Dapur by Lepistes Seramik Atölyesi

11 Ide Keren Untuk Dapur Super Modis

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bagi yang hobi masak, dapur adalah ruangan terpenting di rumah (selain kamar mandi tentunya). Bagi yang tidak, dapur mungkin tidak menjadi prioritas. Padahal situasi sekarang menuntut kita untuk lebih sering mengunjungi dapur dan memasak sendiri makanan sehari-hari. Masakan hasil karya sendiri pasti terasa lain di lidah, meski kurang garam atau terlalu manis. Lebih irit pula. 

Bagaimana kalau suasana dapur kita poles ulang agar lebih cantik dan bikin kita makin semangat buat memasak? Inilah beberapa cara yang menarik untuk dicoba. 

1. Keramik warna-warni

Keramik adalah material yang dapat membuat suasana di rumah semakin berwarna. Ganti lantai dapur dan backsplash dengan keramik berwarna cerah atau bermotif gambar favorit Anda. Pasti Anda makin betah di dapur! Kekurangan keramik berwarna dasar putih adalah akan terlihat jelas jika lantai atau backsplash sedang kotor.  

2. Hidup dan enerjik

modern Kitchen by Luce mutfak&banyo
Luce mutfak&banyo

Luce mutfak&banyo

Luce mutfak&banyo

Pada dapur rancangan Luce Mutfak&Banyo kita bisa melihat bagaimana detil warna sekecil apapun bisa membuat perbedaan. Di dapur putih gaya dan elegan ini lemari gantung dan meja dapur yang menghadap ke luar bercat kuning cerah. Hasilnya, dapur tampak lebih cerah, dinamis, dan ceria.  

3. Oranye yang hot

Warna cerah selalu berhasil membuat ruangan apapun terkesan modern dan penuh energi. Warna oranye atau jingga memang jarang digunakan dalam desain interior. Di sisi lain, warna ini memiliki nuansa dinamis dan penuh keceriaan yang menghasilkan efek riang dan lembut dalam ruangan. Dapur ini adalah hasil rancangan ahli kami BT Mimarlik. 

4. Perangkat makan bergambar

Lihatlah betapa menggemaskannya perangkat makan ini! Mangkuk kecil, cawan dan tatakan gelas bergambar imut akan menjadikan dapur lebih dicintai siapapun yang berada di dalamnya. 

5. Paduan desain elegan dan fungsionalitas

Dapur industrial tampaknya menjadi desain dapur yang paling menarik perhatian. Tidak sulit kok menerapkan gaya desain yang sepintas eksklusif ini. Cukup tambahkan sedikit warna kontras dan maksimalkan fungsi setiap sudut dapur Anda. Contohnya adalah dapur hasil rancangan Ali İhsan Değirmenci Creative Workshop ini. 

6. Cerdas membagi ruang

rustic Kitchen by Luce mutfak&banyo
Luce mutfak&banyo

Luce mutfak&banyo

Luce mutfak&banyo

Mendesain dapur berdimensi kecil bisa menjadi tugas paling rumit di dunia desain interior. Ini karena dapur desainer harus memikirkan sebuah desain yang bukan hanya enak dilihat, namun juga fungsional. Dapur rancangan Luce Mutfak&Banyo ini menarik karena adanya pintu lipat. Pada saat tertentu pintu ini bisa dibuka dan ditutup agar dapur tampak luas. Paling cocok digunakan di rumah yang menggunakan konsep desain dapur ruangan terbuka (dapur terintegrasi dengan ruang makan atau ruang keluarga, atau keduanya). 

Punya ruangan sempit lain di rumah? Bacalah: 

10 Warna Agar Ruangan Sempit Tampak Luas 

7. Meja dapur senada dengan warna elemen lainnya

Hitam putih itu klasik, dan pasti indah sebagai tema interior rumah apa saja. Jika kurang suka warna menyolok, inilah opsi terbaik untuk Anda. Usahakan agar warna meja dapur senada dengan elemen lain di dapur. Misalnya, warna bingkai penyedot asap, kerai jendela dapur, karpet dan kelambu. Contohnya seperti dapur pada gambar yang didesain Yücel Partners. 

8. Meja dapur tanpa sudut

Meja dapur tanpa sudut fleksibel untuk diletakkan di mana saja. Apalagi kalau warnanya merah. Jangan lupa tambahkan plafon gantung yang senada dengan warna meja dapur. Meja dapur tak bersudut juga opsi praktis bagi dapur ruangan terbuka. 

9. Rak cantik

Rak bumbu dapur berornamen, toples unik, atau asesoris lainnya bisa membuat dapur Anda tampil beda. Mau yang lebih praktis? Cat ulang saja dengan warna ngejreng. 

10. Peralatan masak warna-warni

Punya panci, penggorengan, atau panci bertangkai berwarna cerah? Gantungkan semuanya di dekat kompor. Selain bikin dapur jadi ceria, ini akan memudahkan Anda untuk meraihnya saat dibutuhkan. Masalahnya, Anda harus rajin mencuci bersih peralatan masak ini agar warna cerahnya bisa memperindah dapur setiap saat. 

11. Mural (lukisan dinding)

Satu langkah terakhir yang paling mudah untuk mengubah suasana dapur adalah dengan membuat lukisan dinding (mural). Pilih satu dinding yang tidak mudah terkena percikan minyak atau air. Ajak pasangan, anak, atau anggota keluarga lain memenuhi dinding dengan goresan tangan mereka. Pasti seru! 

Baca juga: 

5 Trik Feng Shui Agar Dapur Bawa Rejeki 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!