Rumah tinggal  by FingerHaus GmbH

7 Ide Konsep Rumah dengan Biaya Terbatas

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Keterbatasan dana adalah salah satu faktor utama yang menghambat banyak keluarga dalam memiliki sebuah rumah impian. Dalam hal ini maka perlu adanya ketelitian dalam memilih konsep rumah, agar dana yang digunakan dapat sesuai dengan jenis material yang benar-benar akan digunakan dalam konsep rumah tersebut. 

Namun jika Anda masih bingung menentukan berapa dana yang harus Anda siapkan, maka ada baiknya Anda ikuti terlebih dahulu list rumah-rumah berikut sebagai referensi. Siapa tahu dalam list tersebut terdapat konsep rumah yang menurut Anda sesuai dengan keadaaan dana Anda saat ini.

1. Rumah luas untuk keluarga

Rumah yang didesain oleh DBIO studio ini adalah sebuah rumah yang dahulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan traktor dan alat-alat pertanian. Namun kini, wujudnya telah berubah wujud menjadi sebuah rumah keluarga yang cukup luas dengan pemandangan lanskap yang indah disekelilingnya. Ide ini terbilang hemat, karena rumah ini hanya sekedar berubah wajah dan fungsi, sehingga tak perlu menghabiskan dana yang terlalu besar untuk membangunnya dari awal.

Ruang tamu

Ini adalah salah satu ruang yang ada di dalam rumah tersebut. Ruang komunal ini terbilang luas dengan lantai bermaterial kayu dan nuansa krem dua warna yang mengelilingi dindingnya. Sebagai pelengkap, ruang yang dilengkapi dengan sudut perapian ini juga terlihat menggunakan jendela-jendela berdimensi lebar untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan tersebut.

2. Rumah jerami

Rumah hemat biaya ini menggunakan material eksterior yang cukup sederhana. Terlihat ornamen jerami dan batu bata ekspos bercorak hitam sebagai material utama yang menyelimuti setiap sudut bagian luar rumah ini. Selain itu, pada bagian atap, rumah bergaya tradisional ini menggunakan kerangka atap kayu sebagai material utama.

Interior sederhana

Pada bagian dalam, batu bata ekspos yang terlihat pada bagian luar tadi, dipermak sedemikian rupa, sehingga terlihat lebih rapih dan elegan. Sekalipun terlihat tak se-stylish konsep interior pada umumnya, namun keberadaan kursi kuning pada bagian tengah ruangan, seolah mampu menyeimbangkan warna natural yang mendominasi bagian interior rumah sederhana ini.

3. Rumah kayu

Contoh lain yang dapat Anda aplikasikan sebagai bahan referensi bentuk rumah adalah rumah kayu yang satu ini. Untuk urusan dana, material kayu terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan material beton yang membutuhkan banyak bahan bangunan.

Ruang terbuka

Pada bagian dalam rumah kayu ini terlihat bahwa setiap ruang di rumah ini sengaja dijadikan satu tanpa partisi. Hal ini berguna untuk memperluas tampilan interior rumah jika memang Anda memiliki lahan yang terbatas.

4. Rumah keluarga kecil

 Rumah prefabrikasi by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

VIO 302 – Eingangsbereich

FingerHaus GmbH

Referensi rumah selajutnya adalah rumah dengan corak putih hitam yang satu ini.

Bergaya elegan

 Ruang Keluarga by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

VIO 302 – Wohnzimmer

FingerHaus GmbH

Pada bagian dalam, atmosfir elegan sangat terasa lewat pemilihan warna lembut dan penataan furnitur yang apik. Padu padan warna krem dan putih yang mendominasi membuat ruangan ini terasa nyaman, rapih dan bersih untuk ditempati.

5. Rumah bergaya kontemporer

 Rumah by 4plus5
4plus5

Modernisierung Bungalow

4plus5

Jika Anda yang ingin bermain dengan gaya modern minimalis, maka model rumah yang satu ini bisa Anda jadikan rujukan utama. Secara keseluruhan, rumah ini menggunakan bahan bangunan modern seperti material utama yang kerap ditemukan pada konstruksi rumah bergaya modern.

Selamat datang

 Rumah by 4plus5
4plus5

Modernisierung Bungalow

4plus5

Pada bagian dalam, konsep interiornya sedikit menyerupai penataan ruang apartemen. Dimana ruang dibiarkan terbuka dan saling terhubung satu sama lain. Selain itu, rumah minimalis ini juga banyak memanfaatkan celah-celah ruang sebagai media penyimpanan untuk meminimalisir hadirnya sudut kosong yang tak terpakai.

6. Rumah batu

Contoh rumah sederhana lain juga dapat Anda lihat pada contoh rumah bermaterialkan batu yang satu ini. Kesan klasik sangat terasa dari sisi eksterior, dimana material kayu seolah menjadi pelengkap setiap celah rumah dengan tiga corong asap ini.

Interior kayu

Jika sebelumnya unsur kayu hanya terlihat pada celah celah bangunan, namun dari sisi interior, rumah ini terlihat full menggunakan material kayu. Penggunaan material alam tersebut seolah menambah keasrian dan kehangatan dari rumah kokoh ini.

7. Hitam dan putih

 Rumah tinggal  by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

Frei geplantes Kundenhaus – Traufseite mit Eingangsbereich

FingerHaus GmbH

Contoh ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan konsep rumah-rumah modern sebelumnya, hanya saja, pada rumah ini pola perseginya sedikit ditegaskan. Selain itu, inspirasi lain juga terlihat dari cara rumah ini mengaplikasikan unsur jendela, dimana pola vertikal dan horisontal dikombinasikan sesuai dengan letak ruang.

Kamar atas

 Kamar Tidur by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

Frei geplantes Kundenhaus – Schlafzimmer

FingerHaus GmbH

Nah, pada ruangan inilah konsep jendela vertikal digunakan. Unsur vertikal sengaja diambil agar pencahayaan alami mudah masuk dan pandangan luas ke luar ruangan dapat terlihat sempurna.

So, Anda tertarik dengan konsep yang mana?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!