Kamar Tidur by Polygon arch&des

7 Ide Pembatas Ruang Tamu dan Dapur yang Luar Biasa

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Sampai satu dekade yang lalu, dalam rumah Anda mungkin masih ditemukan ruangan yang dipisah-pisah sesuai fungsinya. Tetapi seiring dengan munculnya konsep arsitektur baru dan beberapa konsep loteng pada sebuah hunian, di mana seluruh ruangan bisa memiliki banyak fungsi dan pembagian ruangan dengan menggunakan dinding pembatas mulai menghilang. Hal ini disertai dengan dinamika baru kehidupan sehari-hari dan interaksi dengan keluarga, teman, atau relasi bisnis berlangsung pada ruang yang sama. Sehingga, suatu ruangan akan memiliki banyak fungsi menjadi dapur, ruang tamu dan ruang makan secara bersamaan. 

Namun ada beberapa hal kecil yang mungkin bisa Anda tambahkan sebagai pembatas antar ruangan tersebut. Tidak kaku deperti dinding pembatas pada umumnya dan terlihat natural serta memiliki keunikan. Berikut homify berikan 7 ide membuat batas ruangan yang tak biasa!

1. Efek Visual dengan Sebuah Kotak kubus

  by DemianStagingDesign
DemianStagingDesign

Appartamento Monza centro, 60 mp

DemianStagingDesign

Perhatikan bagaimana sebuah kotak kubus di dalam ruang menonjolkan area dapur. Dilengkapi dengan meja bar setengah lingkaran memudahkan Anda dalam menyiapkan makanan. Terletak di sudut dekat dengan meja bar, kursi ini memberi kesan abstrak pada kubus yang berisi dapur. Menakjubkan!

Pemandangan yang indah dari ruang tamu dengan warna putih, coklat dan sentuhan biru. Menyatu sempurna dengan dapur yang bersebelahan dengan ruang tamu ini.

2. Permainan pada Aksen Langit-Langit

Cara lain untuk menciptakan pembagian antara dua ruang atau lebih adalah melalui langit-langit dengan ketinggian yang berbeda, atau dengan kecerahan yang berbeda. Anda dapat melihat dapur dengan langit-langit yang lebih rendah. Dengan pencahayaan yang terlihat menembus dari langit-langit yang lebih tinggi menambah keidahan pada pembagian ruangan dengan perbedaan ketinggian langit-langit.

Anda dapat melihat bagaimana atap yang seolah terbuka terbuka dan menghasilkan cahaya temaram yang tidak begitu terang.

3. Dapur di Dalam Sebuah Kubus

Pada gambar di atas Anda dapat melihat terdapat kubus besar di belakang meja makan. Jangan salah sangka, kubus itu adalah sebuah dapur! Ide yang cerdik bukan? Setengah dari dinding dapur terbuat dari kaca, sehingga memungkinkan Anda untuk tetap memperhatikan lawan bicara di ruang tamu. Atau jika Anda ingin menikmati saat memasak seorang riri, jendela kaca ini bisa Anda tutup. Menakjubkan!

Sebuah jendela indah di dapur yang memungkinkan Anda untuk melihat ke arah ruang tamu dan tetap ikut berbincang dengan keluarga dan tamu yang datang berkunjung.

4. Pembatas yang Dapat Digunakan Untuk Mobilitas

Solusi pembatas yang berikutnya adalah yang paling sering digunakan. Sebuah lemari yang tinggi besar berfungsi sebagai pembatas sekaligus tempat Anda menyimpan barang. Banyak fungsinya bukan?

 Ruang Keluarga by Bodà
Bodà

Soggiorno

Bodà

Sebuah lemari penyimpanan adalah pembatas yang sempurna untuk segala ruangan.

5. Pemisahan Ruang Menggunakan Warna Lantai yang Berbeda

Cara lainnya yang sering digunakan untuk membagi ruangan adalah dengan membedakan warna lantai. Tanpa dinding dan lemen lain yang terlihat, perubahan warna lantai menunjukkan adanya fungsi yang berlainan untuk masing-masing warna lantai. Anda dapat melihat contohnya pada gambar, bagian dapur menggunakan warna batuan dan mengunakan warna kayu untuk lantai bagian ruang tamunya.

Perubahan pada lantai diperkuat oleh struktur kayu dan pintu geser. Jika pintu ni tertutup, Anda tidak bisa melihat apa yang terjadi di balik pintu.

Perlu bantuan untuk berkonsultasi tentang ide luar biasa lainnya? Hubungi saja profesional kami!

6. Dapur pada Cekungan Dinding

Ketika Anda memiliki ruang yang terbatas, memiliki dapur di cekungan dinding adalah ide terbaik. Anda tidak membutuhkan benda lain sebagai pembatas ataupun hal imajiner lainnya untuk memperlihatkan perbedaan fungsi ruangan. Anda dapat melihat contohnya pada gambar di atas. Sangat menarik untuk diterapkan bukan?

Pencahayaan yang indah muncul dari arah ruang tamu. Karena tidak terhalang oleh pembatas apapun, dapur dalam cekungan dinding akan terlihat semakin sempurna untuk rumah Anda.

7. Dinding dengan Cekungan Melengkung Sebagai Batas Ruangan

Terakhir, Anda bisa melihat bagaimana gambar berikut tentang satu ruangan besar dengan warna lantai dan atap yang senada terlihat memiliki dua fungsi yang berlainan. Sebuah efek visual dari dinding yang memiliki cekungan melengkung. Anda tetap dapat bercengkrama bersama keluarga maupun tamu yang datang. Garis lengkung pada cekungan dinding yang tinggi mengingatkan Anda pada rumah pada jaman kolonial bukan?

Setiap ruangan masih dapat tersambung dengan adanya beberapa jalan masuk yang terdiri lebih dari dua buah. Perbincangan seru tidak akan Anda lewatkan.

Untuk ide mengenai bagian rumah lainnya, kunjungi beberapa referensi milik homify!

Pembatas mana yang menjadi favoritmu? Share sekarang juga di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!