Dapur by BR  ARQUITECTOS

10 Desain Dapur Tropis yang Memukau Semua Mata!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Desain dapur tropis merupakan gaya yang ideal untuk Anda, karena memberikan kesan luas pada ruangan, dan juga memungkinkan penataan ruangan yang lebih maksimal jika diintegrasikan dengan ruangan lainnya. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk merenovasi dapur dalam waktu dekat ini, dapur tropis dapat menjadi pilihan.

Selain menghadirkan konsep yang luas pada dapur, desain ini juga dapat mengubah suasana bersantap makanan bersama keluarga atau juga orang-orang tersayang, karena konsep ini akan mendekatkan Anda dengan mereka. Apalagi, konsep ini juga sangat ideal jika Anda tinggal di rumah bersama orang lain, sehingga fungsinya maksimal dapat membuat siapa pun dapat beraktivitas dengan nyaman di dapur. Berikut ini, homify hadirkan 10 desain dapur tropis yang memukau, dan tentunya dapat Anda contek dan terapkan pada dapur di rumah sendiri. Mari kita simak selengkapnya!

1. Pemanfaatan ruang terbatas dengan gaya yang elegan

Pemanfaat lahan tidak terbatas, karena Anda dapat menghadirkan seluruh fasilitas dapur dalam lingkungan yang kecil sekali pun.

Simak bagaimana desain berikut ini mengadopsi warna hitam dengan furnitur berbahan baja yang memberikan nuansa canggih di dalamnya. Paduannya bersamaan dengan material kayu menghadirkan dapur yang nyaman dan juga tahan lama. Dinding, langtai, dan juga langit-langit diberikan pencahayaan ekstra, sehingga dapur terlihat lebih futuristik, Hasil karya Ugalde Sobrado ini juga tampak cerah dan hangat dalam waktu bersamaan. Menarik bukan?

2. Gaya modern yang memukau

 Dapur by arQing
arQing

E2 Kitchen

arQing

Untuk menampilkan desain dapur bergaya tropis dan modern, Anda harus memperhatikan pencahayaan ruangan agar tampak lebih indah. Saran kami, tempatkan saja sumber pencahayaan langsung di atas dapur, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Lengkapi pula dapur tersebut dengan  lampu gantung aluminium ringan yang berjejer, untuk menghindari kegelapan yang mempersulit aktivitas Anda. Untuk tampilan yang lebih fungsional, tambahkan pula beberapa rak penyimpanan yang berfungsi untuk menaruh bahan makanan, peralatan, dan juga bumbu.

3. Paduan menyejukkan dengan nuansa organik

Tidak perlu diragukan lagi, jika elemen utama dari dapur berikut ini adalah batu granit, yang merupakan batuan mulia dan juga tahan lama. Desain karya arsitek bernama Enrique Cabrera ini bisa Anda jadikan referensi. Dengan ruangan yang sebagian besar menggunakaan pencahayaan alami dari luar, keseluruhan ruangan yang dicat putih terlihat lebih menarik.

Penggunaan granit juga tidak diragukan lagi, akan menambah keindahan dapur Anda. Jangan lupa untuk menyatukan material tersebut dengan bagian ruangan lainnya. Sehingga, dapur Anda dapat lebih indah juga fungsional. Granit juga cukup mudah untuk dibersihkan, sehingga Anda dapat memasak tanpa perlu mengkhawatirkannya.

4. Sentuhan otentik berkarakter

Poin penting yang perlu Anda perhatikan saat mendesain dapur bergaya tropis adalah kematangan dari segi desain dan juga fungsi. Jangan sampai, karena mementingkan keindahan saja, dapur Anda malah susah untuk digunakan.

Desainer interior bernama Citlali Villareal berhasil menghadirkan sebuah desain dapur yang otentik, dengan baja silinder di tengah ruangan, yang tidak hanya memiliki fungsi dekoratif, tetapi juga berfungsi sebagai sumber pencahayaan ruangan. Dinding yang ditulis dengan berbagai tulisan inspiratif juga menambah keindahan ruangan, dan juga menyatu dengan indah bersama dengan mosaik biru dan putih di sekitarnya. Wow!

5. Kombinasi warna yang ceria

 Dapur by Micheas Arquitectos
Micheas Arquitectos

Casa Laureles – Micheas Arquitectos

Micheas Arquitectos

Anda juga dapat mengubah dapur dengan tampilan paling ceria di rumah! Jadikan dapur menjadi lebih ramah dan kreatif dengan sentuhan warna cerah yang dimasukkan ke dalamnya. Sehingga, Anda bersama keluarga dan teman-teman dapat dengan nyaman berlama-lama di sana.

Masukkan warna seperti merah atau kuning dalam porsi yang pas, jangan terlalu berlebihan. Lihatlah bagaimana Micheas Architectural memberikan sentuhan warna pada desain berikut ini. Kehadiran beberapa warna kontras menghadirkan dinamika dan kebahagiaan pada rumah. Simak pula bagaiman sang arsitek menempatkan banyak rak penyimpanan, sehingga Anda tidak hanya dapat menyimpan peralatan dan bumbu, tetapi juga buku resep masakan di sana. Luar biasa!

6. Penggabungan ruang yang mendekatkan

Untuk tampilan yang lebih minimali, gunakan warna monokromatik pada dapur. Pertimbangkan pula untuk menggabungkan ruangan, untuk tampilan yang lebih fungsional dan elegan.

Seperti yang dilakukan oleh tim Arquidec berikut ini, yang menampilkan sentuhan inovatif dari granit pada lapisan atas countertops. Sedangkan marmer digunakan sebagai lapisan lantai, yang menambah kesan elegan pada dapur. Dapur yang terhubung dengan ruang makan dan teras seperti pada gambar ini juga sangat bagus, karena memberikan kesan yang lebih terbuka pada dapur. Sehingga, Anda tidak perlu merasa terisolasi saat memasak atau menyiapkan makanan. Sudah siap masak di dapur seperti ini?

7. Detil kecil yang mengubah segalanya

Berikut ini adalah alternatif lain bagi Anda yang menginginkan dapur tropis dengan sentuhan minimalis. Hadirkan garis sederhana dan halus pada furnitur, seperti yang ditampilkan oleh tim arsitek beriku ini. Desain yang dihadirkan pun sangat bersih tanpa tambahan visual yang terlalu mengganggu.

Proyek ini kami pilih karena teknologi terdepan yang digunakan, seperti penggunaan sumber daya alam yang lebih maksimal dengan menginstal saringan air daur ulang yang dapat digunakan kembali. Praktis dan revolusioner!

8. Dapur yang luas

Jika Anda menginginkan sebuah dapur yang besar lengkap dengan segala fasilitas yang ditawarkan, maka Anda beruntung! Desain dapur tropis yang menempatkan meja di tengah-tengah dapur seperti ini akan menghadirkan kesan lebih luas pada ruangan. Selain itu, Anda pun dapat bergerak dengan lebih mudah dengan penataan dapur yang seperti ini.

Pada proyek yang didesain oleh BR Architectural berikut ini, Anda dapat melihat jika meja di tengah ruangan tersebut juga dilengkapi dengan banyak laci penyimpanan. Selain itu, sang arsitek juga bermain-main dengan langit-langit dari balok kayu yang terlihat indah dan juga menghangatkan ruangan. Vegetasi tropis di luar ruangan juga membuat dapur tampak lebih segar.

9. Dapur yang indah dan tahan di segala kondisi

Hal lain yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah penggunaan furnitur di dapur, khususnya penempatan area aktivitas memasak dan menyiapkan makanan.

Itulah mengapa, desain dengan bahan yang tahan lama dan serbaguna perlu Anda jadikan pilihan. Seperti yang dilakukan oleh Gama Elite berikut ini, yang menghadirkan area memasak dari semen, di mana wastafel dan kompor terbuat dari stainless steel yang saling terintegrasi. Peralatan lain pun perlu dipisahkan, agar aktivitas memasak Anda lebih nyaman.

10. Ukuran bukanlah segalanya!

Jika Anda ingin memiliki dapur tropis di rumah, jangan mengacu pada pendapat jika ruang yang dibutuhkan haruslah besar. Padahal, gaya modern ini bisa ditempatkan pada lahan kecil sekali pun.

Dapur dengan sentuhan pedesaan karya Taller Estilo berikut ini berhasil membuktikannya. Meskipun ukurannya kecil, distribusi ruangan dapat dilakukan dengan maksimal. Lemari penyimpanan ditempatkan menempel pada dinding, sehingga dapur terlihat lebih luas dan nyaman digunakan. Lalu apalagi? Seluruh peralatan dan perlengkapan untuk memasak pun sudah tersedia dan siap digunakan. Anda pun bisa memiliki dapur tropis impian di rumah!

Ingin ide desain dapur lainnya yang tak kalah menarik? Simak saja artikel mengenai 10 tips menjadikan dapur tampak lebih modern berikut ini!

Ide nomor berapa yang akan Anda gunakan untuk dapur rumah Anda? Share di kolom komentar sekarang juga!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!