Dapur by ADS一級建築士事務所

Rumah Jepang Minimalis yang Membuat Si Kecil Betah

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Memiliki rumah yang membuat anak betah tentunya bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Selain rumah harus nyaman, di dalamnya pun harus lengkap dengan fasilitas bermain yang disukai anak. Mulai dari tangga, ruang bermain khusus, hingga pemilihan warna cat dan furnitur, semuanya harus dipilih dengan lebih bijaksana.

Hal tersebut berhasil dilakukan oleh arsitek asal Jepang, ADS, yang menciptakan sebuah hunian minimalis yang akan membuat seluruh anggota keluarga betah berlama-lama di dalamnya. Homify pun mendapat kesempatan untuk berkeliling di rumah tersebut, dan kali ini tidak sendirian. Kami ajak Anda berkeliling bersama untuk melihat betapa menarik dan indahnya seluruh bagian rumah. Mari langsung saja kita mulai tur singkat ke rumah di sudut Osaka tersebut!

1. Eksterior dengan aksen vertikal yang rustic

Saat Anda menginjakkan kaki ke halaman depan rumah, dapat terlihat bentuk eksterior rumah dengan aksen vertikal ala kontainer yang unik. Menjadikan rumah ini pusat perhatian dan mencolok dibandingkan dengan bangunan lain di sebelahnya. Pemilihan warna putih dan abu-abu yang netral juga langsung memberikan kesan kontemporer dan minimalis dalam sekali lihat

Struktur bangunan yang sebagian besar dari logam juga menjadikan rumah terlihat lebih kokoh dan tegas, berpadu dengan sempurna bersama sktruktur kayu yang terpasang di sekitar pintu masuk. Jangan lupakan pula sentuhan hijau dari tanaman yang menyambut Anda di dekat pintu masuk, yang memberikan suasana lebih hidup pada eksterior

Beralih sedikit ke depan pintu masuk, Anda akan disambut oleh si kecil yang berpose bahagia menunjukkan sisi rumahnya. Di bagian depan Anda akan menemukan pintu kayu berwarna senada dengan tembok bagian depan. Terdapat kotak surat yang bisa dicapai oleh si kecil. Hal ini sengaja ditambahkan agar si kecil mau membantu untuk mengambil surat-surat yang dikirim ke alamat rumahnya. Atau bisa saja dijadikan sebuah permainan menemukan harta karun dengan si kecil. Menyenangkan!

2. Bagian tengah ruangan dengan konsep terbuka

Bagian tengah rumah hampir seluruhnya tidak bersekat. Mengapa demikian? Bisa Anda bayangkan si kecil yang aktif bermain harus terhalang oleh tembok penyekat. Tentunya si kecil akan merasa tidak nyaman bermain di dalam rumah. Selain itu tembok akan memberikan kesan sempit pada bagian dalam rumah yang tidak begitu luas. Solusi yang pas untuk rumah yang tidak terlalu luas dan nyaman untuk si keci bukan?

3. Dapur mini yang siap digunakan setiap saat

Salah satu hal yang disukai oleh anak-anak adalah makan. Mereka tidak akan melewatkan waktu makannya terutama bila si kecil bisa diajak bergabung untuk menyiapkan makanannya. Untuk itu, dapur tidak perlu dibuat terlalu mewah. Sesuaikan warna dapur dengan warna kesukaan anak. Minimalis dan berada di tempat yang strategis akan membuat si kecil selalu ingin membantu di dapur.

4. Ruang makan yang berfungsi ganda sebagai ruang menonton

Kebiasaan si kecil yang lain adalah makan sambil menonton acara kesukaannya. Bagian ini sengaja dibuat oleh pemilik rumah agar si kecil dapat melakukan dua hal kesukaannya sekaligus. Lagi-lagi batas ruangan tidak perlu dengan tembok besar yang menghalangi. Si kecil tentu akan leluasa menonton TV dari ruang makan. Tentu saja saat si kecil bermain dan Anda belum selesai makan, Anda tetap bisa mengawasi tontonan TV yang disaksikan si kecil. 

5. Area tangga yang aman untuk si anak

Dalam gambar di atas tubuh si kecil bisa terhalang oleh pagar pembatas di lantai dua rumah. Si kecil yang aktif berlarian tentu membutuhkan pengamanan yang ekstra ketat untuk menjaganya dari cidera. Lantai dua tidak berada dalam pandangan langsung jika Anda berada di bawah. Pagar inilah yang membantu untuk mengamankan si kecil. Mereka tetap bisa bermain di lantai atas tanpa rasa khawatir yang berlebihan dari orang tuanya.

6. Ruang penyimpanan di mana-mana!

Hal terpenting dari sebuah rumah yang di dalamnya tinggal anak kecil adalah tempat menyimpan mainan. Di sini Anda disuguhkan bagaimana cara brilian memiliki ruang atau rak penyimpanan yang multi-fungsi. Selain sebagai rak penyimpanan mainan si kecil, bisa juga diaplikasikan sebagai sekat ruangan yang tidak terlalu tegas seperti halnya tembok. 

Namun, yang perlu Anda lihat adalah bagaimana si arsitek bisa menciptakan rak penyimpanan tersembunyi di tembok, yang membuat ruangan terlihat tetap luas dan leluasa. Cara ini sangat efektif pula untuk menghindari barang-barang penting yang pemilik miliki, agar tidak tersentuh oleh anak-anak.

Beralih ke pintu yang berada di sisi kanan, Anda dapat menemui sebuah ruangan mini yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan pakaian dan juga aksesoris seperti sepatu, topi, kaus kaki, dan juga sepatu. Ruangan dibiarkan terbuka dan dengan sedikit kompartemen, sehingga pemilik dapat lebih leluasa mengatur pakaian di lemari. Selain itu, di sini pun terdapat ventilasi yang cukup besar, sehingga ruangan tidak lembab dan berjamur.

Cahaya matahari alami pun tersedia di sini, menjadikan pakaian senantiasa kering dan dapat digunakan ketika dibutuhkan. Fungsional sekali!

7. Kamar mandi yang menyatu dengan ruang hias

Mungkin Anda bertanya-tanya, di manakah letak kamar mandi? Kamar mandi terletak di lantai bawah, yang didesain dengan tetap mempertahankan konsep minimalis dan aman untuk anak kecil. Di sini, Anda akan menemukan ruang hias dan kamar mandi yang berdampingan dengan apik.

Pada ruang hias, warna putih dan coklat berpadu dengan baik, menciptakan nuansa kontemporer yang kuat. Kaca ditempatkan di dua sisi, di mana sisi satu khusus untuk berhias, sementara sisi lainnya untuk menggosok gigiatau keperluan lainnya. Untuk bagian kamar mandi, penggunaan pintu geser lengkap dengan keset hijau berhasil menyajikan kesan hidup pada ruangan. Sungguh menakjubkan dan fungsional!

Anda ingin artikel menarik lainnya? Langsung saja simak rumah fantastis satu-satunya di Portugal berikut ini!

Bagian rumah mana yang menjadi favorit Anda? Yuk share bersama homify di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!