Ruang Keluarga by 디자인세븐

Renovasi Apartemen Tua Jadi Apartemen Satu Lantai Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Apartemen seluas 30,8 pyeong (sekitar 101,64 meter persegi) ini mulanya tampak kuno dan remang-remang. Namun kini telah berubah lebih trendi dan modern. Apartemen ini terletak di Daedong Green Park di Changwon, Korea Selatan, dan sempat kosong selama 2 tahun. Keluarga pemilik apartemen ini sebelumnya tinggal di luar kota untuk keperluan bisnis. Mereka kembali menghuni apartemen agar privasi lebih terlindungi. 

Proyek rekonstruksi apartemen berlangsung selama 20 hari, yaitu sejak tanggal 23 November sampai 12 Desember 2015. Design Seven adalah pelaksana proyek renovasi yang menghabiskan biaya sekitar 37 juta won (sekitar 430 juta rupiah).Ini wajar karena pemilik apartemen menginginkan penggantian ubin dan penambahan penerangan. Mari kita bandingkan wajah apartemen sebelum dan sesudah direnovasi. 

1. Dapur sebelum direnovasi

Inilah penampakan dapur apartemen sebelum direnovasi. Ada atap beton tebal, molding (pertemuan antara dinding dan atap atau lantai) coklat gelap, dan wallpaper motif bunga. Elemen interior ruangan ini tidak serasi. Jendela kecil kurang berhasil membuat dapur lebih terang. Tidak ada dinding atau sekat yang memisahkan dapur dengan ruang keluarga. Jadi sudah sepantasnya jika dapur terlihat tidak memalukan. 

Dapur sesudah direnovasi

Desainer kami melepas wallpaper bunga-bunga dan menggantinya dengan keramik warna putih. Dinding dapur juga seluruhnya diganti oleh keramik putih motif batu bata. Keuntungannya, dinding jadi lebih mudah dibersihkan jika ternoda oleh percikan minyak atau makanan. Lantai diganti dengan keramik motif batu bata warna coklat tua. Interior dapur jadi keren dan kekinian berkat lampu sorot yang ditata rapi di plafon. Furnitur dapur lama digantikan furnitur dapur modern warna hitam dan putih agar dapur tampak lebih bersih. Pemilik apartemen pun tak perlu merasa rikuh memamerkan dapurnya pada para tamu. 

Baca juga: 

10 Desain Dapur Tropis yang Memukau Semua Mata 

2. Pintu depan sebelum direnovasi

Area pintu depan berfungsi sebagai tempat melepas alas kaki sebelum masuk ke rumah. Area ini juga berfungsi sebagai tempat menyimpan sandal dan sepatu. Suatu ciri khas hunian yang jarang ditemukan di luar Korea. Kesan pertama sebuah hunian berawal di area ini. 

Sayangnya, area pintu depan ini tampak rumit. Ada dua pintu geser yang bentuknya berbeda. Paduan kaca dan sekat warna gelap tidak menghasilkan efek estetika yang diharapkan. Area ini terkesan sempit dan kurang cahaya. 

Pintu depan setelah direnovasi

Desainer kami memindahkan pintu geser ala Tiongkok dan menggantinya dengan pintu berengsel bernuansa abu-abu. Pintu abu-abu transparan membuat area masuk rumah lebih cerah. Sedangkan pintu geser tradisional di depan diganti dengan pintu modern bercat hitam.

Dinding di area ini juga dicat ulang dan ditambahkan jendela kaca. Bangku kecil diletakkan agar siapa saja yang baru datang atau hendak meninggalkan rumah bisa duduk untuk melepas atau memakai sepatu. Coba bayangkan seperti apa rasanya melepas/ memakai sepatu sambil berdiri, pasti sulit kan? Desain kasual dan cahaya lembut di area pintu depan menimbulkan kesan pertama yang menyenangkan.

3. Ruang tamu sebelum direnovasi

Sekarang mari kita meninjau ruang tamu. Di sini ada lantai bernuansa kayu yang telah terkelupas di beberapa bagiannya. Sementara molding coklat gelap di sini juga tampak mengganggu, sama seperti di dapur sebelum direnovasi. Ini lantaran warna coklat gelap tidak serasi dengan elemen interior lainnya. 

Ruang tamu sesudah direnovasi (1)

Sebuah rumah dapat berbicara banyak tentang karakter pemiliknya. Melalui foto ini kita bisa tahu bahwa istri pemilik rumah ternyata menyukai lantai keramik. Aksen dinding batu bata merah rupanya juga dibuat berdasarkan selera sang istri. Hasilnya adalah sebuah ruang tamu yang sama sekali berbeda. Ruang tamu yang cantik berkat warna lawas dan dinding bertekstur unik. 

Sementara itu, lantai, langit-langit dan dinding lainnya berwarna cerah. Lampu model rustic diganti lampu yang sejajar panjangnya, sebuah sentuhan modernitas di ruangan ini. 

Ruang tamu sesudah direnovasi (2)

Dinding yang berada di samping pintu depan juga tampak sedap dipandang. Area ini juga menggunakan lantai keramik yang sama seperti di dapur dan menghadirkan atmosfer ketenangan. Sementara dinding batu bata dengan tekstur dan warna berbeda membuat apartemen lebih berkarakter. Interior ruang tamu ini tampak serasi berkat bantuan tata cahaya. 

3. Kamar mandi sebelum direnovasi

Kamar mandi apartemen bernuansa putih di mana-mana. Tapi warna putih tak lagi cerah dan memikat akibat dimakan usia. Desainer kami memutuskan untuk mengganti semua furnitur kamar mandi lama. 

Kamar mandi setelah direnovasi

Kamar mandi yang telah direnovasi tampak modern dan kekinian setelah wastafel dan toilet dipisahkan. Bathtub ditanggalkan dan diganti shower. Dinding dan lantai keramik kamar mandi juga diganti seluruhnya. Atmosfer nyaman lebih terasa berkat adanya lemari dan cermin berbingkai kayu. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!