by qbatur Planungsgenossenschaft eG

Transformasi Rumah Berusia 300 Tahun yang Indah nan Modern!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Dengan renovasi terhadap sebuah rumah, pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan pun dapat dilakukan. Contohnya, kasus kerusakan yang tak terduga pada konstruksi, saluran pembuangan, atau juga interior rumah. Seluruh hal tersebut pastinya membutuhkan biaya yang sangat tinggi jika tidak ditanggulangi sejak dini.

Pada artikel kali ini, homify akan membawa Anda menelusuri pesona rumah tua yang unik, dan pastinya tidak dapat ditemukan pada gedung-gedung baru. Meskipun sudah berumur lebih dari 300 tahun, lewat sebuah renovasi total terhadap seluruh bangunan, rumah tua berikut berhasil diubah menjadi lebih indah dan modern. Proyek renovasi berikut dikerjakan sepenuhnya oleh Qbatur Planungsgenossenschaft EG, sebuah tim arsitek dari Quedlinburg, Jerman. Simak tiap sudut rumah tersebut dalam bentuk sebelum dan sesudah yang akan membuat Anda takjub!

Sebelum renovasi: tampilan halaman depan

Kita mulai dari bagian halaman depan, di mana kondisi yang mengenaskan langsung terpancar saat Anda melihatnya. Bangunan tua ini sudah tampak lusuh dan kurang perhatian karena usianya yang sudah sangat tua. Struktur bangunan pun sudah tampak jauh berbeda dari aslinya, sehingga daya tarik dan keunikan rumah sudah hampir hilang. Hal ini dikarenakan, unsur tradisional rumah sudah dihilangkan dalam beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan rumah ini sudah kehilangan karakternya.

Sebelum renovasi: tampak belakang yang menghadap ke jalan

  by qbatur Planungsgenossenschaft eG
qbatur Planungsgenossenschaft eG

Ansicht Stephanikirchhof Bestand

qbatur Planungsgenossenschaft eG

Keunikan yang masih dapat sedikit dibanggakan adalah desain tampak belakang yang langsung menghadap ke jalan. Tentunya Anda dapat membayangkan pesona rumah ini pada masa keemasannya dahulu.

Selain rekonstruksi terhadap bangunan, efisiensi terhadap energi juga perlu direncanakan dengan matang, agar rumah ini dapat kembali seperti sedia kala. Tidak hanya itu, untuk memastikan fasad belakang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, perlu dilakukan penggabungan antara bahan kayu dan semen, sehingga bangunan bersejarah berikut dapat bertahan. Kerusakan pada konstruksi berbahan kayu pada bagian belakang ini, pada umumnya dikarenakan pemanasan gas untuk penghangat ruangan yang berlebihan. Sehingga, renovasi pun harus segera dilakukan!

Sesudah renovasi: tampak belakang yang lebih rapi dan tertata

Puluhan tahun bertahan dengan lapisan plester, rumah ini pun dibuat berbeda dengan adanya tiang penopang berpola berlian yang akhirnya terpapar dengan indah berkat perbaikan yang dilakukan. Perbaikan ini menyatu sempurna dengan jendela kotak dari kayu yang dibiarkan dengan warna aslinya. Warna cat abu-abu pada seluruh dinding menjadikan rumah juga tak lekang oleh waktu, dan juga sesuai dengan langit-langit tinggi dari bangunan rumah awal.

Untuk mendapatkan cahaya yang lebih banyak pada lantai dua, dipasang pula dua jendela kecil untuk menjadikan cahaya matahari yang masuk lebih optimal. Penggatian atap pun dilakukan dengan menggunakan warna atap yang sama dengan sebelumnya, untuk mempertahankan sejarah dari rumah ini.

Sesudah renovasi: tampak depan yang lebih kontemporer

Sedangkan pada halaman depan rumah, renovasi bangunan berhasil menjadikan rumah jauh berbeda dari sebelumnya. Untuk memanfaatkan ruang dengan lebih maksimal, dipasang kaca kubus transparan di depan bangunan bersejarah di belakangnya. Kombinasi antara konsep modern dan vintage menyatu dengan sempurna!

Dapur dan ruang makan khas Skandinavia

Kita masuk ke dalam rumah, di mana interior rumah jauh berbeda dengan kondisi di luar yang tampak tua. Dapur dan ruang makan digabung menjadi satu ruangan, dengan langit-langit dari balok kayu yang dicat putih, menjadikan ruangan tampak lebih cerah. Menakjubkan!

Ruang keluarga yang kental dengan nuansa vintage

Menuju ke ruang keluarga, yang letaknya terhubung lewat tangga baja yang berbentuk hati. Cara menyenangkan ini pun berhasil membuat ruangan bersejarah ini tampak lebih menarik, vintage dan juga modern. Berkat adanya pemisahan lantai yang berbeda, ruang tamu dan ruang keluarga pun terpisah dengan jelas. Tentunya balok kayu menjadi elemen utama yang menghiasi seluruh interior.

Tampak teras yang mengagumkan pada saat subuh!

Saat malam hari, bagian teras di belakang rumah sangat menakjubkan! Bias cahaya dari kaca yang dipadukan dengan lampu yang menyinari ruangan, menciptakan efek luar biasa yang membuat rumah tampak lebih hidup. Dari gambar ini, Anda dapat melihat bagaimana kaca transparan memperlihatkan hubungan dua lantai yang memperlihatkan interior rumah. Dari lantai dasar, pemilik dapat langsung mengakses teras beraspal ini, yang menawarkan privasi lengkap dengan kenyamanan total di dalamnya!

Anda ingin inspirasi rumah lain yang tak kalah menakjubkan? Simak artikel mengenai rumah prefabrikasi berpemandangan luar biasa berikut ini! 

Bagian rumah mana yang jadi favorit Anda? Yuk share di kolom komentar sekarang juga!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!