11 Inspirasi Desain Ruang Keluarga

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Living Spaces, Clean Design Clean Design Ruang Keluarga Modern
Loading admin actions …

Seperti namanya, ruang keluarga adalah ruang di mana tempat anggota keluarga beserta tamu dekat berkumpul dan bersantai.  Sehingga ruang ini harus mampu memberikan rasa nyaman kepada penghuninya. 

Seringkali, ruang keluarga menyatu dengan ruang makan bahkan dapur. Namun jika Anda memiliki lahan yang agak luas di belakang atau samping rumah , Anda dapat membuat taman yang memberikan pandangan asri, rasa sejuk karena sirkulasi udara yang baik.

Secara teori, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam mendesain sebuah ruang keluarga, diantaranya adalah :

1. Warna, gunakan warna-warna netral sebagai warna dasar dalam ruang keluarga untuk memberikan kesan lega pada ruangan. Selanjutnya pilih warna-warna cerah pada furnitur dan aksesoris seperti vas bunga, gorden dan bantal yang akan memberikan kesegaran pada ruang keluarga. Anda bisa mengganti dengan warna lain dengan cepat dan hemat jika bosan dengan warna tersebut atau tren nya telah berganti.

2. Pemilihan furnitur,  sesuaikan ukuran furniture dengan ukuran ruangan.  Untuk hasil yang cantik, pilih furnitur yang sesuai dengan tema yang  ditentukan. 

4. Pencahayaan, berikan pencahayaan yang terang agar memberikan kesan luas dan longgar. Bila Anda menginginkan cahaya yang terangnya merata, maka Anda dapat menggunakan lampu downlight sebagai pilihan. Namun bila Anda ingin lampu yang dapat diatur tingkat gelapnya, maka Anda dapat menggunakan lampu dimmer sebagai salam satu alternatif.

5. Penempatan furnitur, tata furnitur  agar tidak mengganggu aliran aktifitas di ruang keluarga Anda.

Selanjutnya jangan ragu mengekspresikan feeling Anda dalam menata ruangan. Jika Anda menggunakan jasa konsultan, utarakan ide Anda kepada konsultan. Hal tersebut penting karena ruang tersebut Anda yang menikmati. 

Berikutnya, untuk menambah referensi, Kami sajikan 11 desain ruang keluarga yang di desain oleh Clean Design yang sangat inspiratif.

1. Warna yang lembut dan hangat

Warna netral putih, abu dipadukan dengan coklat dengan sentuhan teal disertai menghasilkan ruang keluarga yang lembut dan hangat. 

Laci kayu yang di desain dengan matras dan bantal-bantal memberikan banyak ruang untuk duduk ketika keluarga besar sedang berkumpul. Desain ini membuat ruang terlihat rapi karena mampu menampung pernak pernik barang.

2. Santai sambil menikmati film

Kursi malas begitu menarik perhatian, sangat cocok bagi Anda yang lebih menyukai tinggal di rumah untuk menikmati film bersama keluarga.

3. Paduan abu-abu dan ungu

Ruang keluarga ini kelihatan sangat mempesona dengan dinding berwarna abu, karpet berwarna senada dan beberapa detail berwarna ungu. 

4. Cerah dan ceria

Memasang gorden motif bunga cerah membuat ruang keluarga dengan warna dominan abu terlihat ceria.

5. Merah cerah

Jika Anda penyuka merah namun kurang berani menggunakannya sebagai warna dominan, cukup berikan detail-detail dengan warna merah pada gorden, bantal-bantal dan aksesoris lain. Jadilah ruang keluarga dengan warna merah sebagai warna kedua yang mempercantik tampilan warna dominan lainnya.

6. Biru yang menenangkan

Warna yang dipilih untuk interior sebuah ruangan akan menentukan suasana yang akan tercipta di dalam ruangan tersebut. Warna biru pada putih ini akan membuat Anda rileks dan tenang saat berkumpul bersama keluarga.

7. Modern tanpa sekat

Ruang tanpa sekat sangat menguntungkan karena selain kelihatan lebih luas, dengan mudah kita bisa mendesain ulang ketika bosan atau ada acara keluarga yang membutuhkan space lebih.

8. Ruang pertunjukan seni musik

Desain ini cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan rasa percaya diri anak-anak dengan membiasakan tampil di depan.

9. Berorientasi pada anak-anak

Bagi Anda yang sangat berorientasi dengan anak/balita, rubah ruang keluarga Anda dengan pernak-pernik mainan anak-anak. Jangan lupa letakkan sofa dengan warna cerah agar Anda tetap bisa nyaman bersama mereka

10. Klasik Modern

Kursi dengan sandaran yang tinggi memberi kesan klasik pada ruang keluarga ini. 

11. Segar dengan Warna Teal

Bagi Anda yang tertarik untuk mengaplikasikan warna teal pada ruang keluarga, Anda bisa contek desain di atas. Warna ini akan membuat suasana terasa sejuk dan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Jika Anda termasuk pengikut tren warna dan senang bereksperimen dengan warna, membuat ruang keluarga dengan warna netral adalah sebuah solusi cerdas. Anda tinggal bereksperimen dengan aksesoris dan warna-warna lain, mudah bukan?

Klik link berikut untuk inspirasi desain dapur.

11 Desain Dapur yang Sangat Mempesona 

Ruang keluarga mana yang menjadi favorit Anda?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah