Teras by Patrícia Azoni Arquitetura + Arte & Design

10 Desain Teras Indah yang Membutuhkan Sedikit Ruang

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Teras yang kecil bukanlah alasan untuk menciptakan taman yang menawan di dalamnya. Kekurangan ini bisa diubah menjadi tampak menakjubkan, berkat desain yang sesuai dengan keadaan rumah Anda. Buku ide berikut ini adalah buktinya!

Kami berbagai beberapa desain teras yang menjadi solusi ruangan yang terbatas dan dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk mengubah halaman belakang layaknya oase kecil yang meneduhkan. Selain itu, kami lengkapi pula dengan tips sederhana di dalamnya, yang memudahkan Anda untuk memilih desain yang paling ideal dan menyenangkan untuk rumah Anda. Sudah siap? Mari simak selengkapnya bersama homify untuk menelusuri beberapa pilihan desain teras menawan tersebut!

1. Kelilingi taman dengan tanaman hijau dan bunga berwarna-warni

 Balconies, verandas & terraces  by EXCELSIOR HOME INTERIORS
EXCELSIOR HOME INTERIORS

B&B 22 CHARMING ROOMS & APARTMENTS

EXCELSIOR HOME INTERIORS

Jika Anda menyukai tanaman dan bunga, kenapa tidak mencoba ide menyegarkan berikut ini? Anda hanya perlu meletakkan tumbuhan dan bunga favorit Anda mengelilingi teras kecil yang tersembunyi. Untuk mengakali lahan yang terbatas, dirikan saja pagar beton di sekelilingnya. Sehingga, suasana lebih privat pun bisa Anda dapatkan tanpa perlu terlalu terkekspos dengan tetangga. Anda pun bisa memanfaatkan teras ini untuk bersantai atau BBQ di akhir pekan. Ide yang menarik bukan?

2. Teras menawan dengan karakter yang kuat

Untuk membuat sebuah teras kecil dengan tampilan yang bagus, terkadang tidak membutuhkan elemen yang begitu banyak, cukup perbaiki dan gunakan inspirasi dari sekitar Anda. Coba lihat desain berikut ini, yang menjadikan rumput sebagai elemen utama dan ternyata tampak sensasional. Di antara rumput dan tanaman hijauh tersebut, coba untuk menempatkan sedikit ruang dengan kursi untuk bersantai.

Tentunya, teras seperti ini tidak dapat setiap saat Anda gunakan jika musim hujan sudah datang. Tapi percayalah, teras seperti cukup meneduhkan meski dilihat dari balik jendela sekali pun!

3. Hiasi dengan warna segar dan bahan-bahan alami

Desain berikut ini menggunakan furnitur dan objek dekoratif, seperti bahan alami dari tanah liat, kayu, bambu, dan lainnya. Cara ini membuat suasana teras tampak lebih sejuk. Jika Anda ingin sedikit bermain dengan warna, coba hadirkan warna terang pada dinding atau patung dekoratif yang membuat suasan teras tampak lebih hidup.

4. Pilihan dekorasi minimalis juga tak kalah indahnya!

Jika Anda menyukai tampilan teras yang segar, bersih, dan juga terorganisir, maka sudah saatnya Anda mendekorasi ulang teras dengan gaya minimalis. Cukup tambahkan beberapa elemen dasar seperti tempat makan, tempat istirahat berupa hammock, dan juga sudut yang terbuka dan bersih. Sehingga, teras yang kecil terlihat lebih luas.

Namun ingat! Pada gaya minimalis, warna-warna netral adalah elemen mutlak yang tidak boleh Anda ganggu gugat. Jika Anda ingin ide mengenai gaya minimalis yang lebih banyak lagi, mungkin artikel mengenai gaya rumah minimalis berikut ini cocok untuk Anda baca!

5. Sentuhan tropis yang meneduhkan

Meskipun teras rumah Anda terlalu kecil, banyak potensi yang bisa Anda gali di sana. Salah satunya adalah dengan menghias dan menciptakan sudut tropis di sana. Cukup dengan menambahkan tanaman, pohon, bambu, dan juga elemen kayu di dalamnya, maka teras Anda pun tampak lebih meneduhkan! Namun perlu Anda perhatikan, jika memilih untuk membuat taman tropis, berarti Anda juga membutuhkan air dan rutin mengurus hama yang bersarang di sana. Sudah siap?

6. Suasana alami dan kontemporer dalam satu kesatuan!

Mendekatkan diri dengan alam mungkin adalah pilihan terbaik bagi rumah Anda! Untuk menghadirkan suasana bersantai maksimal, masukkan saja sebanyak mungkin tanaman ke dalam teras kecil di belakang rumah. Ide yang sederhana dan minimalis ini dapat menciptakan nuansa yang modern dan stylish pada teras Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan jalan setapak dari batang kayu yang dipotong. Tidak perlu dari batang asli, cukup dari beton yang dibentuk menyerupai kayu, maka teras dengan nuansa kontemporer pun Anda dapatkan!

7. Dekorasi bernuansa country yang menakjubkan

Jika Anda ingin menggunakan teras untuk bersantai dengan nuansa taman tropis, ide lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat dekorasi dengan nuansa country di dalamnya. Hal tersebut Anda lakukan dengan menempakan furnitur berbahan rotan dan juga objek dekoratif dengan bentuk yang sederhana namun lucu. Pastinya, Anda akan betah berlama-lama di sini!

8. Hadirkan tekstur dan pelapis dinding bermotif

Tidak ada yang lebih menyedihkan dan membosankan selain memiliki dinding tidak berwarna atau dibiarkan tanpa apa pun . Untuk mengatasi hal tersebut, cukup terapkan ide untuk melapisi dinding tersebut dengan bahan favorit Anda. Sebaiknya, gunakan bahan yang membangkitkan nuansa natural di dalamnya, seperti batu, pasir, atau juga kulit kayu. Sebagai referensi, coba pilihan warna menarik pada gambar berikut ini, yang menempatkan anggaran khusus untuk melapisi teras kecil nan menawan.

9. Kebun mini di dinding

Dinding dengan bentuk kotak-kotak di dinding adalah ide bagus dan  terlihat luar biasa untuk Anda terapkan. Tidak hanya menghiasi dinding teras atau taman kecil, cara ini juga dapat menghemat ruang atau lebih tepatnya, Anda mengambil keuntungan dari dinding tersebut! Tempatkan kebun pada dinding berbahan kayu atau beton dengan warna berbeda di atasnya, untuk menciptakan taman gantung yang sungguh indah dipandang dan juga meneduhkan. Jika Anda kesulitan membuatnya sendiri, memanggil para ahli untuk membuatnya juga tidak ada salahnya. Tertarik mencobanya?

10. Pencahayaan halaman yang menyambut siapapun yang datang!

Pada akhirnya, kami hadirkan juga ide untuk menghias teras depan rumah Anda. Meskipun idealnya taman ditempatkan di luar ruangan, ternyata membuat bangku beton yang sesuai dengan sudut rumah juga tetap menarik. Jika Anda melihat dengan seksama, pada gambar berikut juga terdapat pencahayaan terintegrasi di bawah bangku. Kehadiran taman gantung kecil juga menciptakan efek menyejukkan yang lebih teras ke seluruh ruangan.

Bagaimana mungkin Anda tidak jatuh cinta dengan desain seperti ini?

Desain teras mana yang menjadi favorit Anda? Yuk share bersama ribuan pengguna lainnya di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!