Ruang Keluarga by Boks architectuur

8 Cara Membersihkan Rumah Dalam Waktu Singkat

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bagaimanakah cara mengubah suasana rumah lebih menarik dan nyaman dalam waktu 3 jam? Ini bukan trik sulap dan tidak membutuhkan biaya besar. Anda hanya membutuhkan motivasi dan konsentrasi untuk melakukannya. Mari kita bersiap menuju medan tempur melawan debu dan kotoran. 

1. Persiapan membersihkan rumah (10 menit)

Nyalakan radio atau putar musik kesayangan agar Anda makin semangat bersih-bersih. Kenakan pakaian untuk di rumah, lalu siapkan penyedot debu, kemoceng, sapu dan lap basah. Pindahkan semua benda yang ada di lantai ke meja. Kelambu panjang yang menjuntai ke lantai sebaiknya diikat ke atas. 

2. Kembalikan semua di tempatnya (35 menit)

Simpan semua benda kecil (pulpen, jepit rambut, dll.) dan benda besar (pakaian, furnitur, dll.) di tempatnya. Sortir benda-benda yang sudah lama tidak Anda gunakan. Jangan ragu membuangnya dan jangan berpikir Anda akan membutuhkannya suatu hari nanti. 

3. Membersihkan ruang keluarga (30 menit)

Di sinilah para penghuni rumah bercengkerama bersama tamu mereka. Jadi usahakan agar ruangan ini selalu tampak bersih. Jangan lupa membersihkan lantai di bawah meja atau kursi, juga sela-sela furnitur. Bersihkan sofa dengan seksama sesuai dengan bahannya. Jika sofa berlapis kain, bersihkan dengan cara mengasapinya. Gunakan krim khusus untuk sofa kulit agar tampak kinclong. Gulung karpet dan bersihkan lantai di bawahnya. Karpet juga perlu dicuci loh. Kalau malas mencucinya Anda bisa membawanya ke laundry. 

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Keluarga Sempit

4. 'Bertempur' di dapur

Dapur adalah medan laga di mana musuh paling tangguh bersembunyi. Siapa dia? Noda minyak yang membandel. Siapkan pembersih khusus untuk noda minyak dan sarung tangan karet. Anda juga bisa menggunakan pembersih alami yang ramah lingkungan untuk melenyapkan noda ringan, yaitu larutan baking soda dan cuka atau jeruk lemon. 

5. Membangun kedamaian di kamar tidur (30 menit)

Kamar tidur adalah tempat di mana tubuh dan pikiran menemukan kedamaian. Oleh karena itu, ruangan ini sebaiknya tidak kotor. Bersihkan debu yang menempel di meja, kusen jendela, dan furnitur lainnya dengan lap basah atau vacuum cleaner. Ganti seprei dan cuci selimut. Ketika kamar tidur Anda telah tampak seperti baru, nyalakan lilin aroma terapi untuk membantu Anda menenangkan diri. 

6. Kamar mandi tanpa air (20 menit)

Gunakan pembersih khusus kamar mandi untuk melenyapkan lumut di bak mandi dan lantai. Bersihkan kaca dan cermin agar Anda bisa menatap diri Anda sendiri di dalamnya. Salah satu cara untuk menjauhkan kamar mandi dari lumut adalah mengeringkannya dari air saat tidak digunakan. 

7. Jangan lupakan taman (10 menit)

Jangan lupa membersihkan taman depan atau belakang. Sapu daun kering yang berguguran menggunakan sapu lidi. Pel lantai di beranda dan bersihkan jalan setapak dari lumut. 

Baca juga: 19 Ide Perbaikan Taman yang Memukau Semua Orang

8. Merayakan kemenangan

Peperangan melawan debu dan kotoran telah usai. Periksa semua ruangan untuk memastikan 'kemenangan' Anda. Jika semua sudah beres, semprot ruangan dengan pengharum atau nyalakan lilin aroma terapi. Menghias ruang keluarga dengan bunga segar adalah ide cemerlang. 

Hobi bersih-bersih rumah? Ini artikel yang wajib Anda baca: 10 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Pasti Anda Lakukan

Berapa kali dalam seminggu Anda membersihkan rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!