Ruang Keluarga by ATELIER TAMA

Inspirasi Rumah Modern Jepang Berpanggung

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Arsitektur dan interior rumah-rumah tradisional Jepang sudah lama menjadi inspirasi untuk gaya desain rumah modern dengan kombinasi berbagai material dan gaya interior minimalis. Hari ini, rumah modern Jepang dengan gaya panggung yang diambil dari gaya tradisional ini menjadi sumber inspirasi interior dan desain bagi rumah Anda!

1. Rumah panggung yang sederhana nan cantik

Di Indonesia, rumah panggung mungkin lebih dikenal dalam tradisi kebudayaan dan warisan kekayaan berbagai suku di Indonesia, dan lebih dianggap sebagai sesuatu yang eksotis. Tidak demikian halnya dengan rumah panggung Jepang. Yang dimaksudkan dengan panggung di sini adalah adanya teras ala paviliun yang memiliki fondasi tambahan yang menopang rumah. Tampak luar, rumah bergaya panggung Jepang ini pun demikian, bahkan dengan tambahan jembata batu yang harus diseberangi untuk mencapai pintu depannya dari selokan lapang di depan rumah.

2. Mendekat ke bagian depan rumah panggung

Pemandangan di petang menjelang malam membuat rumah panggung tradisional ini tampak bersinar dalam kegelapan. Terdapat susunan pagar kayu yang rapi dengan cagak kayu pada koridor panggung rumah sebelum masuk ke dalam ruangan. Salah satu yang kental menunjukkan nuansa Jepang adalah adanya jendela berbingkai lingkaran di salah satu bagian lantai dua rumah ini. 

3. Di siang hari, rumah panggung tampak seperti rumah Nobita

Masih ingatkah Anda dengan serial kartun Doraemon? Ya, Doraemon tinggal bersama Nobita di rumah yang sangat mirip dengan rumah yang satu ini. Elemen kayu menyatu dengan dinding berwarna putihnya, dan langsung mendapatkan bahak sinar matahari.

4. Memasuki rumah, area outdoor yang lapang di atas panggung

Area seperti paviliun dapat ditemukan langsung ketika kita memasuki halaman rumah. Pintu kaca geser mendominasi, berfungsi tidak hanya sebagai akses keluar masuk, namun juga sebagai ventilasi dan jendela tempat pertukaran cahaya di dalam rumah terjadi, khas rumah tradisional Jepang. Dek kayu yang tersusun rapi menjadi tempat mandi matahari yang cukup lapang untuk melakukan meditasi pagi.

5. Teras gaya dek yang lapang

Teras ala paviliun dengan dek ini bermandikan matahari dan memiliki banyak akses ke ruangan terbuka. Bagian dalam dan bagian luar ruangan juga hanya dipisahkan oleh pintu kaca geser.

6. Salah satu sudut rumah yang didominasi kayu

Warna putih yang netral berpadu manis dengan warna kayu cerah yang dibiarkan memiliki corak alaminya. Salah satu sudut pada rumah panggung tradisional Jepang ini memiliki papan tambahan yang bisa menjadi sudut untuk rileks sejenak, dengan pintu sekat kayu yang berlapiskan penutup berbahan doff ala Jepang.

7. Masuk ke ruang utama

Di ruang tengah, yang menjadi pusat rumah dan ruangan yang menjadi tempat orang lalu lalang ditampilkan dalam foto berikut. Langit-langit yang tinggi dan terbuat dari kayu membuat nuansa rumah menjadi semakin hangat. Loteng di lantai dua juga memiliki akses pandangan ke lantai satu, khas rumah bergaya minimalis masa kini, namun kali ini dengan sentuhan alami kayu dan tembok putih. 

8. Salah satu sudut yang menjadi dapur

Sudut lainnya yang juga dapat diakses dengan mudah di rumah ini menunjukkan adanya pantry ala sushi bar di Jepang, yang menjadi tempat melakukan kegiatan masak-memasak dan mencuci peralatan makan. Dapur ini mengadopsi gaya tradisional sekaligus modern Jepang, masih dengan pemilihan material kayu dan desain dekorasi berupa lampu halogen modern.

9. Dari sisi lain rumah, ruang tengah terlihat lapang

Langit-langit yang tinggi dari rumah yang satu ini membuat kesan lapang dan pencahayaan maksimal makin terasa. Selain sudut tempat duduk santai, dapat dilihat adanya ventilasi berbentuk lingkaran yang juga kental dengan gaya rumah Jepang kebanyakan. Jika Anda penggemar gaya minimalis, rumah dengan clean look seperti yang satu ini akan membuat Anda betah.

10. Ruang kerja yang nyaman

Jika Anda merupakan pekerja rumahan atau melakukan segalanya dari rumah, maka memiliki ruang kerja seperti yang satu ini akan membantu Anda untuk benar-benar membangun mood bekerja Anda setiap harinya. Dengan meja kayu yang menempel di sudut sehingga memungkinkan adanya area kerja yang luas, berikut dengan rak yang menempel ke dinding, dilengkapi dengan pintu geser kaca yang jadi fitur unggulan rumah ini, Anda akan menyelesaikan pekerjaan secara lebih efektif.

11. Lorong dengan nuansa kalem

Sedikit berbeda dari rumah Jepang kebanyakan, lorong-lorong yang menghubungkan ruangan yang satu dengan yang lainnya ini sedikit memiliki kombinasi sentuhan Eropa dengan bentuk bagian atasnya yang melingkar. Nuansa warna kalem tetap dipertahankan di rumah ini untuk konsistensi aliran gaya rumah.

12. Sudut rumah yang memiliki fungsi sesuai kebutuhan penghuni

Ruangan dalam rumah Jepang selalu dipertahankan agar tetap minimalis dengan sedikit sekali furnitur. Gaya hidup yang demikian membuat rumah mereka pun fleksibel dan dapat digunakan sebagai ruangan apapun bergantung kepada kebutuhan, seperti sudut rumah yang satu ini. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!