Koridor dan lorong by 豊田空間デザイン室 一級建築士事務所

Konfigurasi Berani untuk Efisiensi Ruang Rumah Tiga Lantai

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ada pepatah mengatakan, Kesulitanlah yang akan membukakan jalan. Hal ini juga berlaku pada arsitektur. Beberapa proyek domestik dan internasional, telah menunjukkan pada kita bahwa masalah yang menyebabkan ketidaknyamanan - seperti pembatasan topografi atau masalah lingkungan – malah akan memunculkan hasil yang lebih baik. Sebagai contoh, misalnya, daerah pusat kota Jepang, yang telah berhasil menarik perhatian orang-orang dengan ide arsitekturnya yang mematahkan stereotype yang berlaku, dan menciptakan sebuah ruang praktis dalam upaya pemanfaatan area yang sempit.

Sebuah perusahaan arsitektur Jepang, Toyoda Space Design, telah merancang dan membangun sebuah rumah di daerah perkotaan, yang berhasil menambah space-nya dengan memanfaatkan struktur bangunan tiga lantai. 

Semua ruangan di rumah ini dibangun secara dinamis, menampilkan ruang-ruang yang praktis dan memiliki daya tarik yang unik, dengan struktur ruangan yang berani, jauh dari kata umum atau biasa. Mari kita lihat bersama.

Penampilan Rumah

Dari luar, bangunan ini terlihat seperti rumah dua lantai biasa dengan gaya pedesaan. Tidak ada space kosong di badan bangunan, jarak dengan tetangga sangat sedikit dan sempit, dan tidak ada area outdoor untuk bersantai seperti taman atau teras. Rumah kecil ini terlihat biasa saja, bahkan sejujurnya bisa dikatakan, tak ada yang bisa kita harapkan di sini. 

Koridor dan Ruangan-ruangan Lantai Satu

Tapi ketika memasuki rumah, Anda akan mendapati pemandangan yang tak terduga. 

Berbeda dari eksteriornya yang terlihat seperti sebuah rumah berlantai dua, kenyatannya, rumah ini memiliki satu lantai lebih banyak sebelum atapnya, dimana garis-garis tembaga digunakan untuk membagi antara lantai satu dengan dua. 

Koridor yang terbentang dalam garis lurus, mengarah ke beberapa ruangan: kamar, kamar mandi dan toilet. Sementara di sebelah kiri terdapat sebuah tangga yang benar-benar terbuka, menuju lantai dua. 

Meski jarak antara lantai satu dengan dua tidak tinggi, namun tercipta sebuah efek yang membuat rumah ini terlihat lebih luas dari sebenarnya, dan tidak terasa sempit atau pengap.

(Ruang) Tangga Multifungsi

Tangga menuju lantai dua dibuat dengan skala yang sama dengan keseluruhan lebar lantai dua, dan menempati area yang luas. Pada dinding yang menghadap tangga, dipasang sebuah jendela dan sebalok kayu serbaguna, yang dapat digunakan sebagai bangku atau rak.

Dan jika Anda melihat tangga lebih dekat, Anda akan menemukan sesuatu yang tidak biasa. Setengah dari koridor tangga adalah tangga biasa, tapi tangga pada sisi dinding, merupakan hasil dari desain interior multifungsi yang unik, yang dapat digunakan sesuai kebutuhan penghuninya, seperti membaca, bersosialisasi dan tempat bermain.

Lantai Dua yang Luas

Di lantai dua, terdapat dapur dan ruang makan yang besar di sebelah kiri, dan sebuah kamar mandi dan kamar tidur di sebelah kanan, bersama sebuah tangga menuju loteng di lantai tiga. Dari lantai satu jarak pandang rumah ini bisa terlihat lebih tinggi, sehingga Anda dapat merasakan sebuah space yang luas dan juga cerah.

Di lantai ini, dari dinding, langit-langit, tangga dan perabotan, semua terbuat dari kayu, menyajikan suasana pedesaan yang lembut dan hangat. Keseluruhan tone interior mungkin gelap, tetapi skylight dan tata lampu yang tersebar dari depan ke belakang hingga samping skylight, akan memberikan suasana yang intim. 

Ide Lantai Bertingkat untuk Rumah Kecil

Ruang di lantai dua didirikan di atas kamar-kamar di lantai satu, untuk menambahkan keefisienan ruangan. Perlu dicatat, jika sebuah rumah dengan bentuk yang compact dibuat menjadi struktur bangunan dupleks yang lebih luas, maka akan menimbulkan resiko kedua lantainya menjadi gelap dan pengap. 

Rumah ini telah memecahkan masalah dengan memperbesar lebar tangga dari lantai satu ke lantai dua, dan merancang sebuah space di mana keseluruhan tampilan ruangan dapat mengalir selebar mungkin. Dan seperti yang Anda lihat dari foto, jendela yang terlihat di fasad rumah seperti jendela dari lantai dua, tercipta dari hasil pemanfaatan bangunan bertingkat yang pintar, yang memberikan suasana nyaman dan menyenangkan.

Ceritakan pendapat Anda mengenai rumah ini di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!