Taman by Garden Affairs Ltd

7 Langkah Membangun Rumah Kebun Idaman

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Taman adalah bagian tak terpisahkan dari rumah, yang berfungsi sebagai pemurni udara bagi penghuni rumah. Ada berbagai bentuk spesies tanaman di paru-paru rumah, mulai bunga yang tak pernah gugur sampai tanaman merambat. Semuanya berperan membentuk penampakan rumah yang berseri dan cantik. 

Jika memiliki taman yang luas, tidak ada salahnya melengkapi taman dengan rumah kebun. Selain digunakan untuk menyimpan peralatan berkebun, rumah kebun juga bisa dipakai untuk melepas penat dan relaksasi tanpa pergi jauh dari rumah. Saat cuaca sedang panas, kita bisa mendinginkan diri di rumah kebun. Menarik bukan? 

Membangun rumah kebun pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan membangun rumah standar. Meski demikian kita tetap perlu memperhitungkan area rumah kebun, termasuk bentuk, atap dan gaya rumah kebun itu sendiri. Jangan sampai rumah kebun tampak terlalu dominan sehingga keindahan taman malah jadi tak terlihat. Singkat kata, beginilah cara membangun rumah kebun.  

1. Memilih bentuk rumah kebun

 Taman by Hudson Garden Rooms
Hudson Garden Rooms

Binfield build in progress

Hudson Garden Rooms

Sebelum merancang atau membangun rumah kebun, kita perlu menentukan apa gaya bangunan yang akan kita terapkan. Gaya rumah kebun yang paling banyak digunakan adalah:

1. Gaya kontemporer

Pada gaya ini, kontras kaca jendela menjadi fokus utama. Tujuannya adalah menciptakan struktur bangunan yang serasi dengan sekitarnya dan dapat menikmati pemandangan indah saat berada di dalamnya. Rumah kebun dilengkapi teras yang mengelilingi rumah untuk menikmati suasana taman dari segala sudut. 

2.Gaya klasik 

Rumah kebun gaya klasik bisa terlihat dari bentuk atap dan dindingnya yang melingkar. Keuntungan menggunakan gaya ini adalah daun kering dan air hujan akan langsung jatuh ke tanah dan tidak tertahan di atap. 

2. Mengikuti situasi sekitar

 Ruang Kerja by Garden Affairs Ltd
Garden Affairs Ltd

Fifth Avenue Modern 2

Garden Affairs Ltd

Salah satu hal penting dalam proyek pembangunan rumah adalah dipenuhinya Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pemberitahuan kepada tetangga sekitar juga diperlukan agar Anda tidak digunjingkan orang sebagai tetangga yang tidak peka di kemudian hari. Desainer dan para pekerja sebaiknya bersertifikat dan direkomendasikan oleh mereka yang pernah menggunakan jasanya. 

Rumah kebun sebaiknya didesain sederhana mungkin untuk memudahkan perawatan. Namun bahan bangunan dan atapnya harus berkualitas. Jika ingin mempunyai rumah kebun, ada baiknya Anda menyiapkan suasana taman terlebih dahulu. Pilih tanaman yang mudah perawatannya dan rimbun. Rumah kebun yang ada di bawah pepohonan adalah tempat bersantai favorit segala usia, terutama para lanjut usia. 

3. Tidak lebih dari 2,5 meter

Desain rumah kebun harus memperhatikan beberapa aspek. Puncak atap rumah kebun sebaiknya tidak lebih dari 2,5 meter. Atap rumah kebun yang terlalu tinggi akan membuatnya tampak kurang proporsional dan tampak sama dominan seperti rumah utama. Keindahan taman Anda juga kurang kelihatan. Semua bagian rumah kebun sebaiknya dibangun seksama dan kokoh. 

Kalau Anda ingin mendirikan rumah kebun atau pondok kayu di tengah hutan, pastikan Anda memiliki izin dari pihak berwenang. Apalagi jika lokasi itu adalah kawasan konservasi alam atau taman nasional. 

Hmm .. jadi ingin punya pondok di tengah hutan nih. Baca dulu: 

10 Rumah Kayu Untuk Hidup di Tengah Alam

4. Menyatu dengan alam

 Ruang Kerja by 3rdspace
3rdspace

exterior

3rdspace

Bila ingin rumah kebun yang tampil beda, pasang jendela dan pintu kaca di sekelilingnya seperti gambar ini. Suasana di dalamnya akan lebih menenangkan berkat udara yang mengalir dan cahaya. Pintu dan jendela kaca juga akan memperlebar sudut pandang untuk menikmati keindahan taman. Penataan furnitur dalam rumah kebun juga harus diperhatikan agar ruangan tidak terasa sempit. Rumah kebun pada gambar ini didirikan di tengah kebun buah-buahan. 

5. Menciptakan titik untuk bersantai

 Taman by Quick garden LTD
Quick garden LTD

Wooden garages

Quick garden LTD

Tujuan didirikannya rumah kebun adalah membuat tempat nyaman untuk menikmati keindahan di sekitar. Ciptakan satu titik atau ruang di taman yang serasi dengan rumah kebun. Area taman di sekitar rumah kebun bisa dipercantik dengan rumput dan lebih banyak tanaman bunga atau tanaman hias lainnya. Rumah kebun pada contoh ini didirikan di halaman belakang rumah. 

6. Atur tanaman

 Ruang Kerja by Cotswold Garden Buildings
Cotswold Garden Buildings

Garden Building Oxfordshire

Cotswold Garden Buildings

Tanaman hias di sekitar sebaiknya ditata agar serasi dengan rumah kebun. Misalnya, meletakkan bunga dalam pot berwarna cerah seperti pada gambar. Lalu potongan kayu kecil-kecil sisa bahan bangunan disebar di dekat pagar sebagai pengganti batu-batu kecil. Warna bunga harus serasi dengan teras dan pagar agar suasana lebih asri. Pohon besar dan sedang ditanam di sekitar rumah dengan jarak tertentu. Tujuannya agar bayangan pepohonan dapat menaungi rumah kebun. Selain itu, rumah kebun harus aman dari dahan pohon yang jatuh akibat cuaca buruk. 

Taman Anda butuh penataan ulang? Bacalah: 

20 Ide Renovasi Taman Sederhana nan Menawan 

7. Pemeliharaan secara berkala

 Taman by Garden Affairs Ltd
Garden Affairs Ltd

http://www.gardenaffairs.co.uk/our-ranges/log-cabins/

Garden Affairs Ltd

Meski tidak digunakan sebagai tempat tinggal, bukan berarti rumah kebun tidak perlu dirawat dan dipelihara. Periksa secara rutin apakah ada atap yang bocor atau cat dinding yang terkelupas. Lantai dibersihkan dari debu, sudut-sudut sebaiknya bebas dari sarang laba-laba. Pangkas tanaman dan pohon di sekitar rumah secara berkala agar kenampakan tetap proporsional. Dengan demikian rumah kebun tetap nyaman sebagai tempat berisitirahat kapan pun Anda melangkahkan kaki ke dalamnya, 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!