Dapur by PARKdesigned Architects

Transformasi Rumah Era 30an Menjadi Sebuah Rumah Modern

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Rumah tua dengan tiga kamar tidur ini awalnya memiliki desain interior yang sangat menyeramkan. Terlalu banyaknya partisi dan furnitur tidak praktis yang terdapat pada beberapa sudut ruangan, membuat tampilan rumah lawas ini sungguh mengenaskan. 

Terima kasih kepada para profesional PARKdesigned yang telah berhasil merubah model dan konsep rumah ini menjadi sebuah rumah modern yang layak untuk dihuni oleh keluarga modern. Perombakan konsep ruang yang terjadi, terlihat jelas pada dua ruangan inti yaitu ruang tamu dan dapur. Untuk mengetahui lebih jelas seputar perombakan yang terjadi, berikut adalah ulasannya secara lengkap.

Sebelum: Terlihat kusam

Ruang tamu ini terlihat tidak terawat dan lembab. Seperti yang terlihat pada gambar, model karpet yang digunakan sudah sangat jadul, wallpaper terlihat kusam dan dari segi pencahayaan, ruangan terlihat gelap dan menyeramkan.

Sekali lagi terima kasih kepada tim dari PARKdesigned telah merombak ruang komunal ini menjadi lebih terang dan modern sehingga nyaman untuk ditempati.

Sesudah: Ruang tamu disulap dengan gaya industrial

Ruang tamu baru adalah sebutan yang pantas disematkan pada ruangan yang satu ini. Dengan meniadakan partisi dan melibatkan beberapa unsur warna dan furnitur yang sederhana, membuat ruang tamu dengan aksen bata ekspos ini terlihat lebih ceria dari sebelumnya. Terlebih lagi soal pencahayaan, ruang tamu baru ini terlihat lebih terang karena tim PARKdesigned telah menyematkan dua buah jendela pada langit-langit, untuk mencerahkan area ruang tamu saat siang hari.

Dan disudut lain ruangan ini, terdapat pula corak ceria lainnya dengan menggunakan nuansa abu-abu yang elegan. Hal ini menegaskan bahwa rumah ini multikonsep sekalipun berada dalam satu ruangan yang sama. Tak jauh dari dinding abu-abu berornamen lukisan tersebut terdapat pula sebuah meja kayu beralaskan kaca sebagai pelengkap, bahwa ruangan tersebut adalah ruang yang nyaman dan hangat untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman maupun keluarga

Sebelum: Dapur jadul

Seperti yang terlihat pada gambar, dapur jadul ini dikonsep secara acak dengan menggunakan berbagai perlengkapan dapur ala tahun 70an. Dapur mungil ini sangat terlihat tidak nyaman karena sangat membatasi ruang gerak siapapun yang beraktivitas didalamnya. Untuk itu, dapur ini tak cocok digunakan untuk memasak dalam durasi yang lama, apalagi jika koki yang memasak didalamnya lebih dari 2 orang. Tapi, jika hanya sekedar dijadikan tempat untuk menyajikan masakan yang ringkas atau cepat, model dapur seperti ini nampaknya bisa-bisa saja memenuhinya.

Setelah: Dapur modern yang sangat nyaman

Dapur yang sebelumnya kecil, kini tampak lebih luas. Pencahayaan yang tadinya terbatas hanya lewat jendela, kini pun ditambah dengan hadirnya sebuah celah pada langit-langit dapur modern tersebut. Selamat tinggal konsep jadul, dapur bernuansa putih ini kini menggunakan furnitur letter L dengan konsep tertutup dan sebuah island bercorak hitam putih yang ditemani tiga buah kursi kayu. Selain itu, keseragaman konsep hitam-putih lainnya juga terlihat dari beberapa instalasi lampu gantung yang memenuhi beberapa sudut langit-langit di teritori dapur modern tersebut. Dan sebagai pemanis, ditambahkan pula sebuah ruang duduk santai dengan corak oranye untuk menceriakan suasana.

Setelah melihatnya dari sudut luar, sekarang saatnya kita masuk ke sudut dalam dari area dapur tersebut. Dari angle ini terlihat bahwa dominasi putih di dapur ini semakin terlihat terang berkat celah cahaya pada langit-langit yang  kembali terlihat. Selain itu, unsur penerangan alami tambahan di dapur ini juga terlihat masuk dari jendela dan pintu berkaca yang berada tak jauh darinya. Hal ini tentu mempermudah aktivitas pengguna rumah saat sedang memasak pada siang hari. Dari segi komposisi dapur, terlihat berbagai perlengkapan modern dapur modern seperti kompor listrik, mesin pencuci piring, oven dan penghisap asap bernuansa stainless steel. Sedangkan dari segi furnitur, terlihat pula sebuah rak penyimpanan bermaterial kayu pada bagian atas furnitur letter L. Pada rak tersebut pengguna dapat meletakkan berbagai ornamen atau radio seperti yang terlihat pada gambar.

Anda tertarik dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!