Rumah by Nicole Cromwell Interior Design

10 Trik yang Dapat Menghemat Biaya Hidup Anda di 2017

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Tahun baru kadangkala menjadi satu kekhawatiran baru untuk menjalankan hidup ke depan. Salah satunya adalah bagaimana mengelola keuangan yang seimbang akan pendapatan dan pengeluaran. Sayangnya, resolusi Tahun Baru dirasakan seringkali tidak mencapai kesempurnaan. Ada beberapa alasan hal tersebut gagal, mungkin alasan terbesar adalah kurangnya kekhususan? Jadi buku ide hari ini Homify akan mempersembahkan 10 trik khusus yang dapat menghemat biaya hidup Anda di tahun baru 2017 ini. Siapkan tabungan yang tepat dan terencana untuk biaya hidup setahun ke depan. Mari kita simak bersama buku ide kali ini!

1. Memasak makanan di rumah

Pengeluaran yang paling mudah ditekan untuk mengurangi biaya hidup adalah tidak makan di restoran. Ketika Anda memasak di rumah, Anda bisa dengan hati-hati memilih bahan makanan dan sekaligus bisa mengurangi biaya hidup. Penting juga untuk membuat daftar belanjaan untuk bahan makanan dan masing-masing harganya. Produk dengan tingkat kadaluarsa yang masih lama dapat dibeli lebih banyak karena bisa disimpan lebih lama seperti beras, pasta, terigu, dan lainnya. Simpan bahan makanan dengan baik di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat.

2. Perhatikan isolasi

Isolasi yang baik harus diperhatikan sejak pertama kali membangun rumah agar setiap musim dingin tiba tak perlu khawatir akan pemanas ruangan. Dengan harga terjangkau ini dapat membantu mengurangi tagihan pemanas yang ditempelkan di jendela dan dinding.

3. Buat rumah yang hangat

Selain menggunakan isolasi yang baik, menginstal membran anti angin atau tirai di samping jendela juga merupakan cara yang baik untuk menciptakan rasa nyaman dari produk kain. Nuansa kuning atau oranye bisa menghangatkan sekaligus menghias rumah. Seperti ruang tamu dalam foto ini, Anda dapat meletakkan karpet sebagai pemanas lantai yang panjang dan menciptakan aura hangat yang halus. 

4. Kebiasaan hemat listrik

Biaya listrik semakin meningkat setiap tahunnya. Mulai sekarang kurangi pemakaian listrik agar pengeluran rumah tangga sedikit berkurang. Salah satu trik sederhana yang bisa diterapkan adalah matikan lampu di setiap ruangan yang tak digunakan. Batasi juga penggunaan alat elektronik atau alat berteknologi canggih yang memerlukan tenaga listrik yang besar.

5. Beli komputer

Jika Anda ingin membeli komputer baru di tahun 2017, gunakan komputer CPU yang memakan lebih sedikit daya. Tentu saja jika Anda adalah gamer sejati atau butuh program yang berat pada komputer, ini akan sedikit berat. Pintar-pintarlah memilih komputer idaman Anda agar bisa berfungsi dengan baik dan efektif.

6. Pilih peralatan dapur

Peralatan dapur penting untuk membuat makanan lezat! Namun, ketika membeli peralatan dapur, Anda mungkin merasa berada di persimpangan jalan yang banyak pilihan. Pilihlah perlengkapan dapur yang awet dan tahan lama. Meskipun sedikit lebih mahal, namun produk berkualitas tinggi akan lebih menghemat biaya di masa depan. Semakin selektif Anda memilih produk-produk berkualitas tinggi, semakin sedikit biaya yang akan dikeluarkan.

7. Cuci piring

Sepele, tetapi trik mencuci piring ini dapat mengurangi biaya hidup Anda! Gunakan sabun yang terbuat dari minyak jelantah bukan deterjen pencuci piring. Di iklan TV dan internet memang ada banyak deterjen komersial untuk menghilangkan atau menghapus noda di piring, gelas, sendok, dan garpu, namun ternyata hanya dengan baking soda, Anda bisa memusnahkan semua noda membandel di peralatan dapur Anda.

8. Hilangkan bau di ruang pengap

Rumah yang bau membuat rumah menjadi tidak bagus, bukan? Tentu saja! Anda tak perlu membeli lilin wangi dengan harga tinggi di pasar. Mari kita terapkan cara yang tepat jika Anda memutuskan untuk menghemat biaya hidup di tahun baru! Untuk menghilangkan bau apek di rumah, cukup letakkan lilin murah di bagian belakang yang berventilasi. Anda juga dapat menggunakan aroma alami dari buah jeruk dan kulit jeruk. 

9. Tips kecil di dapur

Ada banyak peralatan di dapur besar, lalu bagaimana menyelamatkan biaya hidup? Berikut ini ada dua metode. Yang pertama adalah menghindari sebanyak mungkin penggunaan isolasi termal kompor karena memakan banyak listrik. Jika Anda menggunakan kompor listrik, Anda tak perlu lagi menggunakan penanak nasi listrik. Tip kedua adalah menghemat biaya hidup di dapur dengan wastafel yang bisa berfungsi sebagai pemurni air. Pemurni air jauh lebih higienis daripada memasak air untuk minum dan masak sehari-hari. Penggantian filter air juga murah dibandingkan dengan pembersih lainnya.

10. Buat rumah tampak lebih luas

Dengan cat dinding dan langit-langit berwarna putih, perhatian kita akan lebih fokus pada cahaya terang yang membentang secara alami di ruangan. Sofa dengan warna cerah atau jendela besar juga bisa menciptakan kesan luas. Jangan hanya mengandalkan lampu di langit-langit untuk membuat rumah terlihat cerah, permainan warna dan pemilihan furnitur juga memiliki peran yang cukup besar.

Temukan berbagai ide menarik di buku ide ini:

15 DIY Dapur yang Sangat Mudah dan Terlihat Mahal

Pondok di Bukit: Ruang Hangat dan Nyaman untuk Selamanya

Mana trik paling jenius menurut Anda? Tulis jawabannya di bawah ini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!