Ruang Keluarga by 築築空間

Penggabungan Unsur Kuno dan Modern dalam Sebuah Rumah

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Keseimbangan adalah kunci untuk menggabungkan gaya lama dan baru. Rumah tua, bisa direnovasi agar tampak lebih modern, tanpa harus meninggalkan kesan-kesan klasik di dalamnya. Menjaga keaslian rumah, tentunya bukan perkara mudah jika dihadapkan pada kebutuhan era masa kini. Misalkan saja, sekat-sekat yang tak perlu, sudut-sudut yang tak lagi ada fungsinya serta masih banyak lagi.

Seorang dosen dari Jepang, ingin memperbarui rumah yang berada di tengah universitas ini. Dibangun pada tahun 1950, tentu saja banyak penyesuaian yang dibutuhkan. Namun tidak perlu menghancurkan apalagi merubuhkannya. Akhirnya, dikumpulkanlah para ahli untuk membuat rancangan renovasi tanpa harus menghilangkan unsur klasik dari rumah ini. Penasaran bagaimana perjalanannya?

1. Kita Mulai dari Luar

Rumah mungil ini, dibangun era 50an. Wah usianya sudah 60 tahun lebih! Atapnya mulai rusak, dan gayanya jika dilihat pada tahun 2017 tentu saja tradisional dan kuno. Namun kayu-kayunya masih kokoh.

2. Teras Beton

Di bagian depan, ada teras beton yang terasa kasar. Ini wajar karena zaman dahulu, beton menjadi salah satu material bangunan favorit. Kuat dan tahan lama, apalagi jika terkena gempa. Daya tahannya lebih bagus.

3. Langit-Langit yang Tinggi

Rumah kecil ini bagian dalamnya mendapat renovasi yang cukup banyak. Dimulai dari lantai, hingga rak buku dan tentu saja dinding. Namun bagian atap tidak diutak-atik kecuali diperbarui kerangka kayunya.

4. Rak Buku Besar

Salah satu bagian rumah yang paling mencuri perhatian adalah dinding yang ditutup dengan rak buku ini. Benar-benar mencerminkan rumah seorang akademisi. Ditemani dengan jendela yang memberi cahaya sepanjang siang, sofa yang empuk dan tentu saja, udara yang sejuk. Elegan!

Baca Juga: Ini Rahasia Agar Rumah Segera Laku

5. Ruang Makan Terbuka

Rumah ini rupanya tidak suka terlalu banyak sekat. Salah satunya adalah ruang makan, yang terletak hanya terpisah sebuah pintu lipat saja. Pas di samping jendela, waktu makanpun jadi momen yang berbeda. Set meja makannya juga klasik, bertemu dengan rak modern yang minimalis.

6. Dapur Ultra Modern

Area dapur tidak menyisakan masa lalu sama sekali. Semuanya dirombak, jadi modern! Lengkap dengan set kompor terbaru, lemari kabinet praktis dan jangan lupakan peralatan memasak yang canggih.

7. Pintu Geser Khas Asia Timur

Detail kecil yang mencuri perhatian, adalah mempertahankan pintu geser yang menjadi ciri khas dari rumah-rumah di Asia Timur ini. Desainnya begitu klasik dan tidak termakan waktu. Kayu dan kaca, memberikan efek luas dan tidak menghalangi pandangan.

8. Untuk Bersantai

Akhirnya kita tiba di bagian paling tradisional dari rumah ini. Namanya tatami, atau ruang untuk bersantai tanpa bangku atau sofa. Lesehan, dengan kaki terlipat. Warisan budaya leluhur yang wajib dilestarikan.

Menjaga keaslian rumah, tentunya bukan perkara mudah jika dihadapkan pada kebutuhan era masa kini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!