10 Hal yang Dirahasiakan Kepada Anda Saat Membeli Rumah Tua

Rachel Audrey Rachel Audrey
110 m² découpe Haussmann, Better and better Better and better Dapur Modern
Loading admin actions …

Membeli rumah tua memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal ini penting untuk dipertimbangkan bersama pasangan sebelum memutuskan al besar ini. Karena selain menjadi investasi jangka panjang, juga akan menguras tenaga jika justru akan membawa masalah di keesokan harinya.

Sebuah rumah tua memiliki karakter yang kuat dan pesona. Kelebihannya seperti harganya lebih murah, dan Anda tinggal merenovasinya saja. Pun bisa dicicil dan tidak harus dikerjakan saat itu juga. Siapa tahu jika ke depannya mau dijual lagi, laku dengan harga tinggi. Homify akan memberi tips trik pada Anda mengenai pertimbangan membeli rumah tua.

1. Rumah Tua Berarti Teknologi dan Bangunan Lama

Poin yang paling jelas dari membeli rumah tua adalah teknologi dan material bangunannya. Mulai dari kurang ramah lingkungan, belum ada hal canggih seperti panel solar dan jendela untuk isolasi agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah. Anda harus mengeluarkan biaya untuk memperbarui hal-hal tersebut atau melakukan perawatan ekstra.

2. Karakter yang Sulit Ditemukan

Kelebihan membeli rumah tua adalah pada karakternya. Kayu-kayu berkualitas dan teruji ketahanannya, kusen dan pintu yang klasik serta masih banyak lagi. Meski terlihat kuno dan antik tapi susah ditandingi oleh rumah bergaya baru.

3. Mungkin Anda Butuh Untuk Merenovasinya Segera

Renovasi bukan hanya tentang memperbaharui model tapi juga material yang sudah mulai lama. Seperti mengecat ulang dinding, mengganti furnitur dan juga merombak hal-hal yang sudah ketinggalan zaman. Konsultasi dulu dengan arsitek sebelum melakukan perbaikan ya! Agar Anda tahu mana yang akan diperbarui dan mana yang belum perlu direnovasi.

4. Harga Asuransi Rumah

Salah satu faktor penting untuk memutuskan jadi membeli rumah tua atau tidak adalah melihat polis asuransinya. Mahal atau tidak, kemudian jika terjadi sesuatu, mendapat ganti yang sesuai atau tidak. Bisa dimulai dari pengecekan di kabel, pipa, dan peralatan lama yang dianggap berisiko.

5. Dua Bagian Penting Untuk Diperbarui

Ada dua bagian rumah yang wajib Anda dahulukan untuk direnovasi jika membeli rumah tua, yaitu dapur dan kamar mandi. Apa alasannya? Dapur butuh teknologi terbaru, jika kotor dan tidak memakai perabotan atau barang-barang terbaru maka berisiko besar. Begitu juga dengan kamar mandi. Bisa saja toiletnya mampet atau wastafelnya sudah tidak bekerja dengan baik.

6. Memadukan Gaya Lama dan Baru

Ingatlah bahwa salah satu hal terbaik ketika datang untuk membeli sebuah rumah tua adalah bahwa Anda dapat mencampur gaya yang lama dengan yang baru. Menggabungkan unsur-unsur yang Anda sukai tentang rumah tua, seperti dinding batu atau langit-langit balok tradisional, dengan perabotan modern dan teknologi diperbarui.

7. Renovasi Untuk Mendapatkan Tampilan Lebih Modern

Anda dapat merombak bagian manapun di rumah untuk membuatnya lebih modern. Hal ini terutama berlaku jika Anda telah membeli sebuah rumah sebagai investasi jangka panjang. Anda juga dapat merombak kamar tidur, ruang tamu atau ruang makan sehingga sedikit minimalis. 

Renovasi rumah Anda akan membuatnya lebih berharga jadi jika Anda di masa depan memutuskan untuk menjualnya , Anda mungkin dapat keuntungan yang besar!

8. Nilai Historikal dari Rumah Tua

homify

Meskipun Anda mungkin ingin mengubah seluruh tampilan dan nuansa ruang di rumah Anda, seperti dalam desain ini, Anda perlu memeriksa sejarah di lingkungan Anda jika ada larangan untuk merenovasi hal-hal tertentu. Hal ini mungkin terdengar seperti sebuah fakta aneh, terutama ketika Anda sudah membeli dan membayar untuk rumah Anda, tetapi ada beberapa aturan di tempat ketika datang ke rumah-rumah bersejarah.

9. Cocokkah Perabotan yang Dibawa dengan Rumah Anda?

Faktor lain yang penting untuk memperhitungkan adalah apakah cocok sebuah televisi canggih dan mesin cuci terbaru Anda akan masuk ke dalam rumah yang lebih tua. Anda juga harus memastikan bahwa kabel dan infrastruktur dapat mendukung peralatan modern. Di sini pentingnya berkonsultasi dulu dengan ahli listrik untuk memastikan berbagai alat elektronik itu bisa dipakai di rumah tua.

10. Poin Terakhir

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah lama, maka Anda hanya perlu untuk bersabar dan tidak berpikir terlalu berat mengenai kekurangan rumah tersebut. Diperbaiki saja perlahan, dan berkelanjutan!

Bagaimana, sudah memutuskan untuk jadi membeli rumah tua atau tidak?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah