by Michela Galletti Architetto e Home Stager

Ide Jitu Untuk Menambah Nilai Jual Rumah Berukuran Kecil

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Meningkatkan level atau nilai  dari ruangan-ruangan dalam rumah atau home staging merupakan teknik fantastis dalam rumah yang cocok dilakukan jika rumah berukuran kecil. Menonjolkan karakter rumah dengan melakukan home staging juga diperlukan jika Anda berencana menjual properti Anda.

Untuk memahami seperti apa home staging itu, cobalah lihat proyek bangunan kecil ini. Sebelum ditambah furnitur dan diubah dekorasinya, ruangan ini hanyalah berupa apartemen biasa.

1. Mulailah dari awal

Langkah pertama untuk melakukan home staging adalah dengan memindahkan terlebih dahulu semua furnitur dari dalam rumah. Hal ini merupakan awalan yang baik untuk dekorasi rumah yang baru. Anda dapat juga mulai mencat rumah dengan warna cat yang baru, membersihkan lantai dengan membuatnya lebih mengilap dan membersihkan semua ruangan. Setelah langkah yang pertama ini diselesaikan, Anda dapat mulai memikirkan perombakan posisi furnitur.

2. Fokuslah pada ruang tamu

Ruang tamu kemungkinan merupakan ruangan yang paling banyak digunakan di dalam rumah, sehingga Anda perlu memikirkan baik-baik di mana sebaiknya Anda akan meletakkan setiap furnitur yang ada. 

Jagalah agar ruangan tetap sederhana dengan harmoni dan proporsi yang tepat. Letakkan sofa dan meja televisi dalam geometris yang sempurna. Undang orang untuk merasakan dan membayangkan rasanya menghabiskan malam mereka di ruang tamu tersebut.

3. Jangan melupakan sudut-sudut kosong dalam rumah

Jangan mengabaikan sudut atau pojokan-pojokan kosong di dalam rumah kecil. Ruang dengan bentuk asimetris dapat dengan mudah membuat calon pembeli berubah pikiran jika tidak ada fungsinya. Bertolak belakang dengan itu semua, jika mereka bisa membayangkan dan juga melihat ada furnitur yang bisa diletakkan di area asimetris ini, mereka akan lebih yakin untuk menempati rumah tersebut.

4. Ruangan yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal

Anda dapat melihat pada gambar berikut bagaimana sudut yang aneh digunakan untuk menempatkan laci pakaian.  

Pada saat menata rumah untuk dijual, ruangan tidur haruslah menunjukkan adanya tempat yang cukup untuk ditinggali berdua dengan tempat tidur untuk dua orang dan laci dari kayu. Hal ini akan menunjukkan adanya ruangan untuk tidur dan bisa dengan mudah dibersihkan dan dirawat. 

Penambahan karpet juga memberikan kesan nyaman.

5. Sentuhan personal

Anda dapat menekankan penggunaan ruangan dengan menambahkan beberapa sentuhan personal. Bukan dengan foto keluarga atau foto Anda pribadi, namun dengan dekorasi semacam vinyl yang dapat ditempelkan dan dipindahkan dengan mudah.

6. Selalu berikan sentuhan lebih modern

  by Indefinito
Indefinito

Camera grande e spaziosa

Indefinito

Kecuali Anda memiliki pembeli potensial yang memang menyukai tampilan kuno –yang jelas jarang ada- pastikan rumah Anda memiliki kesan modern. Lihatlah bagaimana dalam ruangan ini, tanpa mengubah furniturnya sama sekali, Anda dapat mengubahnya menjadi lebih modern dengan tambahan bantalan tekstil.

7. Warna-warna muda menjadi pilihan pertama

  by Indefinito
Indefinito

Zona relax prima e dopo

Indefinito

Tidak ada orang yang mau membeli rumah yang terkesan suram. Bukalah jendela, pindahkan tirai-tirai yang berat dan catlah dinding dalam warna putih atau warna lainnya yang muda dan cerah. 

Hal ini akan menciptakan kesan bersih dan lega.

8. Pertahankan kesederhanaan dari ruangan yang fungsional

  by Indefinito
Indefinito

Arredo bagno: niente bambole, please!

Indefinito

Bukan hal yang jarang bagi orang-orang yang ingin menjual rumahnya untuk membuat kamar mandinya terkesan lebih modern. Maka dari itu, buatlah kesan modern dan nyaman dengan dekorasi sederhana pada kamar mandi Anda. 

Ubin dengan corak kompleks dan furnitur antik tidak lagi menarik dan malah menurunkan harga properti Anda. Mungkin Anda ingin menggantinya dengan furnitur-furnitur yang menarik.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!