Ruang Ganti by Thibaudeau Architecte

7 Cara Profesional Membersihkan Ruang Ganti

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Pergantian musim dari musim semi, musim panas, musim gugur hingga musim dingin tentu akan membuat Anda perlu menata lemari pakaian. Bagaimana setiap kali musim berganti, Anda akan mudah menemukan pakaian yang pas dan sesuai dengan musim yang sedang berlangsung. Mengapa perlu menata ulang lemari pakaian? Pertama, bahwa aktifitas ini tidak membuang pakaian yang tidak cocok untuk suatu musim yang sedang berlangsung. Pakaian musim dingin mungkin bisa diletakkan di bagian paling dalam agar tak menghalangi Anda saat memilih pakaian musim panas. Kedua, proses membersihkan dan menata ulang lemari pakaian Anda bisa jadi melatih kreatifitas untuk menciptakan ruang ganti yang menyenangkan dan tentu saja mudah menemukan apa yang Anda butuhkan diantara banyaknya pakaian dan aksesoris yang Anda miliki. 

Pentingnya ruang ganti bagi setiap rumah membuat homify merasa perlu mengajak Anda untuk menelusuri beberapa ide ruang ganti yang bisa diaplikasikan pada rumah Anda. Simak penelusurannya dibawah ini!

1. Sistem yang fleksibel untuk memudahkan pergantian fungsi ruangan

Jika Anda adalah pasangan muda yang baru saja menikah, bisa jadi ruang ganti hanya sebatas memuat untuk menyimpan pakaian Anda dan pasangan. Bayangkan apa yang terjadi dua atau tiga tahun mendatang, saat Anda memiliki buah hati. Datangnya anggota keluarga baru tentu mengharuskan Anda untuk menata ulang ruang penyimpanan pakaian atau bisa saja mengganti furnitur yang ada disana. Solusi cerdas yang disajikan pada gambar memungkinkan Anda bisa dengan mudah mengubah tinggi, tebal, dan jumlah rak sesuai dengan yang Anda butuhkan. Optimalisasi ruang ganti yang futuristik dan menggunakan bahan material yang mudah dipasang bisa Anda cari pada referensi profesional milik homify!

2. Pengurutan pakaian berdasarkan jenis dan modelnya

Pernahkah Anda menginginkan desain ruang ganti dengan sentuhan tangan para ahli di dalamnya? Anda pun bisa melakukannya sendiri! Kuncinya hanya satu, urutkan pakaian Anda berdasarkan jenis dan modelnya. Jika Anda memiliki banyak warna pada koleksi pakaian di ruang ganti, bisa juga mengurutkannya berdasarkan warna masing-masing.

Pengurutan pada ruang ganti bisa Anda lakukan sesuai keinginan. Tujuannya sama saja, agar mudah menemukannya bukan? Selain itu, tampilan ruang ganti pun tampak lebih bersih, teratur dan nyaman bagi siapa saja yang berada disana. Usahakan agar Anda sendiri yang mengatur ruang ganti tersebut, sehingga Anda dapat menyalurkan kreativitas dan mudah menemukan pakaian tertentu saat Anda membutuhkannya. Mudah bukan?.

3. Pisahkan mantel dan jaket yang sering dipakai di tempat terpisah

industrial Bedroom by Calvill
Calvill

Copper Hanger Medium

Calvill

Setiap orang pasti memiliki mantel atau pakaian favorit. Entah karena bahannya yang nyaman saat digunakan, atau karena warna mantel adalah warna kesukaan. Jika hal ini terjadi di rumah Anda, pisahkan pakaian favorit pada rak tersendiri agar Anda tidak perlu repot-repot mencarinya saat ingin menggunakannya. Manfaatkan langit-langit pada ruang ganti ini untuk menggantungkan besi yang nantinya sebagai gantungan penggantung pakaian favorit tersebut. 

4. Manfaatkan kotak penyimpanan dengan lebih maksimal

Ruang penyimpanan berbentuk kotak cukup sering digunakan para ahli, karena akan terlihat rapi dan dapat menyimpan pakaian lebih banyak. Manfaatkan saja kotak penyimpanan sisa aksesoris And, dan gunakan mereka sebagai pemisah antar barang yag berbeda. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyimpan setelan pakaian di dalam kotak tersebut, dan dipisahkan sesuai musimnya. Dengan begitu, seluruh pakaian pun dapat dengan mudahnya ditemukan kapan saja Anda butuhkan!

5. Manfaatkan dinding kosong di seberang lemari

Tembok di depan ruang ganti seringkali diabaikan, karena konstruksinya yang tidak fungsional. Untuk itu, sebuah studio desain interior yang berbasis di Korea Selatan memamerkan desain ruang ganti yang menakjubkan dengan memanfaatkan tembok kokoh di depan lemari pakaian Anda. Pasangkan besi gantungan untuk tempat menggantungkan jas dan beberapa dasi atau syal Anda, maka kegunaan tambahan pada ruang tak terpakai pun bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal!

6. Gunakan desain kabinet ala Irlandia di ruang ganti

 Ruang Ganti by 퍼스트애비뉴
퍼스트애비뉴

은은한 고급스러움을 표현한 녹번동 인테리어

퍼스트애비뉴

Perhiasan, tas, topi, ikat pinggang, aksesoris seperti dasi disarankan untuk diletakkan di  lemari yang fungsional. Ruang ganti yang relatif bebas dengan sisi roda untuk mengusung desain kabinet ala Irlandia sebagai furnitur di dalamnya, juga membuatnya tampak lebih ringan. Jika menempatkan beberapa lemari tidak memungkinkan, dikarenakan risiko pakaian yang lecek akan meningkat, maka kami menyarankan untuk menyimpan pakaian pada beberapa bagian yang terpisah. Foto lemari dilengkapi dengan ruang tambahan untuk ruang penyimpanan berikut dapat Anda tiru, untuk mendapatkan paduan furnitur yang sesuai untuk ruang ganti.

7. Gunakan produk gantungan yang ringan dan ramping

 Dressing room by homify
homify

Foldaway hanger

homify

Jika Anda memiliki ruang penyimpanan di lemari yang terbatas, ada baiknya untuk mempertimbangkan dalam penggunaan gantungan dengan dimensi tipis dan ringan. Gantungan berbahan kayu memiliki kelemahan pada volumenya yang terlampau besar dan juga berat, walaupun pada dasarnya menciptakan kesan elegan pada lemari Anda. Untuk itu, coba beralih ke gantungan pakaian berbahan besi atau kawat tipis yang mudah didapatkan di toko peralatan di sekitar rumah Anda.

Cara ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak pakaian, tetapi juga memberikan kesan estetis tersendiri kepada pakaian yang digantung. Pada gambar berikut ini, Anda dapat melihat sebuah desain gantungan pakaian yang indah, hasil desain dari desainer Australia bernama Louisa Kober. Gantungan ini indah untuk dipandang dan juga fungsional. Dengan mengusung desain layaknya cangkang kerang, gantungan ini siap membantu Anda untuk merapikan pakaian dengan lebih cepat dan juga mudah.

Ingin tips menarik lainnya? Coba simak artikel mengenai 9 tips membersihkan rumah dadakan saat tamu akan berkunjung berikut ini!

Anda memiliki tips membersihkan ruang ganti lainnya? Yuk share bersama ribuan pengguna lainnya di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!