Rumah by 유오에스건축사사무소(주)

Kedua Hunian Ini Terhubung, Sempurna Untuk Dua Keluarga

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Seseorang mengetuk pintu kantor arsitek domestik Yuus karena ingin membangun rumah daya fungsional. Dua saudara perempuan yang dua-duanya memimpikan dua rumah untuk ditinggali bersama. Rumah dimana dua saudara perempuan dari keluarga berbeda tinggal bersama dan juga lahannya terletak di Gapyeong, Gyeonggi-do, dikelilingi oleh gunung dan sungai. Bayangkan saja lanskap ideal yang sudah terbangun ini. Mari lihat proyek dua rumah dimana keluarga besar ini tinggal di satu area.

Baca Juga: Transformasi Kamar Mandi

Dua bangunan berhadapan seperti kakak-adik

Rumah dari kakak adik dengan total area 39 hektar ini saling berhadapan satu sama lain. Kedua rumah secara aktif terlihat dengan kondisi dari tanah dan menggunakan ruang bawah tanah tanpa ragu. 

Dengan sumber udara Gapyeong yang dikelilingi oleh pegunungan, kedua keluarga memiliki panorama yang bisa dibagi dan nikmati halaman yang luas.

Rumah Modern tapi Sederhana

Walau ini adalah rumah keluarga tunggal di seluruh negeri, tapi rumah ini tetap mencerminkan kesederhanaan urban yang terlihat dari desain interior yang modern. Dinding-dinding eksterior dengan rapi diselesaikan dengan warna putih dan atap datar tanpa landaian juga menekankan kehangatan dari rumah minimalis.

Sebagian besar jendela-jendelanya adalah jendela penuh yang memudahkan untuk cahaya matahari masuk dan melihat pemandangan alam. Melalui jendela depan di setiap sudut, pencahayaan remang-remang di dalam ruangan membawa kehangatan sampai ke bagian eksterios bangunan.

Ruang-ruang Fungsional

Ketika Anda membuka mata di pagi hari, Anda akan melihat pegunungan di kejauhan dan siapkan sarapan Anda dengan terpaan sinar matahari yang hangat. Rumah dengan fungsi maksimal ini jelas harapan dari kedua kakak-adik ini. 

Desain interior modern dan ruang tamu dengan dapur berjendela terbuka yang bisa naik-turun, bukankah itu adalah rumah impian setiap kakak-adik dan wanita dimanapun?

Privasi terlindungi berkat penggunaan lahan

Ada dua bangunan di sini dan sebuah jendela besar yang membawa kesan bahwa interior akan terekspos oleh mereka yang melewati rumah ini. Bagaimanapun juga, masalah ini berkurang dengan menggunakan kondisi dan tanah yang ganjil karena berlokasi di pegunungan. Mari lihat pada penggunaan elevasi di daratan ini. 

Pertama, tanah di arah ini dimana bagian depan rumah menghadap dapat digunakan sebagai tempat parkr. Ini adalah penampakan dari tempat parkit yang disusun di tanah yanglebih tinggi ketimbang bagian lain di luar rumah.

Melindungi Privasi dengan Elevasi

Anda tidaka kan bisa melihat ke daam rumah kecil dari luar kecuali Anda menaiki tangga terlebih dahulu. Di bagian elevasi yang lebih rendah, jendela yang sengaja ditinggikan melindungi privasi dari bagian dalam rumah. Jendela besar di bagian atas tidak terekspos ke luar karena ini hanya bisa dilihat dari teras saja.

Rumah dengan sebuah gunung

Anda bisa langsung ke halaman depan yang super besar dari dua rumah ini hanya dengan melewati satu dinding, tempat parkir dan juga menanjaki beberapa anak tangga. Sekali Anda masuk ke halaman pribadi yang luas ini, bagian dalamnya akan membuat Anda sangat nyaman.
Bagaimana dengan bagian belakang rumah? Selamat menikmati tampilan rumah besar yang terhubung langsung ke bangunan dengan kaki gunung tetangga. Pemandangan dari bangunan yang menyatu dengan gunung memberikan kedamaian tersendiri.

Jalan menuju belakang gunung

Dek kayu memanjang melalui interior rumah besar dan menuju ke ruang tamu dan studio. Ketika perlahan mengikutinya, Anda akan dihadapkan dengan bagian belakang gunung yang terpampang nyata. Rancangan rumah ini memang dipertimbangkan dengan bagimana pekerjaannya dilakukan dan bagimana ini bergerak di adlam rumah. Hanya rumah yang ramah keluarga dan teman untuk keluarga inilah yang mampu melipat semua tempat.

Ekspresi tampilan yang berbeda

Ketika Anda turun ke bawah dari rumah besar, nada merah dan motif zigzag sangat mencolok mata. Ini adalah lantainya yang membuatnya berbeda dari landaian bangunan yang halus tanpa cela.

Lapangan luas juga terhubung melalui tempat ini. Jalan ke halaman juga terbuat dari batu lantai berbahan kasar tapi nyaman. Tiap lantai dari rumah pun berbeda dari lantai ke latai, jadi setiap lahan di rumah terlihat agak berbeda.

Loteng nyaman

Atap miring di dua rumah ini menyediakan tempat untuk loteng kecil. Seperti eksterior dari rumah di pegunungan, interiornya juga akan dipenuhi dengan cahaya dan pemandangan alam.

Kita sudah selesai melihat interior dalam ruangan yang sederhana macam tampilan modern. Interior dari loteng ini terbuat dari kayu bernuansa hangat seperti yang terlihat di gambar, menambah kenyamanan yang ada.

Setelah mengelilingi rumah ini jelas terlihat rumah ini sangat mencerminkan ide jelas dari si pemilik. UOS< kantor arsitertural yang bertanggung jawab atas proyek ini juga terkenal dengan Unit of Space. Dengan kata lain, ini memang nama yang mengandung filosofi arsitektural yang menjadikan satuan elemen-elemen kecil menjadi ruang dan bangunan indah. Ini mencerminkan selera dan juga pendapat dari arsitek hinnga ke bagian kecil dari filosofi dari rumah-rumah ini, menciptakan memori dan kenangan untuk kakak adik ini.

Baca Juga: Pintu Geser Untuk di Rumah

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!