Jendela by MOVI ITALIA SRL

Pintu Geser: Kenapa Anda Harus Memasangnya di Rumah Anda

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Semakin kecil ukuran rumah, kita pasti akan menerima banyak kendala dalam hal furnitur. Ini tidak apa-apa tapi memiliki rumah luas tanpa mempertimbangkan keadaan ekonomi juga merupakan realitas yang sulit. Hal ini terutama berlaku pada rumah kecil, tetapi jika rumah diisi dengan kasih sayang karena banyak anggota keluarga, tak jadi masalah. Tapi kadang-kadang dalam rangka untuk mendapat suasana baru, Anda ingin mengubah lokasi perabotan yang sudah ada, tetapi banyak kemungkinan untuk secara efisien memanfaatkan ruang terbatas. Ketika Anda menempatkan tempat tidur dengan tepat, tentu saat membuka pintu tidak menyebabkan frustasi. Atau jika Anda tidak dapat membuka atau menutup pintu karena ada sudut meja, tentu ini jadi masalah. Jika pengalaman ini sering terjadi, mengapa tidak mengganti desain pintu dengan model geser? Mari kita memanfaatkan ruang secara efisien dan lihat mengapa Anda perlu memasang pintu geser sekarang sehingga Anda dapat dengan bebas meletakkan furnitur di rumah.

Keuntungan: efisiensi penggunaan ruang

Pintu geser dirancang sedemikian rupa agar pintu dapat membuka dan menutup ke samping. Tidak seperti di Korea, Anda dapat dengan mudah mengakses pintu geser di Eropa. Keuntungan besar dari pintu geser adalah dapat meminimalkan ruang yang ditempati untuk membuka dan menutup pintu. Jadi Anda bisa leluasa meletakkan furnitur, terlepas dari ukuran tempat tidur atau meja, bahkan area di sekitar pintu. Selain itu ukuran lebar memiliki efek ruang terlihat lebih luas. Tentu saja pintu geser juga memiliki suara yang halus sehingga membawa nuansa mewah.

Keuntungan: Sesuaikan jumlah cahaya

 Kamar Bayi & Anak by 퍼스트애비뉴
퍼스트애비뉴

푸른 하늘을 그대로 담은 아이 다락방

퍼스트애비뉴

Selain memanfaatkan pintu geser, ruang yang efektif dapat disesuaikan dengan jumlah cahaya yang masuk dalam desain ruangan. Pada saat yang sama ruang yang dirancang bisa dihubungkan dengan kaca transparan seluruhnya tanpa benar-benar menghalangi pintu geser. Jika Anda tidak ingin terlalu banyak cahaya dalam ruangan, kendalikan dengan desain yang ringan. Jika ruang dengan pintu geser adalah akses utama bagi orang tua untuk mengamati anak-anak saat bermain, tambahkan kaca pada pintu sehingga keselamatan anak lebih terjamin seperti dalam foto. Selain itu pintu geser juga bisa dipasang pada ruang makan, dapur, ruang tamu yang dihiasi dengan kaca.

Apakah ada material lain?

 pintu geser by Ion Glass
Ion Glass

Sliding frameless glass doors

Ion Glass

Pintu geser telah dibahas dalam pernyataan sebelumnya, dapat dirancang dengan berbagai bahan. Menggunakan kaca cukup efisien untuk menyebarkan cahaya di sekitar rumah dan pintu geser dengan partisi sering menggunakan bahan seperti aluminium atau kayu menjadi pintu tingkap. Desain pintu geser dengan kaca dan besi baja juga dapat menciptakan suasana hangat dan nyaman seperti dalam foto ini. Bahan kaca semakin mempromosikan keterbukaan ruang.

Pintu geser side-by-side

 pintu geser by homify
homify

Klassische Schiebetüren im Landhausstil

homify

Biasanya kita akan berpikir tentang pintu geser hanya untuk didorong ke sisi kiri atau kanan. Tetapi tahukah Anda, ada juga pintu geser side-by-side? Perusahaan Jerman LIGNUM SCHREINEREI GMBH merancang desain pintu geser ini untuk kontak dengan bingkai kayu warna putih yang sederhana, bersih, dan bagus. Selain itu desain pintu geser juga dikombinasikan dengan kaca. Ini dapat sangat berguna jika Anda memiliki ruang makan yang luas sebagai dapur dan ruang tamu yang dirancang di sekitar area terbuka. Pemandangan yang sama dari dua ruang bisa untuk memastikan keadaan di sekitar. Selain itu, pintu gaya kotak-kotak khas Perancis yang terbuka ini membuat suasana mewah dan elegan.

Pilihan: jenis pintu geser internal atau eksternal

 Jendela by MOVI ITALIA SRL
MOVI ITALIA SRL

Less pannello scorrevole

MOVI ITALIA SRL

Pintu geser dibagi menjadi jenis eksternal dan internal, dua jenis sesuai dengan metode instalasi. Jika jenis eksternal digunakan untuk pintu geser asli, sementara itu pintu geser internal bisa dibuka. Pintu geser eksternal hanya unggul dalam sisi pemanfaatan ruang, rel yang terkena di dinding ruang bisa berantakan. Tentu saja sesuai dengan warna rel dan dinding sehingga menyebabkan ilusi optik seolah rel dan dinding menyatu. Pintu geser internal dapat memberikan visual bersih dan elegan di rumah dan harus diperhitungkan bahwa dindingnya harus tebal. 

Warna ruangan pintu geser

Pintu geser juga perlu mempertimbangkan pilihan warna material. Warna yang dipilih sebaiknya cocok dengan furnitur, lantai, permukaan dinding ruang yang akan dipasang, sehingga tetap harmoni. Akhir-akhir ini banyak rumah yang dihiasi dengan interior gaya Skandinavia yang sederhana tapi dicintai. Pasang pintu geser kayu dapat menghemat warna alami kayu yang utuh. Lembut dan harmoni dengan mebel kayu tentu saja akan membawa kenyamanan pada ruang. Tapi pastikan bukan dinding atau furnitur yang menyesuaikan warna dengan pintu geser. 

Pintu geser yang memancarkan cahaya di sebuah rumah kecil

Sejauh ini kita telah membahas pintu geser. Kita selama ini memang telah akrab dengan pintu berengsel, namun pintu geser juga bisa menampilkan pesona yang tidak dimiliki oleh pintu berengsel. Untuk sebuah rumah kecil, pintu geser bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Karena pintu geser bisa dibuka hanya dengan mendorong. Sehingga Anda dapat membebaskan berbagai furnitur di rumah agar secara visual terlihat lebih luas dari daerah yang sebenarnya.

Buku ide Homify yang tak kalah menarik: 

Kreativitas Bertemu Fungsi dalam Rumah Beton

9 Cara Kreatif untuk Merancang Balkon Kecil

Apakah rumah Anda menggunakan pintu geser? Tulis jawaban Anda di bawah ini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!