Taman by Perfect Plants Ltd

20 Ide Renovasi Taman Sederhana nan Menawan

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Salah satu hal yang tentunya kita semua senangin adalah menghabiskan musim panas sembari bersantai dan menikmati cahaya matahari sore bersama keluarga atau teman. Tempat yang paling cocok untuk semua kegiatan tersebut tentunya adalah taman di rumah sendiri! 

Untuk dapat menghabiskan saat-saat menyenangkan di taman tersebut, tentunya Anda perlu melakukan perawatan rutin terhadap tanaman yang ada di sana. Sehingga, tanaman dan bunga-bunga pun senantiasa segar dan selalu menyambut Anda dengan keindahan dan keteduhannya. Namun, untuk melakukan hal tersebut pastinya tidaklah mudah, karena merawat taman dapat menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi, Anda harus bekerja sepanjang hari, yang dapat menyulitkan Anda untuk melakukan perawatan rutin terhadap tanaman di taman.

Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini, homify menyajikan 20 ide renovasi taman sederhana yang dapat memudahkan Anda untuk merawat taman. Yang dibutuhkan adalah sedikit kreativitas dan juga keuletan, sehingga taman yang luar biasa dan membuat semua orang terkagum-kagum bisa Anda miliki. Tanpa berpanjang lebar, langsung saja kita simak beberapa ide berikut ini!

1. Bunga di sepanjang jalan

 Taman by Unique Landscapes
Unique Landscapes

Traditional Garden

Unique Landscapes

Bagi Anda yang memiliki lahan yang cukup besar, tidak ada ide yang lebih sempurna dibandingkan menghadirkan jalan menuju ke pintu masuk yang dihiasi bunga. Untuk memperindah tampilannya, Anda dapat menambahkan balok kayu yang dibentuk layaknya terowongan beratap langit. Menawan sekali!

2. Taman dengan pembatas

Salah satu cara untuk menghadirkan batasan antara taman dan bangunan rumah adalah dengan memasang keramik di sekitar taman. Dengan begitu, tidak hanya terlihat lebih rapi dan juga tertata, taman dengan pot-pot dari batu dan semen permanen dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda. Berani coba?

3. Pohon mini di halaman

 Balconies, verandas & terraces  by Capi Europe
Capi Europe

Capi Lux – Pot vierkant Zwart

Capi Europe

Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, cukup tempatkan beberapa pohon mungil di sekitarnya. Lengkapi mereka dengan pot berbentuk lucu dan menarik untuk memberikan tampilan lebih berkesan kepada tanaman. 

4. Penggunaan batu yang fenomenal

 Taman by Lush Garden Design
Lush Garden Design

Raised block and slate planter

Lush Garden Design

Bagi Anda yang ingin untuk memberikan sentuhan pedesaan dan natural pada taman, menggunakan bebatuan sebagai elemen utama dapat membantu Anda mencapainya. Tempatkan material batu tersebut pada dinding, pot, atau juga lantai. Jika Anda ingin membangun kebun yang cukup luas, tambahkan pula beberapa pepohonan untuk melengkapi tampilan khas pedesaan.

Jika Anda kesusahan untuk membuat taman seperti ini, para ahli di homify pun siap membantu!

5. Pot gantung yang terlihat melayang

  by Woolly Pocket
Woolly Pocket

NEW Living Wall Planter

Woolly Pocket

Salah satu cara yang paling sederhana untuk menghias dan juga memiliki taman di rumah adalah dengan melakukan perubahan dratis pada taman Anda! Cukup tempatkan beberapa pot gantung yang dapat dengan mudah Anda beli di pasar atau toko tanaman terdekat. Anda pun bisa menemukan berbagai jenis dan ukuran pot yang sesuai dengan kepribadia Anda, agar taman terasa lebih personal. Wow!

6. Gunakan warna-warna cerah sebagai elemen pemanis

 Taman by Gardenplan Design
Gardenplan Design

Bay tree cone in fibreglass planter

Gardenplan Design

Cara sederhana lainnya yang dapat Anda coba untuk hadirkan taman yang menakjubkan adalah dengan memasukkan warna-warna yang berani di dalamnya. Contohnya, dengan menggunakan pot berwarna-warni atau tanaman dengan bunga mekar yang indah. Jangan lupa untuk memasukkan warna netral pada dinding atau juga lantai, agar tanaman dan detil menyenangkan tersebut terasa lebih sempurna!

7. Taman vertikal

  by Woolly Pocket
Woolly Pocket

NEW Living Wall Planter

Woolly Pocket

Menghadirkan taman vertikal adalah cara mudah untuk membuat teras Anda lebih indah. Tidak hanya itu, cara ini juga cukup mudah diterapkan sendiri dan tidak membutuhkan biaya yang terlampau besar. Ada  banyak pilihan desain dan konsep yang bisa Anda pilih, tergantung apa yang ingin Anda tampilkan pada taman tersebut.

Saran kami, baca juga artikel 21 ide dekorasi rumah terjangkau berikut ini!

8. Tempatkan berbagai tanaman dengan jenis yang berbeda

Untuk membuat taman Anda lebih menarik dan variatif,  taruh berbagai jenis tanaman yang memiliki ukuran yang berbeda dan bentuk daun yang unik.Variasi ini akan menghadirkan nuansa hijau layaknya hutan yang meneduhkan.

9. Tanaman beraroma khas juga bisa Anda tanam sendiri

 Taman by Bowles & Wyer
Bowles & Wyer

A country garden in the Cotswolds

Bowles & Wyer

Jika Anda tidak memiliki anggaran terlalu banyak, alternatif termudah untuk menghiasi taman Anda adalah dengan menempatkan beberapa tanaman yang memiliki aroma yang khas. Tanaman ini tidak hanya berfungsi untuk mempercantik taman Anda, tetapi juga dapat mengusir hama dan serangga yang membahayakan tanaman lainnya. Selain itu, aromanya juga dapat membuat Anda lebih rileks!

10. Bunga warna-warni yang hadirkan keceriaan

 Taman by Perfect Plants Ltd
Perfect Plants Ltd

Find a place in your garden for climbers – they will reward you with a wonderful show

Perfect Plants Ltd

Cara lain untuk menghadirkan warna ke dalam taman Anda di samping menggunakan pot berwarna meriha, adalah dengan menempatkan bunga dengan warna yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini dapat membuat taman Anda tampak lebih ceriah dan bahkan romantis. Luar biasa!

11. Tanaman yang sesuai dengan cuaca tempat Anda

 Taman by Studio Urban Blu
Studio Urban Blu

Mount Pleasant, Norwich

Studio Urban Blu

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan Anda untuk menghias taman adalah memilih tanaman yang sesuai dengan iklim tempat tinggal Anda. Jika rumah Anda berada di tempat yang panas, pilihan seperti bunga matahari atau kaktus berbunga bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk di tempat dingin, mawar dan aster bisa jadi pilihan yang menarik!

12. Pinus ternyata juga dapat menjadi tanaman hias yang mengagumkan

 Taman by Josh Ward Garden Design
Josh Ward Garden Design

Contemporary Garden Design by London Based Garden Designer Josh Ward

Josh Ward Garden Design

Beberapa waktu belakangan ini, pohon pinus sangat populer dijadikan elemen dekoratif untuk taman. Selain indah, tanaman ini juga memberikan nuansa teduh di tengah teriknya perkotaan. Sangat cocok untuk menghangatkan suasana taman Anda yang gersang!

13. Rahasia sederhana agar taman Anda tetap segar

 Kitchen by homify
homify

Ceramic Bird Lemon Juicer

homify

Untuk menjaga tanaman di taman Anda tetap segar, tentunya pemberian pupuk secara rutin diperlukan. Daripada membeli pupuk buatan yang mahal, gunakan saja pupuk alami seperti kulit jeruk atau sayuran untuk membuat tanaman tetap segar. Mudah bukan?

14. Tampilan indah bukanlah segalanya!

Untuk menciptakan taman yang ideal untuk rumah Anda, tentunya tanaman dengan jumlah yang banyak diperlukan. Anda harus mempertimbangkan jenis tanaman yang cocok untuk rumah Anda. Jangan sampai, salah pilih tanaman, taman rumah Anda malah jadi sarang nyamuk atau hama lainnya. Selain itu, sesuaikan pula jenis tanaman tersebut dengan iklim tempat tinggal Anda ya!

15. Bebatuan dai air menjadi paduan yang tak kalah luar biasa!

 Taman by SOL AG
SOL AG

SOL Ausstellungsgarten Grenchen

SOL AG

Untuk tampilan yang lebih ambisius, Anda dapat membuat air terjun buatan yang mengalir lewat celah batu. Paduan bebatuan dan air menciptakan suasana mengagumkan layaknya di surga! Tentunya, ide ini bisa Anda pilih, jika memang Anda memiliki anggaran yang cukup.

16. Pilihan tanaman yang paling cocok untuk taman Anda

 Taman by My Little Jardin
My Little Jardin

Potée dipladenia et gaura

My Little Jardin

Jika Anda kesulitan untuk memilih tanaman untuk dimasukkan ke taman, Anda perlu lebih kreatif untuk memilihnya. Sebaiknya, pilih bunga yang mudah dirawat namun indah saat sedang mekar. Lengkapi pula bunga tersebut pot dari keramik untuk hadirkan kesan lebih natural ke taman.

17. Pupuk alternatif yang berkhasiat untuk taman Anda

 Kitchen by Decorum
Decorum

The little bunny egg cup

Decorum

Alternatif lain yang tak kalah baiknya untuk merawat tanaman secara alami, adalah dengn menggunakan kulit telur sebagai pupuk. Cukup hancurkan dan taburkan pecahan kulit telur tersebut di sekitar tanaman Anda. Taman pun akan tampak lebih indah dan sehat!

18. Nuansa alam di sudut ruangan

Jika Anda berniat memperluas taman hingga ke setiap sudut ruangan dalam rumah, menempatkan tanaman di sekitar dapur dapat menjadi solusinya! Tempatkan saja taman vertikal dengan tiga pot mini yang digantung, maka kebun rempah pun bisa Anda miliki sendiri!

19. Tanaman berduri ternyata terlihat indah diletakkan di taman!

Bagi Anda yang mencintai tanaman, tetapi tidak memiliki waktu atau keinginan untuk merawat dan menyiraminya secara rutin,  tanaman berduri atan xerofit adalah pilihan terbaik untuk Anda! Tanaman jenis ini ternyata tidak kalah indahnya dibandingkan tanaman hias lainnya.

20. Nuansa hijau di sekeliling rumah

Jika Anda tinggal sekitar pegunungan, lahan hijau tentunya masih mudah untuk ditemukan. Untuk menambah kesan menyejukkan dari gunung, cukup tempatkan beberapa bunga seperti bunga liar, tulip, atau bunga lainnya pada area taman sekitar rumah. Paduan bebungaan dengan lahan hijau sekitar akan terlihat sangat mengagumkan!

Desain taman manakah yang menjadi favorit Anda? Di homify, ada ribuan ide lainnya yang bisa Anda contek!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!