Rumah by vibe design inc.

Perombakan Rumah Tua dengan Gaya Retro Modern

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Anda ingin punya rumah baru, tapi anda terbentur soal dana? Jika Anda memiliki pengalaman serupa dengan pertanyaan tersebut, maka ada baiknya Anda rombak saja tampilan rumah tua Anda menjadi lebih modern dari sebelumnya. Selain menghemat biaya, perombakan tersebut tentu tak akan memakan waktu yang lama, karena perombakan hanya bersifat sebagian.

Jika Anda bingung untuk memulainya, mungkin Anda perlu konsultasikan ke para profesional handal di area Anda, agar Anda dapat merealisasikan perombakan tersebut dengan sempurna. Namun jika Anda belum memiliki ide untuk merobaknya, maka Anda perlu mencari referensi sebanyak-banyaknya agar dana dan perombakan yang ingin dilakukan sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai bahan referensi bagi Anda, mungkin buku ide kali ini dapat mencerahkan wawasan Anda.

Rumah yang akan kami bahas kali ini adalah sebuah rumah tua yang berlokasi di perfektur Kanagawa. Perombakan wajah rumah ini dirancang secara sederhana oleh para desainer profesional asal Jepang. Perombakan tersebut fokus pada bagian interior, dimana struktur interior lama dirubah menjadi balutan interior bernuansa retro modern yang sederhana.

Untuk melihatnya secara detail, mari kita bahas setiap wujud ruangannya lewat list berikut ini.

Kesan retro sudah terlihat dari luar

Berkat sumbangan ide para desainer akhirnya rumah tua ini dapat kembali layak dan nyaman untuk ditempati seperti sedia kala. Sekilas terlihat, rumah ini masih mengusung gaya arsitektur Jepang dari sisi eksterior.

Seperti yang terlihat pada gambar, rumah dua tingkat ini menggunakan perpaduan warna hitam, putih dan cokelat. Ketiga corak tersebut hadir pada wujud dinding, kerangka pintu, balkon, atap dan pagar sederhana bergaya natural, yang membentang panjang pada bagian halaman rumah.

Alami dan Sederhana

Tak jauh berbeda dari sisi luar, ketiga corak hitam, putih dan cokelat kembali terlihat dari sisi interior. Dalam ruang makan ini terlihat unsur hitam hadir lewat dua lampu gantung dan kerangka kursi kayu, sedangkan unsur kayu dan putih terlihat cukup mendominasi mulai dari corak dinding, langit-langit, lantai hingga furnitur.

Mempertahankan sisi klasik

Sekalipun sudah berubah gaya, namun dari segi pemilihan bentuk tangga, rumah ini ternyata masih mempertahankan tangga dengan gaya lama. Hanya saja, dari segi pemilihan warna tangga tersebut dibuat sedikit bersinar dengan balutan warna putih. Warna tersebut sangat terasa serasi berkat dukungan visualisasi tembok hitam yang menjadi latarnya.

Kamar mandi retro

Sederhana dan tak banyak macam adalah konsep yang diangkat di kamar mandi ini. Dengan dominasi corak kayu dan putih, kamar mandi ini seolah mampu menunjukkan sisi eksklusifnya sendiri. Unsur kayu terlihat pada bagian alas wastafel yang sekaligus memanjang sebagai atap laci-laci bercorak putih pada bagian bawahnya. Selain itu, nuansa alam tersebut juga terlihat pada keseluruhan lantai, kerangka cermin serta pintu tambahan yang berada pada sisi kanan. Sedangkan unsur putih terlihat pada keseluruhan dinding, kerangka pintu dan wastafel. Kombinasi kedua corak tersebut seolah mampu menjauhkan kesan gelap dan lembab dari ruang bersih-bersih ini.

Dapur terbuka yang nyaman

Pada sudut pandang ini terlihat bahwa ruang dapur ternyata menyatu dengan keseluruhan ruangan dilantai dasar, tanpa partisi sedikit pun. Tak hanya itu, setiap ruangan di lantai dasar ini juga memiliki banyak keseragaman corak, sehingga kesan luas sangat terasa didalamnya. Terlebih lagi dengan konsep langit-langit putih yang terbuka seperti yang terlihat pada gambar, hal ini tentu membuat kesan lega sangat terasa saat mata memandang ke setiap sudut ruangan di rumah ini.

Kembali lagi ke dapur, lagi-lagi konsep tak ramai kembali terlihat di ruang memasak ini. Dari segi perlengkapan pun dapur ini sengaja dibiarkan sederhana. Seperti yang terlihat pada gambar, dapur ini hanya dibekali kompor, pengisap asap dan wastafel sederhana dengan material stainless steel. Selebihnya, hanya terdapat meja kayu memanjang dan rak-rak kayu sebagai media penyimpanan peralatan dapur. Dari segi pencahayaan, pada siang hari dapur sudah terlihat terang berkat sinaran langsung dari jendela dekat meja makan, serta dukungan corak dinding putih yang mengelilinginya.

Anda suka dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!