Ruang Kerja by Aris & Paco Camús

Transformasi Rumah Sederhana Menjadi Tampilan Interior yang Memukau

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Proyek remodeling dan transformasi hampir selalu menjadi proyek yang menghibur dan menyenangkan untuk dilakukan, terutama saat hasil akhirnya sanggup memberikan efek luar biasa pada mereka yang menyaksikannya. Transformasi drastis memungkinkan untuk membuat rumah tidak lagi sama seperti sebelumnya. Kali ini, rumah berikutlah yang akan dibandingkan kondisi sebelum dan sesudahnya. Rumah ini merupakan salah satu rumah tertua yang ada di area kota. Kondisi asli rumah ini jauh dari kata modern dan fungsional, cenderung kuno dan tampak ditinggalkan. Namun, dengan banyak kejelian dan desain yang tepat oleh arsitek Aris & Paco Camus, rumah ini kembali muncul dari abu menjadi sebuah rumah ultra modern yang mengejutkan. Tinggalkan rasa penasaran Anda dan lihat perbandingannya berikut.

1. Sebelum: Kesan pertama

 Rumah by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Pada pandangan pertama, tampilan luar asli dari rumah jelas terlihat ketinggalan zaman dan berada dalam kondisi yang buruk. Dengan warna pucat dan kusam, komposisi dari bagian depan rumah ini jauh dari kata mengundang. Gaya pagarnya dan cara dekorasi dindingnya yang menggunakan granit dan marbel menunjukkan betapa antiknya bangunan ini dan betapa dibutuhkannya perubahan.

2. Sebelum; Percayakah Anda bahwa bangunan ini adalah sebuah tempat tinggal?

 Ruang Keluarga by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Dalam proses remodeling, berbagai bagian dalam dan luar dari rumah ini banyak yang dihilangkan, meninggalkan hanya bagian depan rumahnya saja sebelum renovasi dilanjutkan. Dalam gambar ini, dapat dilihat adanya tiang penyangga besi yang menjadi penopang struktur kayu dari rumah untuk menghindari keruntuhan, meninggalkan sedikit bagian dari rumah lama yang sebenarnya indah ini. Ruang ini pun akhirnya siap menyambut desain yang baru.

3. Sesudah: Perubahan total

 Ruang Keluarga by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Tak bisa dipungkiri, hasil dari perubahan hunian setelah remodeling sangat jauh dari aslinya. Kini, Anda berhadapan dengan rumah yang modern dan elegan, rumah yang memadukan elemen lama dengan elemen rumah yang baru dan berwarna berani, menggunakan warna hitam untuk berbagai pembagian ruangan dalam rumah, kontras dengan mezzanine dalam warna putih serta bahan kayunya yang diperbaiki. Alur rumah dari luar hingga ke dalam dijaga tetap lapang dan nyaman, berfokus pada area umum dan sosial di rumah terletak di level rumah yang lebih rendah, menggunakan seminimal mungkin pembagian dalam rumah.

4. Sesudah: Ruang makan yang luas nan modern

 Ruang Makan by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Warna netral dan kontras tetap hadir di setiap interior ruangan, termasuk ruang makan. Ruang makan ini terletak tepat di balik ruang tamu, ditandai dengan adanya meja lebar dalam warna Wenge, dengan kapasitas untuk tempat duduk 6 orang serta sebuah furnitur yang ditata sedemikian rupa. Dekorasi warna krom-nya membuat ruang makan terasa modern dan elegan tanpa perlu menambahkan ornamen-ornamen tambahan.

5. Sesudah: Dapur ala majalah

 Dapur by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Anda pasti tahu majalah-majalah interior komersil yang dengan mudah ditemukan di toko buku serta di stan penjual koran. Bergabung dengan ruang makannya, dapur di rumah ini telah berubah menjadi sangat modern dengan nuansa minimalis, didominasi oleh dua warna dan dipisah dari ruang tamu dengan sekat geser kedap suara dan menjaga aroma masakan tetap di dalam ruangan. Tampilannya yang rapi mengingatkan Anda pada dapur yang ada dalam majalah interior, dengan menara perapian, kulkas dan pantry yang menempel ke dinding. Terdapat pula area memasak lebar yang dilapisi oleh kristal putih quartz di tengah ruangan. Keseimbagan hitam dan putih pada lantai kayu menandai area sosial dalam ruangan.

6. Sesudah: Studio baru tampak indah!

 Ruang Kerja by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Di lantai atas, pada area privat, terdapat sebuah meja kaca ditemani oleh perpustakaan yang memenuhi dari lantai hingga ke langit-langit dalam warna putih. Area baru ini memiliki tangga yang menjorok ke tembok spacatto indah dari warna krem dan motif marbel, dikombinasikan dengan warna netral dan cokelat, seperti lantai yang dilapisi pada lantai atas ini.

7. Sesudah: Ruang kamar master

 Kamar Tidur by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Warna hitam jelas-jelas menjadi warna dominan dalam desain interior berikut, digunakan untuk pintu, dinding dan kepala tempat tidur. Citarasa elegan pada ruangan tidur master ini tercipta akibat adanya kombinasi hitam dan putih dengan gaya domino, yang mengobservasi bagaimana bingkai pintu ini tampak orisinil dan modern karena kontras warna yang tercipta. Pencahayaan yang dibuat remang-remang dan cermin membantu meluaskan ruangan secara visual, menjadi sebuah ruangan yang mengingatkan kita pada hotel bintang 5.

8. Sesudah: Kamar mandi modern dengan kenyamanan penuh

 Kamar Mandi by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Berkat usia rumah yang sudah tua, ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah ini rata-rata memiliki dimensi yang luas yang sempurna untuk menempatkan dan menyesuaikan furnitur. Wastafel tradisionalnya telah digantikan dengan kabinet yang lengkap dengan penutup dan permukaan putih, kontras dengan jamban hitam serta lantainya yang memenuhi ruangan. Untuk menghindari sensasi gelap dan untuk membuat ruangan terasa lebih luas, cermin besar diletakkan di atas kabinet wastafel, termasuk juga dengan lampu panjang bercahaya putih yang cocok untuk bersiap-siap bagi penggunanya.

9. Sesudah: Kolam renang baru di taman belakang

 Kolam Renang by Aris & Paco Camús
Aris & Paco Camús

Reforma integral casa de pueblo

Aris & Paco Camús

Dengan taman belakang yang luas, arsitek dari rumah ini memanjakan pemilik rumah baru ini dengan membangun kolam renang di tengah taman belakang yang sudah diperbaharui rerumputannya. Kolam renang ini dikelilingi oleh area lantai yang terhubung ke rumah melalui jalan setapak batu. Area ini sedikit mengingatkan Anda pada bentuk awal rumah, yang memungkinkan adanya pandangan ke arah atap yang dilapisi ubin yang dikombinasi dengan periuk di teras dan warna kuning hangat pada dinding pembatas.

Semoga Anda menikmati perubahan rumah ini dan terinspirasi!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!