Ruang Keluarga by razoo-architekci

Cara Jitu Mendekor Rumah Menjadi Hunian Nyaman Nan Fungsional

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Memiliki rumah dengan interior dan dekorasi furnitur yang disusun sedemikian rupa agar menjadi hunian yang nyaman dan fungsional tentunya menjadi impian semua orang, tidak terkecuali Anda. Homify mengambil beberapa contoh ruangan dalam rumah yang didekor sehingga saling melengkapi satu dengan yang lainnya dan tetap memenuhi fungsinya secara maksimal dalam rumah. Berikut ini beberapa kompilasi ruangannya.

1. Dapur dengan konter tengah yang sebagai pantry dan laci penyimpanan

 Dapur by Elena Arsentyeva
Elena Arsentyeva

Кухня в скандинавском стиле

Elena Arsentyeva

Dengan bangku kayu tinggi yang mengelilingi pantry yang menjadi titik tengah ruangan dapur ini, konter multifungsi pun tercipta. Tidak hanya untuk mempersiapkan makanan, area ini juga bisa menjadi tempat makan dengan adanya bangku kayu yang mengelilinginya. Dapat dilihat juga rak di salah satu sisi pantry yang bisa menjadi tempat penyimpanan peralatan makan. Pemilihan furnitur seperti ini sangat membantu memaksimalkan fungsi dapur berikut. Beberapa rak yang menempel di dinding juga menjadi tempat menaruh bumbu dan meletakkan hiasan kecil sebagai dekorasi. 

2. Balkon lantai 2 sekaligus tempat bersantai dan perpanjangan ruangan

Balkon di lantai 2 berikut ini memiliki area semi terbuka, dengan adanya balkon yang ditutup oleh kaca besar, memastikan adanya pencahayaan alami dari luar ruangan. Pemilihan sofa santai yang berseni berikut dengan meja sofa yang bisa mengakomodir acara minum teh dan bercakap-cakap di sore hari membuat Anda memiliki balkon sekaligus ruang santai. 

3. Taman sekaligus dek tempat bermain anak

 Taman by homify

Sebagai alternatif taman hijau, spot yang satu ini memiliki dek yang bisa menjadi area bermain anak. Tambahkan hammock atau tempat tidur gantung mini untuk anak-anak serta tenda-tendaan yang bisa jadi tempat anak bersantai sambil membaca, menikmati udara segar di bawah pohon besar di rumah Anda. 

 Rumah by ITA Poland s.c.
ITA Poland s.c.

Seria Retro Line

ITA Poland s.c.

4. Kamar tidur yang hangat dan netral

Dalam kamar tidur utama berikut ini, tone warna dijaga tetap netral dengan pilihan warna krem, abu-abu dan biru pucat, beserta dengan beberapa dekorasi furnitur kayu dengan bentuk unik. Furnitur kayu berikut menjadi tempat meletakkan buku dan pajangan kamar, menambah kehangatan dan kenyamanan kamar.

5. Kamar tidur yang memanfaatkan sudut

 Kamar Tidur by Holzgeschichten
Holzgeschichten

Schlafnische mit Fenstern

Holzgeschichten

Kamar tidur kedua dapat diciptakan dengan memanfaatkan salah satu sudut ruangan dalam rumah. Dengan membangun alas kayu yang seukuran dengan kasur yang akan diletakkan, Anda sudah menciptakan spot untuk tidur yang nyaman. Lengkapi dengan pencahayaan temaram yang membuat orang rileks, tempat ini bisa menjadi kamar nomor dua tanpa pintu di dalam rumah yang fungsional.

6. Kamar mandi serba bersih dan lapang

Toilet di sisi satu, dan wastafel serta kaca rias di sisi lainnya merupakan pemanfaatan ruangan yang maksimal, terutama di kamar mandi. Kamar mandi yang satu ini tentunya tidak memerlukan adanya bathtub, dan cukup dengan shower saja. Tempat wastafelnya pun cocok menjadi tempat penyimpanan handuk cadangan. Bingkai kayu yang mirip anak tangga ini dapat menjadi tempat gantungan handuk dan baju, sebagai alternatif pengait metal.

7. Ruangan tamu yang menjadi satu dengan meja makan

Contoh ruangan fungsional dapat pula dilihat dari kombinasi ruangan tamu sekaligus ruang keluarga, yang tanpa batasan langsung terhubung ke meja makan yang terpisah dari dapur. Dengan pemilihan warna yang tepat, seperti abu-abu tua dan muda, krem, kuning mustar serta sedikit bantal bermotif, ruangan yang memiliki banyak furnitur ini tidak terasa ramai sama sekali. Rak yang menjulang hingga langit-langit ini pun dapat menjadi tempat pajangan dan rak buku yang sekaligus mendekorasi ruangan secara fungsional.

Selamat mencoba!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!