by Home Staging Factory

Bekas Kantor Jadi Apartemen Nyaman, Mungkinkah?

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Dapatkah sebuah bekas kantor yang kusam dan tampak angker berubah jadi apartemen trendi? Itu mungkin saja, jika Anda mendapat bantuan dari ahli kami, Catherine dan Margaret Diniz. Kakak beradik ini bernaung di bawah biro arsitek Home Staging Factory, sebagai desainer interior dengan spesialisasi mengubah tata ruang ruangan lawas. Merekalah yang dibutuhkan untuk proyek renovasi bekas kantor yang suram di Lisboa menjadi apartemen yang layak ditinggali.

1. Ruang kantor sebelum direnovasi

Sekilas ruangan yang dulunya dipakai sebagai kantor tidak jelek-jelek amat. Setelah diperhatikan, baru kelihatan apa yang dibutuhkan ruangan ini. Kelembaban membuat cat dinding terkelupas. Kabel listrik tampak tidak rapi dan lampu neon kurang dapat menerangi seluruh ruangan dengan cahaya hangat. Namun untungnya, lantai kayu tetap terjaga kondisinya dan jendela-jendela masih bisa dimanfaatkan.

Ruang kantor sesudah direnovasi

Ruangan kantor di atas tampak jauh beda setelah direnovasi. Lantai kayu telah dibersihkan dan dipernis ulang. Jendela-jendela diberi bingkai granit di sekelilingnya, yang merupakan ciri bangunan lama. Daun jendela telah dipasang untuk menciptakan privasi dan membatasi masuknya cahaya matahari yang menyilaukan. Sebuah karpet lembut di bawah meja tamu serasi dengan sofa kuning, karena sama-sama berhiaskan ornamen melingkar. Brankas tua di sisi sofa adalah sentuhan kontras yang menyenangkan. Singkat kata, ada perpaduan beraneka obyek yang merefleksikan aspek apartemen ini.

Warna cerah di ruang tamu

Untuk menghadirkan gaya modern dengan sentuhan mewah, pilihan jatuh pada bahan-bahan eksklusif, furnitur  anggun, dan asesoris yang mencolok mata. Warna juga menjadi bagian konsep estetis yang tidak bisa dipisahkan. Abu-abu dominan memeluk kuning yang menonjol. Kemudian lantai kayu dan dinding putih polos. Di belakang sofa ada ada wallpaper dengan pola ranting, bunga dan burung yang simpel.

Tiga area di ruang tamu

Ruang kantor lama tampak sempit, sehingga para ahli kami memiliki ide untuk memperluasnya. Setelah memindahkan dinding, sekarang ruang kantor tampak lebih lapang. Ruangan yang ada di dekat ruang tamu adalah dapur dan ruang makan. Dengan memanfaatkan material kayu dan marmer terbaik, ruangan yang nyaman dan menyenangkan bisa kita dapatkan. Rasanya tidak percaya ruangan ini dulunya adalah ruangan yang lembab dan kusam.

2. Dapur sebelum direnovasi

Sebelumnya, dapur kantor tampak sempit dan kurang terang. Materialnya tampak sudah usang, pembagian areanya buruk dan area untuk memasak terlalu sempit. Terlebih lagi, sulit merealisasikan dapur yang ramah keluarga di sini. Oleh karena itu, dapur dibangun di area ruang tamu. Sedangkan tempat ini diubah fungsinya menjadi kamar mandi yang nanti akan kita tinjau.

Dapur baru di ruang tamu

Dapur yang dulu mungkin hanya dipandang sebelah mata. Namun, coba lihat. Dapur yang baru lahir kembali dengan indahnya. Desain kekinian dan modern membuatnya tampak cerah dan hangat. Bahan-bahan terbaik digunakan di ruangan ini. Furnitur dapur warna putih tampak serasi dengan pelapis meja dan backsplash marmer, serta baja yang mengkilap. Elemen kayu dan lampu mempunyai efek menyejukkan bagi dapur, sehingga tempat ini jadi lebih nyaman untuk memasak.

Ruang makan baru

Di sisi lain ruangan kita bisa melihat ruang makan yang terintegrasi dengan dapur dan ruang tamu. Meja kayu dikelilingi enam kursi kayu beralas coklat. Dua lampu terbuat dari kuningan yang ditempa dengan gaya industrial. Sempurna untuk menerangi saat makan malam dengan cahaynaanya. Elemen hias lainnya adalah sepasang cermin berbentuk kandang burung. Keduanya mengundang efek lebih terang dan luas pada ruangan.

3. Area kantor sebelum direnovasi

Sama dengan gambar pertama, inilah kondisi awal bekas kantor ini sebelum direnovasi menjadi kamar tidur. Dinding dihiasi noda karena lembab, lapuk dan rusak di semua sudut. Lemari kustom ini dulunya berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang praktis. Namun lemari ini tidak lagi dibutuhkan karena terlalu banyak makan tempat.

Sempurna untuk tidur nyenyak

Beginilah wajah kamar tidur setelah direnovasi. Skema warna ruangan dihiasi warna netral abu-abu dan krem. Serasi dengan nuansa coklat lantai kayu. Lemari kustom diubah ukurannya menjadi lebih kecil dengan tiga pintu. Ini membuat lemari lebih sesuai untuk ruangan ini dan tetap berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Hal yang menonjol di sini adalah balkon kecil di area yang dulunya adalah bagian lemari kustom.

Balkon mini

Kecil itu indah, dan itu memang benar. Lantai keramik berpola khas Portugis membentuk semacam pola di lantai. Seolah menjadi alas permadani untuk meja berkaki logam dan sepasang kursi beraksen serupa. Jendela di depannya tampak sangat urban dan membuat area ini berkarakter. 

4. Kamar mandi sebelum direnovasi

Yah beginilah kondisi kamar mandi sebelum direnovasi. Ruangan ini berfungsi untuk membersihkan diri, tapi tidak tampak nyaman. Di kamar mandi yang sempit ini ada wastafel, toilet dan shower. Ada juga bidet untuk membersihkan diri setelah buang air. Kamar mandi ini tampak suram, lantainya sudah pecah, furnitur kebersihan sudah usang, dan tidak ada jendela.

Kamar mandi setelah direnovasi

Kamar mandi baru memancarkan suasana menyenangkan dan nyaman dengan penggunaan warna dan bahan pilihan. Meja wastafel kayu menjadi alas bagi wastafel marmer dan tampak kontras dengan keramik hitm di dinding. Cermin besar membangkitkan kesan lapang dan terang. Lantai keramik di lantai sama dengan yang ada di balkon dan menutup area ini dengan sempurna. 

Baca juga: 

5 Renovasi Kamar Mandi Paling Sukses

Shower setelah direnovasi

Jendela besar mengisi kamar mandi baru ini dengan cahaya. Kisi-kisi jendela terbuat dari logam untuk menonjolkan gaya industrial. Area shower ini seluruhnya tertutup keramik warna hitam. Penataan elegan untuk mandi shower berkelas dengan pemandangan tampak atas kota Lisboa yang cantik. 

Hendak merenovasi rumah dalam waktu dekat? Baca juga: 

21 Ide Renovasi Rumah Dengan Sedikit Biaya

Apakah Anda suka dengan model jendela di kamar mandi apartemen ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!