Dapur by studio bonito

10 Cara Hemat dan Mudah Memperbaharui Dapur Kecil

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Banyak orang bilang dapur adalah jantung sebuah rumah, karena di sanalah tempat penghuni rumah memasak dan makan. Nenek kita dahulu pun ketika bangun tidur yang dituju adalah dapur untuk memasak air. 

Tapi saat ini fungsi dapur tidak hanya tempat memasak, tetapi juga sebagai tempat menghilangkan stress, mendidik anak bahkan dapur juga menjadi tempat Anda eksis dengan foto hasil makanan. 

Ketika fungsi dapur tidak hanya menjadi tempat memasak, maka dapur yang cantik dan menarik adalah sebuah keharusan. Selain itu, jika dapur kelihatan menarik akan membuat kita semakin semangat memasak bukan?

Kali ini kami akan berbagi tips yang hemat dan mudah agar dapur kelihatan lebih cantik dan mempunyai nilai lebih. Apa sajakah itu ?

1. Pencahayaan di bawah kabinet

 Dapur by Traber Obras
Traber Obras

​Reforma integral de vivienda en barrio de Chueca de Madrid por Traber Obras.

Traber Obras

Memberikan pencahayaan di bawah kabinet / rak gantung sangat efektif, karena langsung menerangi meja saat kita beraktifitas. Pencahayaanini juga akan memberikan kesan cantik pada dapur saat lampu ruangan mati.

2. Rak penyimpanan

 Dapur by DOSA studio
DOSA studio

Cocina de departamento

DOSA studio

Rak gantung di dapur bisa sangat beragam. Rak kayu ini contohnya, sangat simpel, ekonomis dan manis dilihat.

3. Laci

Se sedikit-sedikitnya perkakas dapur, pasti banyak juga. Hadirnya laci dengan kompartemen akan menjaga kerapian dapur Anda. Laci ini akan memudahkan Anda dalam menyimpan dan mencari sendok, pisau serta gunting ketika Anda membutuhkan nya kembali, selain itu kelihatan lebih cantik bukan?

4. Pencahayaan yang Oke

 Dapur by studio bonito

Dapur identik dengan sudut-sudut yang gelap. Memanfaatkan sinar matahari adalah cara hemat dan sehat dalam menerangi ruangan seperti dapur. Namun jika tidak memungkinkan memiliki jendela besar di dapur, maka pencahayaan buatan dari lampu adalah solusi nya.

Penerangan berlapis selain membantu dalam proses memasak juga membuat dapur kelihatan fantastis. Anda bisa menempatkan lampu di langit-langit, dinding dan meja.

5. Hardware baru

Ingin dapur kecil Anda terlihat lebih bergaya? Beri sentuhan warna kontras yang berbeda pada dapur, seperti menempatkan bunga, mengganti handle laci dengan warna menarik. Peralatan dapur dengan bentuk dan warna unik selain berfungsi juga bisa menjadikan dapur terlihat lebih bergaya.

6. Sudut tempat makan

Tidak perlu merasa sedih jika Anda tidak memiliki ruang (atau anggaran) untuk ruang makan yang indah. Bar kecil dari perpanjangan meja dapur bisa menjadi ruang makan yang cukup nyaman. Anda tinggal menambahkan 2 atau 3 kursi tinggi.

7. Bersihkan

Kelihatannya memang sepele, tapi membersihkan dapur secara teratur akan membuat dapur kecil Anda terlihat lebih bergaya. Hal ini penting mengingat dapur adalah tempat memotong, mengupas bahkan menumpahkan makanan berminyak.

Ambil kain bersih dan air sabun, Anda akan terkejut melihat bahwa dapur Anda sebenarnya kelihatan lebih menarik setelah dibersihkan.

8. Dinding yang cantik

 Dapur by Toren Cocinas
Toren Cocinas

Cocina La Rioja 2

Toren Cocinas

Dinding yang cantik pasti akan membawa perubahan besar pada dapur Anda. Jika tidak ada wallpaper, Anda bisa menggunakan trik lain dalam mendekorasi dinding seperti motif stempel pada dinding. 

9. Sentuhan segar

Warna-warni dan kesegaran bunga tidak selalu ada di taman. Tambahkan beberapa pot bunga kecil di sudut meja atau rak dapur, atau dekat jendela. Cantik bukan?

10. Backsplash yang indah

Seperti halnya pada dinding, sebuah backsplash walaupun dengan motif sederhana pasti bisa mendatangkan cukup banyak warna pada dapur.

Klik link berikut untuk inspirasi motif dinding dan backsplash.

8 Ide Menghias Dinding Dapur

Apakah Anda siap membuat dapur mungil Anda terlihat lebih cantik?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!