sentuhan akhir warna hitam membuat bangunan ini tampak anggun. Kokoh dan tidak terpengaruh situasi sekitarnya di tengah kota yang dipadati penduduk dan bangunan. Pintu depan di lantai satu terbuat dari kayu, menjadikannya pusat perhatian yang dirancang rapi. 

Jendela-jendela tersebar di berbagai lokasi di rumah untuk melancarkan sirkulasi dan sebagai sumber cahaya. Jendela-jendela di rumah ini berukuran kecil, mengingat semuanya menghadap ke jalan. Privasi bisa terancam jika jendela terlalu besar dan siapapun yang ada di luar bisa mengintip ke dalam.  

Interior cerah

Ruang tamu, ruang makan, dan dapur terintegrasi dalam satu ruangan. Atap ruang tamu dibuat tinggi dan terbuka untuk menggantikan fungsi jendela yang dibuat kecil demi privasi. Cahaya matahari bisa masuk leluasa ke dalam rumah dan penghuni rumah tidak perlu khawatir akan diintip. Hasilnya adalah sebuah interior yang cerah dan keterbukaan yang menyenangkan. 

Dapur dan meja dapur panjang

Dapur dirancang dengan desain horizontal bersama meja panjang layaknya di bar. Pelapis meja dapur terbuat dari bahan stainless steel untuk memudahkan aktivitas. Sementara bagian depan meja dapur terbuat dari kayu warna alami. Serasi dengan interior ruangan yang cerah dan hangat. 

Dapur yang memanjang terhubung dengan ruang tamu. Ini membuat penghuni rumah dapat memasak bersama. Bahkan ketika salah satu penghuni berada di ruangan lain, mereka tetap bisa bertatap muka dan mengobrol. Memasak sambil menonton TV atau bercengkerama bersama para tamu adalah salah satu hal yang membuat rutinitas Anda membahagiakan. 

Suka dapur terbuka seperti ini? Klik 5 Contoh Desain Dapur Ruangan Terbuka

Ruang tamu dengan langit-langit tinggi

Ruang tamu ini terletak di lantai dua, tempat di mana Anda bebas beristirahat tanpa gangguan. Jendela dibuat di bagian atas dan bawah dinding, agar sinar matahari dapat mencapai ruangan-ruangan lainnya. Inilah mengapa langit-langit di ruangan Anda begitu tinggi. 

Temukan ide rumah langit-langit tinggi lainnya di: 4 Ide Rumah Dengan Langit-langit Tinggi

'Markas rahasia'

Ruangan ini adalah semacam 'markas rahasia' buat pemiliknya. Ibarat sarang kecil dengan sofa, ruangan ini bisa berfungsi sebagai ruang keluarga, ruang kerja dan ruang tamu. Siapapun yang berada di dalamnya bisa beraktivitas tanpa merasa terisolasi. Ia bisa berinteraksi dengan mereka yang ada di ruangan lain melalui jendela besar yang terhubung dengan ruangan utama di rumah ini.  

Tempat penyimpanan dekat pintu utama

Rumah urban yang luasnya terbatas kadang menyulitkan pemilik yang ingin punya gudang atau tempat penyimpanan ekstra. Oleh karena itu, sebuah tempat penyimpanan  menjadi bagian penting untuk merealisasikan kehidupan sehari-hari yang bersih dan stabil. 

Rumah dalam gambar menyelesaikan masalah ini dengan membuat area masuk yang lebar. Kemudian sebuah tempat penyimpanan terbuka dibuat di sekitarnya. Sepeda, sepatu dan barang-barang pribadi lainnya ditata dengan apik, sehingga menjadi bagian interior sebuah beranda kecil. 

Cara memperbaiki kualitas hidup

Hidup yang berkualitas tidak ditentukan oleh besar kecilnya tempat tinggal kita. Namun oleh kenyamanan dan kebahagiaan yang bisa kita rasakan saat berada di dalamnya. Sebuah rumah impian adalah rumah di mana kita bebas melakukan hal-hal yang kita sukai. 

Untuk alasan itulah, rumah ini tetap menyediakan ruangan untuk upacara minum teh (ritual tradisional Jepang untuk menyajikan teh bagi para tamu) dan menyendiri. Ruangan oriental ini didesain dengan warna hitam, sempurna untuk bercengkerama, membaca, atau relaksasi. 

Balkon dan ruang cuci

Dalam gambar ini tampak sebuah balkon dan ruang cuci di belakangnya. Anda bisa mengambil pakaian yang sudha dicuci di mesin cuci, lalu menjemurnya di balkon. Sebuah tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati suasana luar ruangan. Meski tampak sempit dan nyentrik, pemanfaatan ruangan terbuka ini bisa menjadi salah satu faktor yang memperkaya hidup kita. 

Mari lihat contoh desain rumah minimalis lainnya di 25 Ide Rumah Minimalis di Bawah 100 meter Persegi

Silakan tinggalkan komentar tentang rumah ini di kolom komentar berikut. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!