Dapur by homify

Menyiasati Keterbatasan Lahan Rumah Dua Lantai

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Lahan terbatas adalah masalah yang umum dihadapi manusia masa kini dalam kaitannya dengan rumah tinggal. Bila menambah luas lahan tak mungkin dilakukan, maka membagi lahan secara cermat adalah solusi bagi lahan sempit. Ini perlu dilakukan agar lahan sempit bukan menjadi halangan bagi penghuninya untuk hidup aman, nyaman, dan bahagia. 

Proyek rumah oleh tim arsitek Dwarf asal Jepang adalah salah satu contoh yang sempurna mengenai pembagian ruang di lahan sempit. Siapa tahu Anda bisa menemukan sesuatu yang bisa diterapkan di tempat tinggal Anda saat ini. 

1. Tampak depan

 Rumah by dwarf

Area depan rumah tampak sederhana. Atap garasi menutup sebagian fasad rumah, sehingga nyaris tak terdeteksi kalau rumah ini berlantai dua. Kayu adalah elemen dominan. Lihat bagaimana gagahnya dinding kayu yang bersanding bersama pintu kayu bercat merah. Tangga ke lantai dua diletakkan di luar agar penghuni lantai atas bebas keluar masuk tanpa mengganggu penghuni lainnya. 

2. Teras di lantai dua

 Rumah by dwarf

Setelah bergeser ke samping rumah, baru ketahuan kalau ada balkon dan teras di lantai dua. Plafon sengaja dibuat miring agar teras tak bisa dilihat dari luar, namun orang yang ada di teras bisa melihat keluar dari sisi samping. Inilah ide cemerlang untuk menciptakan ruang bersantai di luar rumah tanpa mengorbankan privasi. 

3. Koridor

 Koridor dan lorong by dwarf

Inilah yang akan Anda temukan setelah membuka pintu depan. Sebuah sekat kecil dipasang di dekat pintu depan sebagai aksen dan pembatas sebelum menuju sebuah pintu lain di sisi kirinya. 

4. Tampak belakang

 Teras by dwarf

Seperti inilah penampakan rumah jika dilihat dari sisi belakang. Area masuk bertrap dan lantai yang lebih tinggi dari permukaan tanah adalah ciri khas rumah Jepang. Pintu belakang tidak menggunakan pintu geser, melainkan dua daun pintu yang bisa dibuka lebar-lebar untuk menikmati suasana halaman belakang. 

5. Ruang keluarga, ruang makan, dapur

 Dapur by homify

Meniadakan dinding pembatas antar ruangan adalah sebuah trik yang bisa membuat rumah kecil tampak lapang. Ruangan ini berfungsi sebagai ruang makan, dapur, dan juga ruang tamu. Sebuah area yang tampaknya menjadi pusat dari rumah ini.  

Baca selengkapnya tentang integrasi ruang makan, dapur dan ruang tamu di: 

Ide Cerdas Membagi Ruangan di Rumah Sempit 

6. Dapur

 Dapur by homify

Mengingat terbatasnya ruang, dapur didesain simpel dengan tetap memperhitungkan sisi fungsionalitasnya. Rak dan meja dapur adalah tempat penyimpanan peralatan memasak yang lapang. Sekat batu bata merah berfungsi untuk menyamarkan dapur dari mata para tamu. Ini karena dapur bisa terlihat sangat berantakan akibat aktivitas memasak. 

7. Ruang makan industrial

 Ruang Makan by dwarf

Meja makan diletakkan berhimpitan dengan bak cuci piring, suatu penataan furnitur ruang makan yang cukup jarang ditemui. Rupanya ini bertujuan agar piring bisa diletakkan langsung di bak cuci tanpa perlu berjalan mengitarinya. Bak cuci piring beton plus dinding batu bata merah membuat ruangan ini kental dengan gaya industrial. 

Baca juga: 

Rumah Industrial Kayu dan Beton ala Jepang 

8.Plafon tinggi untuk sirkulasi udara

 Ruang Keluarga by dwarf

Plafon tinggi adalah trik yang berhasil menciptakan kesan lapang sebuah ruangan berdimensi kecil. Ahli kami tidak menggunakan seluruh area di lantai dua untuk ruangan (kamar tidur). Sebagian area di lantai dua dibiarkan terbuka, lengkap dengan jendela. Dengan demikian sirkulasi udara dan intensitas cahaya di rumah ini akan lebih baik. Cat putih juga berperan dalam mendatangkan kesan lapang. Biar di luar sedang panas, duduk-duduk di sini di siang hari pasti aduhai meski tanpa AC. 

9. Pintu-pintu kolonial

 Ruang Keluarga by dwarf

Dari sudut ini kita bisa melihat sebagian ruangan yang ada di lantai dua, area masuk rumah dan lemari-lemari dinding di ruang keluarga. Baru kita sadar ternyata daun pintu dan jendela rumah ini bergaya kolonial. Ciri khasnya yaitu, dilengkapi kaca dengan bidang segi empat di bagian atasnya. Biasanya kaca yang digunakan adalah kaca buram. Ini tentu bertujuan untuk melindungi privasi. 

Pintu lemari dinding yang berlubang angin mungkin akan mengingatkan Anda pada gedung sekolah atau rumah nenek. Di sini gaya industrial juga kental berkat pagar pembatas di lantai dua dari kawat. Banyak tempat penyimpanan berarti banyak tempat untuk menyimpan barang keperluan sehari-hari dari pandangan. 

10. Wastafel

 Kamar Mandi by dwarf

Aksen dinding juga salah satu jurus jitu untuk menghadirkan keluasan di ruangan sempit. Lakukan dengan mencat salah satu dinding dengan warna cerah. Warna yang dipilih sebaiknya bukan warna dominan, tapi harus serasi dengan warna lainnya. Lihat bagaimana warna biru kehijauan ini bisa serasi dengan putih dan elemen kayu. 

Aspek menarik lainnya adalah cermin di atas wastafel yang seakan terletak di dasar sebuah boks tidak terpakai. Sisi dalamnya bisa digunakan untuk rak. 

Apa pendapat Anda tentang ruang makan, ruang keluarga dan dapur terintegrasi? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!