by homify

6 Gaya Dapur Sesuai Kepribadian Anda

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Tanpa disadari, ternyata dapur adalah milik semua orang. Siapapun Anda, pasti pernah melakukan aktivitas di dapur. Oleh karena itu, maka tak heran jika dapur kerap dijadikan tempat berkumpul semua orang, baik itu teman maupun keluarga.

Bertepatan dengan hal itu, dalam buku ide kali ini kita akan membahas karakter-karakter dapur unik yang pernah dikreasikan oleh beberapa profesional di mancanegara.

1. Dapur Bergaya Industrial di New York

industrial Kitchen by homify
homify

Industrielle : l’esprit loft new-yorkais

homify

Seperti yang sudah kita ketahui konsep industrial adalah sebuah konsep yang bebas dengan membiarkan semua elemen material terlihat apa adanya dalam sebuah ruangan. Pada contoh dapur kali ini, dapur dibiarkan terbentuk secara alami dengan berbagai unsur elemen didalamnya. Dari angle gambar di atas, terlihat bahwa penggabungan unsur-unsur seperti kayu, bata ekspos, besi dan tembaga menyatu dalam satu konsep dapur yang ergonomis. Selain itu, bekal langit-langit tinggi dan bukaan jendela yang lebar juga seolah mampu membiaskan kesan gelap dari dapur kece yang satu ini.

2. Dapur bergaya bohemia

 Kitchen by homify
homify

Bohème : le bric à brac organisé

homify

Memasak didalam dapur dengan konsep bohemia pasti akan menyenangkan. Bagaimana tidak? dengan bekal warna-warna ceria dari keramik dan furnitur, dapur bohemia seolah mampu menghipnotis mood Anda jauh dari rasa jenuh. Untuk mewujudkannya, Anda dapat aplikasikan beragam corak keramik dalam beberapa sudut latar dapur Anda, atau Anda dapat menabrak-nabrakkan warna-warna ceria ke dalam aplikasi dinding atau furnitur disekitarnya.

3. Minimalis

 Kitchen by homify
homify

Minimalisme : au service des espaces

homify

Dapur minimalis adalah dapur yang terkenal dengan konsep penataan terbaik. Seperti yang terlihat pada gambar, dapur minimalis umumnya menggunakan konsep desain furnitur yang sederhana. Keseluruhan furnitur tersebut biasanya diaplikasikan pada dinding atau bahkan celah dinding. Dan yang kerennya lagi, konsep dapur minimalis biasanya ditemani pula dengan sebuah island yang fungsional, sehingga selain digunakan sebagai tempat memasak atau bersantap, kini dapur dapat pula digunakan untuk beragam aktivitas lain, seperti meeting, bekerja atau bahkan belajar yang nyaman.

4. Gaya skandinavia

 Kitchen by homify
homify

Scandinave : dans l’air du temps

homify

Jika ingin dibentuk ala skandinavia, maka bentuk dan pilihan warna dapur Anda harus secerah dapur contoh di atas. Permainan warna dan aksen keramik yang ingin digunakan benar-benar harus diperhitungkan dengan matang agar dapur terkesan hangat dan sedap dipandang mata.

5. Modern: perpaduan warna dan material

modern Kitchen by homify
homify

Moderne : jeu de couleurs et de matières

homify

Modern memiliki makna baru. Istilah ini awalnya identik dengan gaya hidup para bangsawan pada masa lampau. Namun seiring berjalannya waktu, kini istilah modern kian diperluas cakupannya, terutama dalam hal penataan interior rumah. Berkaitan dengan buku ide kali ini, nuansa modern ternyata dapat pula dihadirkan dalam ruang dapur. Dimana, nuansa dapur modern tersebut dapat terwakili dalam satu contoh dapur di atas. Seperti yang terlihat pada gambar, dapur modern lebih condong menggunakan tema warna sederhana, dan lebih menekankan kesan simpel dalam pemilihan furnitur. Selain itu, penekanan efek-efek stainless stell juga kerap ditonjolkan, untuk meninggalkan kesan bersih dan rapih di setiap sudutnya.

6. Rustic

rustic Kitchen by homify
homify

Rustique : l’antan au goût du jour

homify

Gaya dapur ini sedikit bertolak belakang dengan contoh dapur moder sebelumnya. Dalam gaya rustic kesan jadul dan rumit justru harus ditonjolkan agar nuansa hangat dari material-material alami yang digunakan terasa didalamnya. Jika dilihat sekilas, bentuk penataan pola rustic agak-agak mirip dengan pola penataan industrial, hanya saja dalam pola rustic penekanan furnitur-furnitur lawas sangat terlihat. Untuk menciptakan  dapur seperti ini memang gampang-gampang susah, karena Anda membutuhkan waktu khusus untuk berburu furnitur lawas ke pasar-pasar luak di kota Anda. Jika sudah dapat, Anda juga perlu jeli dalam memilih ornamen-ornamen lawas pendukung lainnya agar pola rustic di dapur Anda benar-benar terasa.

So, bagaimana? Kira-kira tipe dapur yang manakah yang sesuai dengan kepribadian atau yang diminati anggota keluarga Anda? Jika sudah Anda temukan modelnya, maka lanjutkan rencana pengubahan gaya dapur Anda tersebut dengan mengkonsultasikannya ke para profesional di kota Anda. Sesuaikan rencana tersebut dengan budget dan luas dapur yang Anda miliki, agar dapur idaman Anda dan keluarga mudah terealisasi dalam waktu dekat. Atau jika masih bingung menentukan pilihan, Anda dapat cari tahu kembali model-model dapur lainnya dalam buku ide lain yang tersedia di Homify, selamat berimajinasi.

So, yang mana pilihan Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!