Ruang Keluarga by Sandrine Carré

6 Cara Sederhana Aplikasikan Unsur Minimalis Pada Interior Rumah Anda

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Konsep interior rumah sederhana dan ringkas belakangan ini kian banyak terlihat di setiap kota-kota besar. Gaya yang kemudian kian dikenal dengan istilah minimalis tersebut seolah terus berkembang seiring bertambahnya peminat dari berbagai kalangan khususnya kaum urban. Gaya yang benar-benar tampil apa adanya ini diklaim mampu meninggalkan kesan rapih dan bersih kepada siapapun yang melihatnya. Berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah beberapa list referensi yang berkaitan dengan penataan ruang dengan gaya minimalis. Semoga dengan beberapa ide berikut Anda dapat pula mengaplikasikan unsur minimalis ke setiap ruangan di hunian Anda.

1. Hilangkan penggunaan banyak dinding di setiap ruangan

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan agar setiap tampilan ruangan di hunian Anda terlihat terbuka dan terang. Mengurangi penggunaan banyaknya ornamen dan dekorasi yang berlebihan adalah salah satu strategi yang dapat Anda aplikasikan. Tapi selain itu, Anda dapat juga menyiasatinya dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan lembut agar setiap sudut dinding rumah Anda  terlihat terang dari sebelumnya.

2. Ciptakan ruangan

Rumah bergaya minimalis pada umumnya memiliki kesan lega didalamnya. Seperti yang terlihat pada gambar, salah satu ruangan rumah minimalis ini dibiarkan tampil apa adanya dalam balutan corak kayu dan nuansa putih. Pemanfaatan di ruangan ini sangat dimaksimalkan hingga ke atap ruangan. Selain pada celah dinding, media display ornamen dapat pula difungsikan pada setiap celah beton yang digunakan sebagai penopang rangka atap. Pada celah tersebut Anda dapat aplikasikan ornamen-ornamen berupa tanaman hias dalam pot untuk memberikan kesan alami di dalam ruangan.

3. Tampil simpel dengan banyaknya ruang penyimpanan

Salah satu cara untuk menyederhanakan setiap ruangan di rumah Anda adalah dengan cara memanfaatkan setiap ruang yang tersedia sebagai media penyimpanan. Seperti yang terlihat pada gambar, beragam model tempat penyimpanan diaplikasikan secara apik dalam satu rangkaian funitur tempat tidur. Ide ini terbilang cerdas untuk menghemat penggunaan ruang.

4. Dapur simpel dan tempat penyimpanan praktis

Bahkan, jika penyedeharaan tampilan ruang ingin diaplikasikan pada dapur, maka wujud salah satu furnitur yang dapat Anda aplikasikan adalah seperti yang terlihat pada gambar. Dalam satu rangkaian furnitur tersebut, Anda dapat meletakkan berbagai keperluan memasak mulai bumbu-bumbu dapur yang dapat disimpan pada toples-toples kecil, rak sayur yang tersimpan dengan aman, laci bumbu-bumbu instan yang dapat disimpin pada laci-laci paling, bawah, media peletakkan telur dan beberapa ruang terbuka yang dapat Anda jadikan media penyimpanan bahan lainnya yang bersifat sementara atau bahkan dapat juga Anda manfaatkan sebagai media display ornamen cantik yang identik dengan suasana dapur.

5. Ciptakan semua yang Anda butuhkan dalam satu ruangan.

Saat Anda ingin menciptakan sebuah ruangan yang terlihat simpel dan rapih, maka Anda dapat aplikasikan satu ide cerdas yang berhasil didesain oleh seorang desainer asal Paris bernama SANDRINE CARRÉ ini. Dalam satu ruangan, SANDRINE menyulapnya menjadi beberapa ruang mungil yang seolah memiliki teritori dan eksistensinya masing-masing. Di dekat jendela, terdapat ruang tidur yang dibatasi oleh sebuah dinding minimalis dengan corak pembatas berwarna merah. Berada disamping pembatas tempat tidur tadi, terdapat sebuah ruang duduk sederhana yang dibekali sebuah sofa mungil, dua kursi ekstra serta sebuah meja berbentuk persegi untuk meletakkan gelas atau makanan. Dan tak jauh dari situ, terdapat pula sebuah sudut ruang kerja minimalis yang ditemani sebuah meja tanpa kaki, kursi dan sebuah lampu meja untuk menambah penerangan di sudut tersebut. Kesemua ruang-ruang mungil tersebut seolah mampu saling bersinergi berkat aplikasi yang seragam dari segi corak dinding dan material lantai yang digunakan, sehingga tak ada dominasi yang berlebihan di salah satu ruangan sekalipun tema dan fungsi dari ketiga ruangan tersebut berbeda-beda.

6. Terlihat simpel dengan furnitur gantung

 Living room by greeniche
greeniche

string system BASIC WALL DESK

greeniche

Jika Anda merasa bosan dengan bentuk furnitur yang itu-itu saja, maka Anda dapat mengeksplor lagi bentuk furnitur lain, seperti halnya wujud furnitur gantung yang praktis. Melalui furnitur gantung Anda dapat merasakan nuansa ruang yang lapang dan terlihat bersih. Apabila Anda sulit menemukannya, Anda dapat kreasikan sendiri furnitur gantung sesuai kebutuhan Anda ke para profesional di kota Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mengambil model rak gantung seperti yang terlihat pada gambar. Dengan dukungan material kayu dan penyangga besi, rak gantung bergaya minimalis ini sudah mampu membuat estetika ruangan Anda terlihat berbeda dari yang lainnya.

So, bagaimana? Anda siap mengaplikasikannya?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!