by Light&Salt Design

Cara Ampuh Memoles Tampilan Apartemen Kusam Jadi Wah

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Tinggal di apartemen adalah dambaan semua orang. Jika kondisinya terawat selalu, maka tak aka nada masalah, namun jika sudah tinggal selama menahun dan Anda tak pintar dalam menatanya, maka tampilan apartemen Anda bisa jadi akan seperti yang satu ini. Apartemen yang akan kita bahas dalam buku ide kali ini adalah sebuah unit apartemen yang berlokasi di negeri Sakura. Luas yang terbatas dan barang keperluan yang kian banyak, nampaknya beberapa sebab yang membuat apartemen ini terlihat tak nyaman untuk ditempati. Untuk itu, demi mengembalikan fungsinya, para professional pun akhirnya diundang oleh sang penghuni untuk merombak tampilan apartemen tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar detailnya, mari kita ikuti penjabaran berikut ini.

Ruang masuk: view dari ruang tamu

Terima kasih kepada rak buku yang berada pada area pintu masuk. Terlihat bahwa penataan rak buku yang difungsikan sebagai partisi ruangan tersebut sungguh membuat tampilan interior rumah ini tampak buruk sekali. Secara umum, penataan yang apa adanya ini sungguh membuat rumah ini terlihat sempit dan pengap. Selain itu, pemilihan warna yang tak cerah juga membuat hunian ini terasa gelap dan kusam.

Jika diperjelas, area masuk rumah ini akan terlihat seperti ini. Ruang yang tak begitu luas ini terasa semakin sempit karena selain sepatu atau sandal, akses masuk khas rumah negeri Sakura ini ternyata juga dimuati oleh stroller dan sepeda anak yang membuatnya semakin sesak. Jika sudah begini, kami yakin tamu yang masuk pasti akan bingung dan merasa surprise melihatnya. Karena bisa saja mereka mengira bahwa yang mereka masuki bukan lagi rumah, tapi gudang tempat menyimpan segala hal. Ada baiknya, ruang masuk utama ini ditata lebih baik lagi agar tamu yang masuk memiliki kesan positif terhadap si pemilik rumah.

Setelah direnovasi

Ruang akses masuk versi baru ini terlihat lebih cerah dan rapih. Semua itu berkat penggunaan warna putih dan hadirnya ruang penyimpanan dikedua sisi dinding, untuk meletakkan sepatu, sendal, stroler dan barang keperluan lainnya. Jika dicermati, ada sedikit perubahan angle dan desain pintu yang terlihat. Yup, setelah diubah, bukaan pintu yang baru dirancang agak sedikit menyerong dan kerangka pintu pun dilengkapi dengan bukaan kaca yang cukup lebar untuk menambah kesan luas di ruangan tersebut

Tampilan ruang tamu secara keseluruhan, sebelum direnovasi

Dari sudut pandang ini terlihat bahwa ruang komunal ini sangat sempit dan banyak dimuati oleh barang-barang, yang sebenarnya bisa dipilah, dan kemudian diletakkan pada tempatnya. Meskipun kesan pengap sedikit tertolong berkat hadirnya beranda pada bagian belakang, namun tetap saja karakter ruang tamu yang ingin dimunculkan akan sulit terlihat. Untuk itu, ada baiknya ruang tamu ini dirancang ulang dengan sedikit menambahkan unsur anak-anak didalamnya.

Sedangkan pada area beranda, wujudnya benar-benar tak bisa digunakan sebagai ruang lain selain sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Padahal jika dipermanis, beranda ini dapat dijadikan sebuah ruang yang multifungsi.

Setelah unsur ruang tamu, balkon dan cahaya disatukan

Setelah dipugar, wujudnya bisa selega ini. Pengguna menyiasati partisi bagian dalam rumah dan balkon dengan pintu lipat berjendela. Ide ini terbilang brilian untuk mempermudah penghuni rumah saat ingin membutuhkan ruang ekstra saat beraktivitas didalamnya. 

Seperti yang terlihat pada gambar, ruang tamu dengan paduan corak kayu, putih dan biru ini benar-benar terlihat cerah dari sebelumnya. Ruangan ini seperti kembali hidup setelah lama terkubur dalam gelap. Yang uniknya lagi, furnitur untuk TV dan teman-temannya sengaja disatukan pada dinding, agar luas ruang yang terbatas ini dapat dimaksimalkan fungsinya.

Sebelum: Akses menuju ruang makan dan dapur

Terlihat dari angle ini bahwa kedua ruang yang penuh kudapan tersebut sulit untuk diakses karena penataan yang tidak pas. Terlebih lagi, kesan gelap dan kusam juga menambah kesan lembab disekitarnya.

Setelah diubah

Bedakan dengan sebelumnya, ruangan yang tadinya penuh dengan sekatan tersebut kini terlihat lebih lega dan cerah. Ide ini tentu akan menambah kenyamanan penghuni apartemen dikesehariannya.

Anda tertarik dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!