Ruang Keluarga by Dröm Living

9 Tips Membersihkan Rumah Dadakan dalam Lima Menit!

Homify.co.id Homify.co.id

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Anda tentunya pernah menerima kunjungan tak terduga di rumah, atau paling tidak tamu Anda datang lebih awal dari waktu yang telah disetujui. Ketika mereka datang, mau tidak mau rumah pun harus sudah bersih dan rapi. Hal ini dilakukan, agar kunjungan tamu tersebut menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Jangan sampai, mereka berpikir kondisi hidup Anda sedang kacau-kacaunya.

Untuk menanggulangi hal ini, Anda tentunya membutuhkan cara mudah agar rumah dapat kembali rapi dalam hitungan menit. Anda tidak bisa membersihkan segalanya secara menyeluruh, tetapi dapat mendeteksi beberapa hal yang menimbulkan pemandangan kurang mengenakkan bagi tamu.

Mulalilah dengan mengambil kantong sampah atau ember untuk membersihkan area umum dan kamar mandi yang terlihat kotor dan tidak rapi. Hal yang sama juga berlaku untuk keranjang berisi cucian, handuk bekas, atau sweater yang terdapat di kamar mandi. Letakkan semua pakaian kotor Anda di dalam satu tempat dahulu, baru setelah tamu pulang, Anda dapat memisahkannya berdasarkan warna yang mudah luntur dan tidak.

Setelahnya, tutup semua laci dan juga lemari agar tamu tidak melihat kekacauan yang sedang Anda sembunyikan. Jangan lupa juga untuk merapikan posisi bantal dan sofa, serta menyelaraskan posisi komputer, TV, dan menyimpan majalah yang belum sempat tertata di bawah meja. Perlu Anda perhatikan pula di dapur, jangan sampai meninggalkan piring yang belum tercuci di luar.

Untuk dapat mengetahui hal lain yang perlu perhatian Anda, langsung saja simak 9 tips membersihkan rumah dadakan dalam lima menit berikut ini!

1. Hilangkan bulu hewan peliharaan dari ruang tengah

 Household by stylecats®

Jika Anda memelihara hewan peliharaan, tentunya seluruh rumah akan dipenuhi oleh bulu. Untuk itu, agar tamu Anda lebih nyaman, sebaiknya letakkan hewan peliharaan Anda di dalam kamar atau di bagian ruangan lain yang tidak terjangkau oleh tamu. Setelahnya, bersihkan bagian rumah seperti ruang keluarga dan ruang tamu dari bulu-bulu peliharaan Anda.

Cara termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan vacum cleaner, agar ruangan terbebas dari bulu dalam waktu singkat. Jika tidak ada, coba gunakan lap kacamata atau kain berbahan micro fiber yang dibasahi untuk membersihkannya.

2. Bersihkan permukaan furnitur

Seperti yang homify ungkapkan di awal, langkah pertama yang paling penting adalah mengidentifikasi dengan cepat segala hal yang membutuhkan pembersihan sederhana agar rumah terlihat lebih bersih. Seperti misalnya dapur dan bar, ruang makan, ruang keluarga dan TV, dan juga kamar mandi.

Pertama-tama, bersihkan permukaan furnitur dan perangkat lain yang mudah kotor. Jika sempat, menyapu lantai juga bisa Anda lakukan. Tidak perlu terlalu bersih, yang penting semua area terlihat bersih saja.

3. Bersihkan TV di ruang keluarga

Meskipun tamu Anda nantinya akan duduk di ruang tamu, tetapi ruang keluarga juga perlu memberikan kesan pertama yang baik. Untuk itu, daripada bersusah payah membersihkan seluruh bagian di dalamnya, cukup bersihkan permukaan TV dari debu dengan cepat. Hal ini dikarenakan, televisi biasanya adalah pusat dari ruang keluarga yang biasanya menyimpan debu terlihat yang lebih banyak. 

4. Setelahnya, bersihkan kamar mandi sebisa Anda

 Kamar Mandi by Polygon arch&des
Polygon arch&des

APARTMENT “VERBI”

Polygon arch&des

Di dalam kamar mandi, kebersihan adalah elemen penting yang harus diperhatikan. Anda harus membuat kamar mandi tampak serapi dan sebersih mungkin dalam waktu yang singkat. Cara termudah adalah dengan mengganti handuk tangan atau menyediakan tissue baru yang siap digunakan. Jangan lupa untuk mengecek saluran air agar tetap menyala dan juga sabun cuci tangan tersedia untuk tamu yang berkunjung.

Sebagai inspirasi, Anda dapat melihat gambar proyek kamar mandi yang rapi dan bersih dari Drom Living berikut ini.

5. Sembunyikan piring kotor di dapur

 Dapur by LUSIARTE
LUSIARTE

Une cuisine

LUSIARTE

Sebagain besar keluarga tentu memanfaatkan dapur untuk memasak dan mencuci piring. Untuk itu, agar terlihat lebih rapi dalam waktu yang lebih cepat, piring kotor yang belum sempat Anda cuci sebaiknya disembunyikan saja di dalam lemari, laci, atau juga kabinet. Jika semua tempat itu penuh, sembunyikan saja mereka di dalam oven atau kulkas. Dapur Anda sudah terlihat bersih seperti sedia kala!

6. Manfaatkan semua sumber pencahayaan yang Anda miliki

Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa memanfaatkan setiap sumber pencahayaan yang dimiliki rumah Anda agar terlihat lebih bersih dan rapi. Jika tamu Anda datang saat siang hari, buka gorden dan jendela agar udara dan cahaya matahari membuat rumah tampak lebih cerah. Namun, jika Anda harus menggunakan lampu, sebisa mungkin hidupkan lampu seperlunya saja. Sehingga, tamu tidak melihat kekacauan yang terjadi di seluruh rumah. Cara yang cerdas bukan?

7. Merapikan detil kecil di ruangan

Permukaan bersih saja tidak cukup, karena pemandangan yang tidak mengenakkan mata juga perlu dihindari agar tamu lebih nyaman. Sebisa mungkin, rapikan dan tata ulang posisi bantal sofa, bingkai foto yang miring, atau juga koran dan majalah yang berserakan. Merapikan detil kecil ini membutuhkan waktu tidak sampai 5 menit. Semua pun diuntungkan!

8. Berikan wewangian di ruangan juga penting!

 Ruang Keluarga by Markham Stagers
Markham Stagers

Salón detalles velas

Markham Stagers

Selain ruangan yang rapi dan bersih, bau kurang sedap juga perlu Anda hilangkan dari seluruh ruangan. Agar bau tersebut hilang, cukup memasang lilin dengan wewangian agar seluruh ruangan menjadi lebih wangi dalam waktu singkat. Jika Anda tidak memilikinya, semprotkan saja pengharum ruangan ke ruang tamu dan ruang keluarga untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan menyenangkan.

Sebagai antisipasi, belilah penyegar ruangan yang dapat bertahan untuk waktu lama dari toko terdekat. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyemprot ruangan setiap saat. Jika langkah ini tidak berhasil, cukup buka semua jendela agar udara segar masuk ke rumah Anda.

9. Trik rahasia terakhir yang tak kalah penting!

Nah, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan, adalah dengan menyiapkan alat pel dan penyedot debu di dekat pintu depan. Jadi, saat Anda mendapat kunjungan mendadak, berpura-pura  membersihkan ruangan pun dapat Anda lakukan. Dengan otomatis, rumah yang berantakan dapat dimaklumi oleh tamu Anda. Homify berharap, jangan sampai tamu Anda ikut membaca artikel ini ya!

Ingin tips berguna lainnya? Coba baca artikel mengenai 6 tips membersihkan kamar mandi secara optimal berikut ini!

Anda memiliki tips lain untuk membersihkan rumah dengan cepat? Yuk share dengan homify di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!