Rumah by arbol

7 Material Alternatif yang Bisa Anda Aplikasikan di Rumah Impian Anda

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Rumahku istanaku adalah ungkapan yang umum dijadikan patokan bahwa rumah haruslah tampil megah layaknya gambaran istana-istana di negeri dongeng. Padahal jika dibawa ke dunia nyata, hal tersebut tentu sangat mustahil untuk diwujudkan. Selain terlalu mahal, area seluas istana pun nampaknya akan sulit ditemukan jika posisi hunian Anda berada di kota besar. Untuk itu, baiknya kita kembali ke realita dengan mewujudkan rumahku istanaku sesuai dengan kondisi yang kita miliki saat ini. Berkaca pada hal tersebut, dalam buku ide kali ini kami akan menyuguhkan kepada Anda beberapa material bangunan yang tak biasa digunakan, agar Anda dapat memilih material yang lebih terjangkau untuk merealisasikan hunian impian Anda.

1. Rumah Kontainer

Pemanfaatan kontainer bekas adalah alternatif material yang kian marak belakangan ini. Selain menghemat biaya, aplikasi dan modifikasi yang diperlukan pada satu unit kontainer terbilang sederhana, sesuai dengan selera Anda sebagai pemilik hunian. Jika di survei, harga kontainer bekas dipasaran berkisar antara 20 hingga 60 juta tergantung dari kondisi dan dimensi yang diminati. Harga tersebut tentu sangat terjangkau jika kita bandingkan dengan harga hunian vertikal atau pun horisontal yang tersedia dewasa ini. Karena cukup memberikan sedikit warna, celah jendela, pintu, atau bahkan sedikit rongga untuk pendingin ruangan, maka sebuah rumah atau ruang sederhana pun sudah tercipta langsung didalamnya. Selain simpel, material konstruksi alternatif ini juga terbilang portabel, karena Anda dapat menentukan sendiri posisi atau pola konstruksi rumah kontainer Anda dengan ide rumah minimalis yang Anda miliki.

 Rumah by Ecosa Institute
Ecosa Institute

Container home front street view

Ecosa Institute

Jika di survei, harga kontainer bekas dipasaran berkisar antara 20 hingga 60 juta tergantung dari kondisi dan dimensi yang diminati. Harga tersebut tentu sangat terjangkau jika kita bandingkan dengan harga hunian vertikal atau pun horisontal yang tersedia dewasa ini. Karena cukup memberikan sedikit warna, celah jendela, pintu, atau bahkan sedikit rongga untuk pendingin ruangan, maka sebuah rumah atau ruang sederhana pun sudah tercipta langsung didalamnya. Selain simpel, material konstruksi alternatif ini juga terbilang portabel, karena Anda dapat menentukan sendiri posisi atau pola konstruksi rumah kontainer Anda dengan ide rumah minimalis yang Anda miliki.

Selain simpel, material konstruksi alternatif ini juga terbilang portabel, karena Anda dapat menentukan sendiri posisi atau pola konstruksi rumah kontainer Anda dengan ide rumah minimalis yang Anda miliki.

2. Rumah Material Kayu

 Kabin by THULE Blockhaus GmbH
THULE Blockhaus GmbH

KUBU Vorderansicht

THULE Blockhaus GmbH

Sebagai salah satu material favorit dalam dunia arsitektur, unsur kayu nyatanya dapat diandalkan sebagai material pengganti unsur beton dan baja dalam satu struktur bangunan rumah. Material yang umum digunakan sebagai pelapis dinding, lantai dan struktur atap ini memang terbilang terjangkau, apalagi jika Anda benar-benar ingin mengangkat nuansa alami dari bangunan rumah yang sedang Anda rencanakan.

 Kabin by THULE Blockhaus GmbH
THULE Blockhaus GmbH

Ferienhaus KUBU im Aufbau

THULE Blockhaus GmbH

Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat menyelimuti keseluruhan bangunan rumah Anda dengan material kayu. Tak hanya penuh pada bagian indoor, unsur kayu dapat pula terlihat pula hingga ke bagian outdoor. Tapi ingat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat kayu menjadi pilihan material utama Anda. Selain penentuan jenis kayu, perawatan dan segala bentuk antisipasi seperti wabah jamur dan hadirnya rayap adalah beberapa poin penting yang harus difokuskan. Karena jika material kayu yang Anda gunakan tak terawat, maka kondisinya tak akan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

 Kabin by THULE Blockhaus GmbH

Selain penentuan jenis kayu, perawatan dan segala bentuk antisipasi seperti wabah jamur dan hadirnya rayap adalah beberapa poin penting yang harus difokuskan. Karena jika material kayu yang Anda gunakan tak terawat, maka kondisinya tak akan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

3. Bata ekspos

Setelah kayu, material favorit kedua di dunia konstruksi adalah material batu yang satu ini. Batu yang sering dikenal dengan istilah bata ekspos ini umumnya digunakan untuk mempermanis tampilan rumah dengan tema unfinished. Namun jika kebanyakan pemilik rumah hanya mengaplikasikannya pada beberapa unsur rumah seperti tiang, beberapa bagian dinding saja, maka sebagai alternatif baru, Anda dapat pula menyelimuti keseluruhan tampilan rumah Anda dengan material dari tanah liat ini. Seperti yang terlihat pada gambar, bata ekspos ternyata mampu menampilkan tampilan rumah eksotis dengan kesan alami yang tak berlebihan. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk memunculkan karakter unik dari hunian sederhana yang Anda miliki.

Selanjutnya, kita akan lebih mengenal material alternatif yang ternyata dapat pula dikombinasikan secara unik dengan material lainnya, sehingga perpaduan masing-masing unsur tersebut akan terlihat seperti ini:

4. Perpaduan batuan alam dan kayu

Konsep satu ini terbilang fenomenal untuk mengangkat nuansa hangat dan klasik dalam bangunan hunian Anda.

5. Perpaduan batuan alam dan beton

Sedangkan konsep kombinasi dua material padat ini sangat menunjang tampilan modern hunian yang Anda impikan.

6. Perpaduan unsur beton dan kaca

Dan dua material berbeda unsur ini sangat dianjurkan untuk menghadirkan nuansa elegan dalam hunian Anda.

7. Kombinasi antara unsur baja dan kayu

 Rumah by arbol

Dan sebagai penutup, kombinasi material klasik dan modern ini dapat pula Anda hadirkan untuk mengangkat gaya industrial yang unik dan nyentrik dalam rumah Anda.

Anda tertarik dengan yang mana?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!