Dapur by Aiya Design

7 Cara Ideal Percantik Dinding Dapur

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Dapur saat ini tidak hanya menjadi tempat untuk memasak dan mengolah makanan. Demi efesiensi  ruang, dapur kerap kali diintegrasikan dengan ruang makan atau ruang keluarga. Setelah terintegrasi, banyak aktivitas penghuni pindah ke ruang ini. Mulai dari makan bersama, bercengkrama dengan teman dan keluarga hingga mengerjakan tugas pekerjaan. Dengan kondisi ini, dapur dituntut memiliki nuansa positif yang dapat memberikan rasa nyaman bagi para penghuni. 

Kami percaya, meningkatkan desain dapur dapat membuat  penghuni rumah  merasa nyaman berkegiatan di dalamnya. Desain interior yang baik dapat menyebabkan energi positif, merangsang nafsu makan, dan membuka ruang komunikasi. Salah satu cara untuk meningkatkan desain dapur adalah dengan tidak membiarkan dinding kosong.  Berikut kami berikan 7 inspirasi untuk mengisi kekosongan di dinding dapur Anda.

1. Hiasi Dinding dengan Lukisan atau Foto

Benda seni seperti lukisan dan foto merupakan salah satu ide cemerlang untuk dekorasi dapur.  Anda dapat menyesuaikan isi lukisan dan foto dengan tema dapur. Beberapa orang menghiasi dapur mereka dengan lukisan dan foto bertemakan makanan, buah-buahan dan sayuran. Namun Anda dapat mendobrak kebiasan itu dengan memasang lukisan lain. Lukisan wajah, pemandangan alam atau lukisan bergaya surealis sekalipun. 

Selain gambar, perhatikan pula bingkai yang akan digunakan. Pastikan warna bingkai serasi dengan isi lukisan atau foto serta dinding. Perhatikan pula komposisi peletakan bingkai dan ukurannya. Anda dapat mengambil inspirasi dari foto di atas. Kehadirannya terlihat kontras dengan dinding bata ekspos di belakangnya. Kondisi kontras ini menjadi semakin indah dengan pemilihan komposisi ukuran dan jumlah yang tepat.

2. Manfaatkan Sebagai Media Penyimpanan

 Dapur by 株式会社seki.design
株式会社seki.design

クレバスハウスのキッチン

株式会社seki.design

Banyak keluarga yang mengeluh ukuran dapur mereka terlalu sempit. Padahal ukuran sebenarnya bukan permasalahan utama di dapur. Seluas apapun dapur jika tidak dibarengi dengan manajemen tata letak dan penyimpanan yang baik tentu akan menjadi berantakan. Salah satu solusi untuk menyimpan beragam peralatan memasak dan makan adalah dengan membuat rak terbuka di dinding kosong seperti pada gambar di atas. Biarkan tempat penyimpanan ini terbuka. Peralatan makan dan minum justru dapat menjadi ornamen yang sangat indah secara visual.

3. Permainan Warna

Jika Anda adalah orang yang kreatif dan berani bereksperimen, permainan kontras warna patut dicoba. Pilih warna yang kaya dan bersemangat yang dapat memberikan nuansa menyenangkan. Pada foto di atas misalnya. Beberapa bagian dinding dicat dengan warna hijau cerah. Sangat kontras dengan kondisi sekitar. Namun tindakan ini mampu menutupi kekosongan pada dinding. Solusi ini sangat mudah, sederhana dan hemat. Namun hasilnya sangat memuaskan. Jika Anda menginginkan solusi ini namun belum berani menentukan komposisi warna, Anda dapat berkonsultasi dengan para profesional

4. Tanaman Hijau

Peletakan tanaman hijau di dalam ruangan memberikan banyak efek positif, di antaranya menyegarkan ruangan. Maka tak heran, peletakan tanaman di dalam ruangan kini tengah menjadi tren. Salah satunya adalah metode peletakan tanaman secara vertikal di dinding. Ini merupakan ide yang sederhana. Namun hasilnya sangat menakjubkan. Menggunakan sistem  penyiraman otomatis, instalasinya tergolong cepat. Begitu terpasang langsung menyegarkan suasana dan visual.

5. Pemasangan Wallpaper

Memperindah interior dapur tidak identik dengan biaya yang mahal. Dengan sedikit kreasi, dana yang minim juga mampu membuat dapur menjadi indah. Banyak opsi dekorasi  yang hanya membutuhkan sedikit dana namun memberikan perubahan yang berarti. Pada foto di atas misalnya. Pemasangan wallpaper cerah dengan unsur-unsur alam mampu mendongkrak tampilan dapur secara keseluruhan. Warna wallpaper dipilih senada dengan interior ruangan, membuat dapur terlihat harmonis dan sangat modern.

6. Bagaimana dengan Meja Lipat?

Ide ini kami dianjurkan terutama bagi yang memiliki apartemen kecil. Furnitur yang dapat dilipat ke dinding dapat menjadi solusi pemanfaatan ruang yang baik. Selain menutupi ruang kosong, Anda akan mendapatkan tempat untuk makan yang nyaman. Dan ide ini dianjurkan terutama bagi pemilik apartemen kecil. Lipat furnitur dinding – pilihan yang bagus untuk mengisi ruang di sampingnya dan mengatur tempat yang nyaman untuk makan makanan. Ada banyak model lipat meja dan kursi. Pilih yang dibutuhkan, sesuaikan dengan gaya fitur interior dapur tata letak dan ukuran . Meja lipat pada foto di atas sangat ideal untuk apartemen yang dihuni oleh dua orang.

7. Coretan di Papan Tulis

Jika Anda menginginkan dekorasi yang tidak biasa, Anda dapat menggunakan papan tulis di dinding kosong dapur. Tutupi seluruh bagian dinding yang kosong dengan papan tulis. Desainer sering merekomendasikan solusi tersebut untuk loteng  trendi dalam interior modern. Dengan krayon konvensional,  Anda dapat berkreasi menghias dapur, meninggalkan pesan di keluarga papan, menulis resep hidangan favorit Anda, atau membuat gambar cantik.

Apakah Anda memiliki dinding kosong di dapur Anda? Siapkah Anda berkreasi untuk mempercantik dapur?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!