Rumah by Linwood Green Homes

Apakah Rumah Anda Sudah Tahan Gempa?

Rachel Audrey Rachel Audrey

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Gempa bumi kerap terjadi (hal itulah yang menyebabkan pulau-pulau kecil tersebar di seluruh dunia bukan?), dan akhir-akhir ini terjadi dengan frekuensi yang cukup sering di berbagai belahan dunia. Ini jadi perhatian, dan ‘menyentil’ para pemilik rumah. Apakah rumah sudah dirancang untuk tahan gempa? Jika belum, mari belajar bersama mengenai bangunan tahan gempa dan kode keamanannya:

1. Mempertimbangkan Lokasi Anda

Risiko gempa berkekuatan tinggi secara signifikan terjadi di seluruh Kanada. Contohnya di Montreal, kemungkinannya hingga 7,5SR. Padahal bangunan di sana didesain hanya bisa menahan gempa hingga 7SR. Berbeda cerita dengan Vancouver, yang letaknya berada di dekat lempengan yang berpotensi terhadap salah satu gempa terbesar di bumi. Di sana bangunan-bangunan diperbarui untuk tahan gempa dengan kekuatan minimal 7SR.

2. Pertimbangan Mengenai Bahan Bangunan

 Rumah by Linwood Green Homes
Linwood Green Homes

Modern design with panel siding.

Linwood Green Homes

Membuat bangunan tahan gempa berarti dimulai dari pemilihan bahan bangunannya. Ini yang menjadi fokus dari ilmuwan dan arsitek di seluruh dunia. Penelitian terus dilakukan, untuk memastikan apakah bahan-bahan bangunan yang kini sering digunakan, sudah bisa untuk menahan gempa.

3. Kayu Adalah Pilihan yang Aman

 Rumah by Pracownia Projektowa ARCHIPELAG
Pracownia Projektowa ARCHIPELAG

DOM MARCEL G2 – przytulna nowoczesność w najlepszym wydaniu!

Pracownia Projektowa ARCHIPELAG

Menyambung dari poin di atas, salah satu bahan bangunan yang tangguh untuk menahan gempa adalah kayu. Jadi tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga punya ketahanan yang tinggi. Tidak perlu kerangka baja, dan juga bisa didesain dengan standar tahan gempa.

4. Bagaimana Dengan Rumah Prefabrikasi?

Rumah prefabrikasi kadang-kadang mendapatkan ‘pandangan’ buruk. Meskipun mereka biasanya lebih murah dan lebih cepat untuk dibangun daripada rumah dibangun di lokasi, tidak selalu jelek dalam soal perlindungan atau stabilitas ketika ada gempa. Secara teoritis, seharusnya bukan masalah apakah ruang tamu Anda dibuat di pabrik atau di atas tanah. Seperti semua rumah yang baru dibangun, rumah prefab harus mematuhi standar seismik yang sama.

5. Yang Terpenting Adalah Pondasi yang Kuat

Ketika bumi bergetar, tanah di bawah rumah Anda sudah pasti tergoyang. Jika pondasi hunian tidak kuat, bukan tidak mungkin bisa langsung runtuh begitu saja. Oleh karena itulah, pondasi yang kuat adalah dasar dari rumah tahan gempa. Di era modern seperti sekarang, banyak orang yang mengurangi kualitas bahan serta kekuatan rumah agar masuk dengan dana yang disiapkan. Ini bahaya karena jika ada gempa, belum tentu memenuhi standar.

Itu dia mengenai standarisasi rumah tahan gempa. Segeralah merenovasi rumah Anda agar memenuhi kualifikasi tersebut.

Apakah rumah sudah dirancang untuk tahan gempa? Jika belum, mari belajar bersama mengenai bangunan tahan gempa dan kode keamanannya:
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!