by 株式会社アート&マテリアル / art & material .inc

Transformasi Penuh Pesona Kafe Buku di Rumah Tua

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Renovasi rumah tua seolah bisa melahirkan kembali hunian yang menakjubkan. Jika Anda tinggal di sebuah rumah yang terlalu tua, mengapa tidak memberikan kesempatan untuk renovasi sebelum Anda memutuskan untuk pindah? Proyek yang akan diperkenalkan dalam buku ide hari ini adalah renovasi rumah yang minim anggaran dan telah terbukti rumah tua dapat terlahir kembali seperti rumah baru. Para arsitek dapat mengubah rumah tua sesuai dengan pendekatan sang klien? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Kafe buku penuh emosi di rumah

Studio arsitektur Jepang, Art & Material. Inc  telah mempertimbangan renovasi sesuai dengan kepentingan klien. Mengingat klien memiliki hobi membaca buku, maka rumah direnovasi seolah bagaikan kafe buku! Ruangan ini pun menjadi sensasional berkat kafe buku yang membuat penghuni seolah benar-benar sedang berada di kafe.

Terdapat rak buku yang dirancang khusus di dinding agar klien bisa menyimpan koleksi buku. Furnitur dan lantai kayu disempurkan dengan nuansa warna putih membuat harmoni yang indah pada setiap elemen. Lampu gantung berbentuk rel dan lampu sorot di langit-langit membuat atmosfer kafe semakin terasa.

2. Rumah sebelum renovasi

Ruang tatami tradisional khas Jepang ini sebelum direnovasi seolah mati dan telah rusak dimana-mana. Dalam kondisi pencahayaan yang buruk, ruangan ini tentu tak menarik minat siapapun untuk masuk ke dalamnya. Terlalu banyak pintu yang tak diperlukan juga membuat area ini begitu sempit.

3. Struktur lapang yang dirasakan

Setelah menghilangkan semua tatami dan pintu yang tak diperlukan, ada banyak cahaya yang masuk ke dalam ruangan sehingga udara segar juga bisa masuk dan membuat area ini seolah terlahir kembali. Rak dinding yang dipenuhi oleh buku-buku memperkuat karakter dan tentu saja ini berkat peran penting sang pemilik rumah. Area yang sempurna!

4. Dapur Irlandia dengan banyak ruang penyimpanan

Dapur Irlandia sering digunakan untuk rancangan ruang terbuka. Dapur di dalam foto ini hanya perlu menambahkan pulau panjang lurus menghadap dapur yang berfungsi sebagai area yang mudah dijangkau untuk memasak dan menyiapkan makanan. Dengan ubin mosaik berwarna lembut, meja dapur menjadi makin penuh gaya disandingkan dengan stainless steel.

5. Sebelum & sesudah: denah rumah

Mari kita lihat denah rumah sebelum dan sesudah renovasi. Seperti dapat dilihat, rumah setelah renovasi mengalami peningkatan yang lebih sistematis dan efisien. Kecenderungan Jepang untuk memikirkan privasi terlihat pada ruang publik untuk tamu, dapur ditempatkan di depan, dan ruang paling pribadi yakni kamar mandi dan kamar tidur ditempatkan di dalam. 

6. Akhirnya, mimpi diwujudkan dalam rumah tua

Struktur kompleks tidak dapat menjadi bantuan besar untuk renovasi yang sukses. Dengan keberanian untuk menyingkirkan area yang tak penting, maka terciptalah rumah baru ini. Proyek ini membuktikan bahwa rumah yang begitu tua dan lusuh bisa terlahir kembali sebagai kafe buku yang sensasional! 

Buku ide lain yang patut Anda simak di Homify:

21 Ide Renovasi Rumah dengan Sedikit Biaya

Bahan Inovatif Hasilkan Rumah Tinggal Modern yang WOW!

Tertantang untuk merenovasi rumah tua Anda? Tulis jawaban Anda di bawah ini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!