by Tommaso Giunchi Architect

Apartemen dengan Ide Hemat Ruang yang Spektakuler!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Di masa lalu, kita akan disajikan pilihan desain yang tak terhitung jumlahnya saat akan merenovasi rumah atau apartemen. Semuanya berkarakter dan unik untuk dicoba. Beberapa di antaranya lahir karena tuntutan modernitas yang membutuhkan desain dengan inovasi tertentu, sehingga seluruh kebutuhan orang akan hunian terbaik bisa terpenuhi. Di lain sisi, terdapat beberapa proyek yang bertujuan untuk menciptakan kenyamanan, bukan hanya sekedar untuk menghadapi masa depan. Lebih dari itu, desain tersebut memecahkan permasalahan keterbatasan ruang! Penasaran dengan proyek tersebut? Simak selengkapnya pada artikel berikut!

1. Proyek arsitek yang mengagumkan

Kali ini kita berkunjung ke Milan, tepatnya ke Porta Romana, di mana sebuah apartemen yang telah ditinggalkan terlalu lama mengalami renovasi total. Sang klien berkeinginan untuk menghadirkan nuansa baru ke apartemen, karena sebelumnya apartemen ini memiliki dua pintu masuk yang terpisah, sehingga apartemen ini seakan terbagi menjadi dua tempat yang berbeda.

Untuk itu, tim arsitek dari Milan yang dikepalai oleh Tommaso Giunchi dipercayakan untuk melakukan perubahan besar-besaran terhadap tempat ini. Mereka pun memutuskan untuk melakukan pembongkaran internal dan mendesain ulang apartemen dari awal. Hanya lewat cara ini, keinginan klien untuk memiliki hunian idaman dapat terwujud.

2. Ruang makan yang minimalis dan fungsional

Setelah proses desain dan renovasi terhadap apartemen, kini hunian ini dibagi menjadi satu ruangan besar yang terdiri dari ruang tamu dan dapur, tiga kamar tidur, dua kamar mandi, dan juga ruang cuci yang dapat digunakan di koridor pada malam hari. Dengan kondisi yang sudah tidak memungkinkan untuk digunakan kembali, akhirnya sang arsitek pun membuat ulang furnitur yang sesuai dengan ukuran apartemen. Tidak hanya itu, mereka juga berhasil menghadirkan solusi inovatif untuk menciptakan partisi yang lain dari biasanya!

3. Kaca transparan unik yang membatasi dapur dengan ruang lain

Contohnya, dapat Anda lihat lewat pintu geser ganda yang sepenuhnya terbuat dari kaca transparan – kecuali bagian frame tentunya, yang menjadi partisi pemisah antara dapur dan ruangan besar yang terbuka. Solusi ini sangat menarik, karena berhasil menghadirkan privasi lebih pada dapur dan juga membuat cahaya alami dan lampu dapat masuk dengan lebih maksimal. Menakjubkan!

4. Area dapur yang modern dan bersinar

Kita menuju ke area dapur, di mana ruangan ini sengaja didesain dengan sederhana dan halus, elegan, namun juga cerah. Konsep minimalis dan sederhana merupakan karakter utama yang ditonjolkan di ruangan ini. Garis bersih yang dihasilkan dari furnitur juga menciptakan ketenangan dan kerapian, sementara warna putih membuat ruangan tampak lebih cerah. Warna abu-abu gelap pada dinding sendiri digunakan, agar kombinasi warna putih dan dinding menciptakan keseluruhan yang menarik dan senada dengan ruangan lainnya.

5. Ruang penyimpanan rahasia di dinding

Inovasi menarik tidak hanya ditunjukkan pada dapur. Di ruang tengah juga diciptakan sistem pintu geser yang memungkinkan adanya ruang penyimpanan rahasia yang dapat digunakan kapan saja. Anda penasaran di mana letaknya? Coba perhatikan konstruksi di sebelah kanan pada gambar. Dari luar, ruangan ini tampak layaknya pintu biasa dengan dinding yang menonjol di sisinya. Namun di dalamnya…

6. Pintu geser yang bisa diubah posisinya

Ternyata terdapat sebuah akses tersembuyi untuk ke ruang tidur yang juga dapat difungsikan sebagai ruang penyimpanan. Brilian bukan? Cara ini sangat sempurna untuk menciptakan kesan luas yang terasa di ruangan utama, tanpa perlu kehabisan tempat untuk meletakkan posisi kamar tidur yang sesuai.

7. Ruang tamu yang tampak luas

DI sisi lain ruangan, terdapat ruang tamu yang siap digunaka untuk melayani tamu dan juga berfungsi ganda sebagai ruang keluarga. Di berbagai sisinya, terdapat jendela yang memungkinkan cahaya matahari dapat masuk dengan lebih maksimal. Tidak hanya itu, penggunaan warna-warna netral juga menciptakan kesan yang lebih ringan dan luas. Furnitur juga didesain dengan dimensi yang ramping, sehingga kesan luas pada ruangan dapat terjaga dengan baik.

8. Kamar mandi utama

Kita menuju ke kamar mandi, di mana dominasi warna abu-abu di kamar mandi terlihat sangat minimalis dan modern. Paduannya bersamaan dengan elemen kayu, ubin mosaik dan juga cahaya dari jendela menciptakan kesan luas pada interior kamar mandi. Cara yang sama juga ditempatkan pada bilik mandi. Singkatnya, ruangan minimalis ini tetap indah dan berkarakter!

9. Kamar mandi sekunder

Kami sudah ungkapkan sebelumnya jika apartemen ini dilengkapi dengan dua kamar mandi bukan? Kamar mandi sekunder dari apartemen ini ternyata lebih canggih, namun sederhana di saat yang bersamaan. Transparansi yang dihadirkan lewat adanya cermin mengakali kecilnya ruangan. Kesan luas dengan kecerhana ekstra juga membuat ruangan tampak lebih menenangkan. Sementara itu, di belakang bak mandi kita dapat melihat kamar mandi sebelah. Sehingga ruangan pun terhubung seutuhnya. Wow!

10. Ruang cuci yang tersembunyi di balik pintu

Akhirnya kita sampai di bagian terakhir ruangan, di mana terdapat dua pintu lipat tersembunyi yang letaknya di luar kamar mandi. Di baliknya, Anda dapat menemukan sebuah ruang cuci yang mini, lengkap dengan mesin cuci dan tempat mengkucek pakaian. Fitur yang chic dan luar biasa!

Anda ingin ide apartemen mengagumkan lainnya? Simak artikel mengenai renovasi apartemen layaknya permata berkilau berikut ini!

Bagian apartemen mana yang menjadi favorit Anda? Yuk share bersama homify di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!