Ruang Keluarga by Casa100 Arquitetura

Tips Mendekor Apartemen Mungil dengan Budget Rendah

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Apa keuntungan dari memiliki apartemen dengan ukuran kecil? Pertanyaan ini tentunya bisa dikategorikan sebagai pertanyaan yang tidak memiliki jawaban pasti, karena hampir tidak ada keuntungan yang diperoleh tinggal di tempat yang sangat sempit dan terbatas ruang geraknya. Namun, setelah berpikir ulang dan melihat ruangan yang dimaksud, biasanya Anda akan memiliki kreativitas karena ruangan yang sangat terbatas tersebut. Memiliki apartemen berukuran kecil seringkali menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang belum memiliki rumah.

Sebagai tambahan, jika Anda merupakan keluarga yang terdiri dari pasangan suami istri yang belum memiliki anak, ruangan apartemen yang tidak terlalu luas justru akan memberikan keuntungan lebih. Ruangan yang terbatas berarti furnitur yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, gampang dibersihkan dan mudah dirawat tanpa menghabiskan biaya terlalu banyak.  

Kemudian, ruangan yang terbatas justru akan lebih memacu kreativitas Anda untuk berimajinasi menciptakan tempat tinggal yang nyaman dengan ide-ide orisinil sambil menjaga rumah tetap fungsional tanpa merubah budget yang sudah ditetapkan dari awal.  

Proyek yang akan dibahas hari ini menggamabarkan dengan tepat semua deskripsi kebutuhan ruangan terbatas dalam apartemen yang kecil seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dari kantor CASA 100 ARCHITECTURA, apartemen mungil dengan biaya kecil untuk pasangan muda ini terletak di São Paulo, Brazil.

1. Area ruang tamu

Semua bagian dari apartemen ini direncanakan serta didesain untuk menciptakan kondisi kenyamanan dan kelayakan tempat tinggal yang maksimal untuk penghuninya.

Dalam ruangan ini, hal tersebut tampak jelas. Kreasi dari furnitur yang unik menambahkan fungsi lebih bagi ruangan tamu dan tidak memakan tempat serta hemat biaya. Furnitur televisinya memiliki detail warna kuning mustar, diletakkan pas dengan bentuk ruangan tanpa menghilangkan estetikanya, serta menjadi penata komponen lainnya bagi home theatre yang ada di rumah.

Ruangan tamu ini berhasil menciptakan atmosfer yang nyaman. Meskipun semen dindingnya tampak jelas, namun desainer apartemen ini sanggup membuatnya menjadi sesuatu yang mengundang dan nyaman, dengan paduan karpet, kehangatan material kayu serta sofa modern yang nyaman.

2. Ruang tamu yang memiliki pemandangan ke taman dengan teras

Apartemen ini sebenarnya memiliki ukuran yang sangat kecil, namun adanya teras mungil yang melebar menampilkan pemandangan di luar membuatnya menjadi hunian yang asri. Kelebihan ini memungkinkan penghuni apartemen untuk bersentuhan dengan alam meski sedikit. Desain interiornya pun memiliki koneksi langsung sehingga pencahayaan yang diterima menjadi lebih maksimal dan terasa leluasa.

3. Tanpa penghalang bagi ruangan luas

Dari perspektif optimasi area yang tersedia pada apartemen ini, area sosial atau area yang menghubungkan semua ruangan lainnya menjadi area terunik yang menghubungkan dapur, ruang makan serta ruang tamu dengan koneksi langsung ke teras. Pilihan desain yang demikian memberikan kesan ruangan yang lebih lebar dibandingkan dengan adanya pembatas berupa partisi.

Salah satu elemen yang paling berkontribusi dengan integrasi semua ruangan ini adalah adanya kerajinan kayu yang menciptakan banyak fungsi bagi furnitur seperti meja dapur atau pelindung balkon yang juga berfungsi sebagai meja kerja yang akan ditunjukkan nanti. Begitu juga dengan keberagaman material kayu dengan pilihan warnanya yang macam-macam, berhasil menampilkan aliran yang konsisten dalam desain interior rumah ini.

4. Dapur yang fungsional dan indah

Di area dapur, yang aslinya memiliki langit-langit yang lebih rendah karena lokasinya yang tepat ada di bawah balkon, terdapat perubahan yang dilakukan oleh pemimpin proyek ini. Proyek ini memutuskan untuk memindahkan atap yang menutupi lapisan semen yang membentuk langit-langit, menampilkannya apa adanya. Solusi tambahan ini memungkinkan adanya tambahan beberapa inci pada bagian kanan dapur yang masih memberikan kesan trendi ala gaya industrial dan juga cukup sesuai dengan estetika keseluruhan apartemen.

Sehubungan dengan furnitur yang dipilih dalam apartemen ini, terdapat banyak sekali detail menarik seperti bangku besar tempat bekerja yang tidak hanya berfungsi sebagai meja makan sekaligus meja kerja, namun juga menyediakan banyak ruang penyimpanan dengan pintu dan laci pada bagian dasarnya.

Kabinet hitam lacquer-nya, yang mejadi tempat penyimpanan modern bagi kulkas memiliki warna yang berbeda nan mencolok yang menampilkan visual yang mendukung alur perubahan antara ruang tamu dengan dapur.

5. Warna biru yang jadi identitas

Semua ruang dalam apartemen disesuaikan oleh manajer proyeknya agar sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Warna biru elektrik dari furnitur berlapis ini secara tak kasat mata menciptakan harmonisasi melalui warna kayu dan warna alami pada dinding konkret-nya. Ini dia warna yang bersama dengan warna kamar mandi yang akan ditunjukkan nanti memberikan banyak kontribusi terhadap nama proyek yang adalah Apto Copper/Blue. Garis kecil pada bangkunya sudah dibentuk sedemikian rupa dan berkontribusi bagi ketahanan dan kekuatannya untuk dapur bergaya modern industrial.

6. Kamar mandi yang berbeda

Kamar mandi yang praktis dan tidak mahal, serta tetap orisinil tampil pada gambar berikut. Struktur mikro sederhana pada lantai dan dua dindingnya, ubin murah berwarna kuning mustar yang digunakan, peralatan kamar mandi berwarna hitam serta kotak berbahan metal yang juga menjadi tempat wastafel ini melengkapi tampilan kamar mandi. Tampilannya berbeda, bukan? Tampilan ini juga hanya memakan biaya yang rendah! Sadarkah Anda dengan adanya penggunaan keran air yang memakai sistem irigasi? Fungsi yang sederhana sekaligus industrial pun terwakili.

7. Tembaga pemberi kesan mewah

Tembaga merupakan material mewah yang memiliki kehadiran yang tidak mencolok namun tetap tertangkap mata sebagai pemberi gaya dalam rumah ini. Tangga konkret yang terpampang ini ditumpuk dengan pegangan tangga yang dilapisi tembaga. Pegangan tangga ini terbuat oleh pipa tembaga untuk jalannya air. Estetika industrial ini menjadi pelengkap bagi lampu di langit-langit dapur. Ini dia elemen kedua dari desain yang memberikan nama bagi proyek ini!

8. Ruangan di balkon

Begini cara menikmati ruangan kecil dengan maksimal! Memanfaatkan langit-langit yang tinggi pada apartemen dengan gaya loft, terdapat balkon yang dibangun di mana terdapat berbagai area privat di sekitar apartemen, kamar tidurnya dan kamar mandinya.

Gaya yang sederhana dan tidak banyak ornamen, tempat tidur ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang tidak sedikit jumlahnya, yang menyatu secara keseluruhan dengan rak yang ada di meja di samping tempat tidur dengan bangku kayunya.

9. Ide yang luar biasa

Selama proses remodeling tembok kecil yang juga menjadi tempat pegangan balkon dan untuk mencegah masuknya cahaya sudah dihilangkan dan digantikan dengan lapisan metal pada material kayunya. Bangku tempat bekerja ini menciptakan tempat penyimpanan yang hilang demi membangun area kerja yang unik.

10. Kamar mandi yang tidak biasa

Akhirnya, ini dia kamar mandi terprivat yang cocok untuk pasangan!

Dalam gaya yang berani sekaligus ekonomis, salah satu area dindingnya dilapisi dengan ubin biru dan kuning mustar, tidak seperti gaya lainnya. Wara birunya yang mencolok terletak pada wastafel yang dikombinasikan dengan ubinnya tetap dijaga agar tidak berlebihan, sementara dinding sisanya dan konternya dijaga tetap dalam warna netral dengan semen alami.

Pada area shower, lebih banyak lagi pilihan orisinil yang tersedia, seperti ketiadaan ubin atau bebatuan, namun kayu langsung pada lantai area shower. Untuk tempat meletakkan berbagai produk yang diperlukan ketika mandi, ceruk dinding dibuat dan dibiarkan terlapisi semen biasa.

Pengaturan ini sangat memanjakan mata dan berbeda, namun sangat sesuai dan indah, membuktikan bahwa untuk menciptakan hunian yang nyaman tidak diperlukan biaya besar sekaligus ruang yang menakjubkan. Anda hanya memerlukan imajinasi dan selera yang baik.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!