by K.B. Ristrutturazioni

Transformasi Gaya Interior Sebuah Apartemen Bertingkat

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Dalam renovasi kali ini, kita akan membahas sebuah perubahan yang dialami oleh sebuah hunian vertikal bertingkat. Perombakan bentuk awal apartemen ini benar-benar dimaksimalkan, mulai dari perubahan material lantai, konsep dapur, ruang makan, ruang tamu, tangga, konsep loteng dan detail dekorasi lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita bahas transformasi setiap ruangan yang ada didalam apartemen ini melalui list berikut.

Kondisi Dapur Sebelum Renovasi

Jika terlihat seperti ini, mungkin Anda tak akan mengira bahwa ruangan yang masih berantakan ini adalah cikal bakal sebuah dapur bergaya modern minimalis. Pada fase ini, beragam instalasi listrik dan saluran air tampak sudah terpasang. Dan selanjutnya tinggal penataan lantai, dinding, langit-langit dan furnitur khas dapur untuk menyempurnakan tampilannya.

Progres penataan dapur

Pada gambar ini terlihat bahwa kemajuan penataan dapur sudah sekitar enam puluh persen. Dari sudut ini terlihat bahwa instalasi furnitur dapur sudah lengkap terpasang dengan berbagai komposisi dapur modern. Secara sekilas, dapur ini mampu memberikan kesan hangat lewat kombinasi warna putih dan cokelat kayu disekelilingnya. Karena tak hanya dari furnitur, ternyata unsur kayu juga hadir jelas melapisi bagian lantai dapur, yang sebelumnya menggunakan lantai bermaterial keramik.

Tampilan dapur yang sesungguhnya

Nah, dalam potret ini terlihat jelas bahwa dapur modern benar-benar terwujud dengan sempurna. Penataan lampu sorot pada bagian furnitur kayu menambah kesan elegan tersendiri pada dapur ini. Selain dari lampu, cahaya dapur ini juga terasa maksimal berkat letaknya yang tak berjauhan dari jendela. Selain itu, dapur ini juga terasa lengkap berkat penambahan beberapa unsur unik seperti sebuah meja makan mini dan juga beberapa laci gantung pada sisi kanan, yang sangat berguna untuk meletakkan berbagai ornamen menarik guna memeriahkan suasana dapur.

Detail dapur

Sedangkan pada angle ini, kita bisa melihat penataan dapur yang apik, lewat wujud kompor listrik yang benar-benar terlihat sejajar dengan meja makan mini disebelahnya. Selain itu, hadirnya furnitur dengan konsep tertutup pada latar dapur juga seolah mampu memberikan kesan rapih dan bersih pada dapur bercorak putih dan cokelat kayu ini.

Ruang tamu

Kesan modern sangat terasa di ruang komunal ini. Perpaduan putih dan cokelat kayu didalamnya, nampak sedikit terwarnai berkat tambahan beberapa komposisi penunjang seperti corak abu-abu pada tangga, biru pada karpet dan hitam pada sofa. Meskipun mungil, namun ruangan ini seolah terasa luas berkat pemilihan furnitur yang pas. Selain sofa, ruang ini hanya dibekali dengan sebuah rak buku yang fungsinya sekaligus bisa difungsikan sebagai rak TV.

Luas tanpa partisi

Karena memang berdimensi mungil, alhasil peniadaan partisi di ruangan ini pun ditiadakan. Ruang tamu, ruang makan, dapur dan tanggal dibiarkan menyatu tanpa pembatas, agar ruang gerak para penghuni terasa bebas.

Tangga bergaya industrial

Sedikit tampil beda kenapa tidak? Setelah unsur kayu dan aksen minimalis mendominasi, kehadiran tangga pada ruangan apartemen ini nampaknya sedikit dikonsep berbeda. Tangga modern ini sengaja dikonsep dengan gaya industrial, agar sosoknya terlihat unik dari setiap sudut ruangan. Untuk menambah detailnya, material metal tak digunakan setengah-setengah. Selain rangka dan anak tangga, ornamen berupa pagar tangga juga dibubuhi unsur metal agar kesan industrial semakin melekat  didalamnya.

Ruang loteng

Setelah melewati tangga, kita akan kembali disuguhi sebuah ruang komunal lain dengan konsep berbeda. Selain masih mengusung konsep putih dan cokelat kayu, ruangan ini nampak terasa lebih hangat berkat pengaplikasian karpet merah maroon yang cukup lebar pada bagian lantai.

Renovasi kamar mandi

Dalam fase ini terlihat berbagai instalasi air, listrik dan konstruksi salah satu sudut kamar mandi tengah dipersiapkan.

Kamar mandi setelah direnovasi

Dan setelah diubah, maka tampilannya seperti ini. Kesan mewah sangat terasa lewat perpaduan warna abu-abu pada dinding, putih pada wastafel dan bathtub serta sedikit unsur cokelat dari pintu. Selain itu, Ketiga corak tersebut seolah mampu bersinergi berkat penataan cahaya yang cerah dari berbagai instalasi lampu di bagian langit-langitnya.

Detail kamar mandi

Jika diamati, ternyata unsur abu-abu pada bagian dinding kamar mandi ini tak seluruhnya dibuat serupa. Seperti yang terlihat pada gambar, ternyata ada pula unsur keramik abu-abu berpola tertentu yang digunakan didalamnya.

Kamar mandi loteng

Hadir dengan konsep yang berbeda, kamar mandi ini sengaja didesain minimalis, sekalipun coraknya  masih mengusung warna senada dengan konsep kamar mandi sebelumnya.

Pemanfaatan ruang

Meskipun terbatas, namun unsur modern tetap bisa dihadirkan dalam kamar mandi yang langsung beratapkan langit-langit rumah ini. Seperti yang terlihat pada gambar, kamar mandi mungil ini tetap berhasil mewujudkan kelasnya dengan mengaplikasikan ruang shower dengan pembatas bermaterial kaca.

Anda siang mengubah tampilan apartemen Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!