Dapur by OBRA BLANCA

12 Kesalahan Interior Dapur Ini dengan Mudah Ditemukan di Rumah Anda

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Desain interior yang kurang sesuai merupakan pemandangan yang sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Untuk ruangan sentral seperti dapur, kesalahan interior pun makin lazim terjadi. Seringkali, kesalahan desain interior ini bahkan tidak disadari dan tidak diakui oleh pemilik rumah. Dengan bantuan desainer dapur yang mengerti bagaimana sebaiknya ruangan dapur dimaksimalkan, Anda dapat menyulap interior dapur yang kurang sesuai tersebut menjadi lebih fungsional. Beberapa kesalahan interior yang mungkin Anda lakukan di dapur antara lain:

1. Tidak mempertimbangkan jenis lantai terbaik untuk dapur

Ketika dapur membuat Anda sangat terfokus pada bangunan kabinet lemari dapur, Anda dengan mudah mengabaikan sisi penting lainnya dari dapur, yaitu lantainya. Membiarkan lantai dapur dipilih sembarangan akan meningkatkan risiko dapur yang tidak nyaman dan tidak sedap dipandang. Pertimbangkan material lantai dan warna apa yang dirasa tepat untuk dapur Anda dari awal.

2. Perpaduan warna yang tidak sesuai

Salah satu aspek menarik dari desain interior adalah padu padan warna yang sesuai satu dengan yang lainnya. Seringkali, ruangan dapur tidak dipikirkan dengan baik sehingga paduan warna yang tercipta malah tidak sesuai. Dari awal, pilihlah warna kromatik yang akan mendominasi dapur Anda seperti pada area cuci piring dan area oven. Kemudian, carilah padanan warna yang tepat dengan mencocokkannya satu dengan yang lain untuk melihat kecocokannya, dan kemudian masukkan ke setiap elemen dapur, mulai dari kabinet, lantai, peralatan masak, dekorasi dan lainnya.

3. Tidak memilih langit-langit yang tepat

Sama halnya dengan lantai, area langit-langit dapur mendominasi sebagian besar ruangan, sehingga Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Berpikirlah lebih dari sekedar warna. Fokuslah pada jenis pelapis yang bisa Anda gunakan, volume dan pencahayaannya.

4. Mengabaikan detail fungsional

Jika Anda hanya mempertimbangkan sisi estetika dari interior dapur Anda, Anda akan melupakan tujuan utama fungsional dari dapur Anda. Jangan sampai melupakan pegangan kabinet dan laci, pengait untuk menggantungkan lap hingga detail-detail kecil lainnya yang sering dilewatkan demi estetika.

5. Area khusus memasak tidak jadi prioritas

Jika Anda memang menginginkan adanya area khusus tempat memasak atau yang biasa disebut cooking island, maka Anda harus merencanakan bagaimana Anda akan mengikutsertakan area ini di awal desaininterior dapur mulai berjalan. Menambahkannya terakhir malah akan membuat harmoni dalam interior dapur menjadi kacau dan tidak seimbang.

6. Memilih material bangunan yang buruk kualitasnya

Hampir tidak mungkin rasanya jika Anda dengan sadar ingin memilih material yang buruk untuk bangunan rumah Anda. Namun, Anda tetap rentan memilih material yang buruk dalam artian tidak saling men-support satu dengan yang lainnya. Anda bisa menyukai lapisan konter marbel, namun belum tentu lapisan ini cocok dengan bentuk kabinet Anda.

7. Tidak berpikir mengenai siapa yang akan paling sering menggunakan dapur

Saat mendesain dapur, jangan sampai kehilangan fokus akan fungsi utama ruangan yang bersangkutan. Beberapa elemen, seperti ketinggian konter, kemungkinan besar harus disesuaikan. Anda juga harus berpikir mengenai jenis makanan yang akan sering Anda olah di dapur tersebut. Hanya dengan mempertimbangkan berbagai aspek inilah Anda dapat membangun interior dapur yang juga fungsional.

8. Tidak ada sentuhan personal

Mengusahakan adanya estetika modern dalam dapur Anda bukan berarti Anda harus menggunakan warna netral walaupun Anda lebih menyukai warna cerah. Jangan lupa bahwa ruangan ini adalah milik Anda dan sentuhan pribadi yang mewakili karakteristik Anda sebagai pemilik rumah juga penting.

9. Puas dengan ubin yang buruk dan sekedarnya

Menyusun ubin sebenarnya tampak seperti pekerjaan yang mudah dilakukan, namun tetap saja, penempatan yang sembarangan juga bisa dipengaruhi oleh adanya kualitas ubin yang buruk. Hasilnya pun tidak maksimal. Ubin yang tidak seimbang dan pecah biasanya dibiarkan begitu saja, dan ini adalah salah satu kesalahan interior yang sering ditemui di dapur.

10. Tidak memikirkan nilai dari sebuah rak

Rak di dalam dapur mungkin bukanlah tren interior terkini. Namun, adanya rak di dapur sebenarnya akan tetap membantu Anda menggunakan dapur semaksimal mungkin. Rak, dibandingkan dengan kabinet, jelas lebih ringan dan menawarkan ruang penyimpanan yang bisa sekaligus menjadi tempat objek dekoratif.

11. Menganggap diri tidak sesuai dengan gaya minimalis

Banyak orang berpikir bahwa gaya minimalis tidak sesuai untuk mereka karena rumah mereka dihuni oleh banyak orang. Buku ide ini menolak setuju akan pernyataan tersebut. Mulailah dari hal kecil di dapur, seperti memastikan konter dapur bebas dari tumpukan barang-barang agar terasa lega dan mengundang. Anda otomatis akan lebih menikmati ruangan yang luas di dapur.

12. Tidak menjaga kebersihan dapur

Salah satu kesalahan terbesar yang hampir dilakukan oleh semua pemilik dapur adalah tidak menjaga kebersihan dapur. Bukan karena sang pemilik terlalu malas, namun kadang karena tidak ada cukup waktu dan tidak fokus untuk merapikan dapur menjadi penyebab berantakannya dapur. Ambillah waktu untuk membersihkan dapur secara rutin dan merapikan peralatan yang ada di dalamnya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!