Dapur by Increation

Gudang Tua Ini Diubah Jadi Rumah Cantik!

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Membangun tidak selalu tentang membuat sesuatu yang baru. Memperbaiki apa yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan kita, itu juga pemikiran cerdas. Sebuah rumah tua bisa disulap menjadi modern. Sebuah gudang yang lama tak digunakan juga bisa berubah jadi ruangan nyaman untuk semua. Menariknya, gudang ini menerapkan konsep LDK (living room dining room kitchen), alias ruang tamu, ruang makan, dapur dalam satu ruangan.  

Mari kita berkunjung ke London, Inggris, dan mengamati tata ruang serta transformasi gudang tua hasil karya ahli homify Increation. Saya yakin ada sesuatu di sini yang bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda. 

1. Dapur modern di gedung tua

 Dapur by Increation
Increation

Shoreditch EC1: Warehouse Living

Increation

Jendela, pintu, dinding batu bata, dan langit-langit tampaknya masih merupakan bagian asli gudang sebelum direnovasi. Semua dipertahankan, hanya sedikit dipoles ulang agar tampak muda kembali. Furnitur dapur adalah jenis modern yang elegan. Khusus lemari dapur dan oven dipilih warna putih yang dipercaya dapat memberikan kesan luas dan tidak berlebihan. 

2. Meja dapur marmer

 Dapur by Increation
Increation

Shoreditch EC1: Warehouse Living

Increation

Beginilah detil meja dapur dari dekat. Dari sini kita bisa tahu, ternyata meja dapur terbuat dari bahan marmer yang kokoh dan bercorak alami. Sementara laci-laci di bawahnya menggunakan bahan kayu yang difurnish coklat muda. Pemilihan bahan marmer patut dipuji karena bahan ini terkenal tahan api, tidak mudah pecah, dan kuat hingga bertahun-tahun. 

3. Panorama dari jendela

 Dapur by Increation
Increation

Shoreditch EC1: Warehouse Living

Increation

Gudang ini terletak di lantai ke sekian sebuah flat atau apartemen. Dengan demikian, pemandangan yang terlihat adalah deretan bangunan yang ada di sekitarnya. Semua jendela dan pintu menghadap balkon terletak di sebelah kiri. Dibiarkan tanpa tirai agar ruangan lebih terang oleh cahaya matahari. 

4. Cermin di belakang dapur

 Dapur by Increation
Increation

Shoreditch EC1: Warehouse Living

Increation

Dapur ruangan terbuka ini juga dilengkapi cermin di belakang meja dapur, yang sekaligus berfungsi sebagai backsplash. Cermin bersifat seperti kaca, mudah dibersihkan jika kena percikan minyak atau air. Selain itu, cermin dapat memberikan kesan luas di gudang yang kini telah berganti wajah. Uniknya, cermin di belakang dapur merupakan susunan cermin-cermin bekas yang sudah tidak digunakan karena telah buram atau tepinya menghitam.  

5. Meja tengah dapur multifungsi

 Dapur by Increation
Increation

Shoreditch EC1: Warehouse Living

Increation

Dari sini kita bisa melihat sisi lain meja tengah dapur yang kita lihat di atas. Sisi depan meja ternyata berfungsi sebagai lemari pajangan berisi koleksi sampanye, anggur, dan berbagai jenis minuman beralkohol lainnya. Bentuk botol minuman yang menarik membuatnya juga tampil sebagai penghias ruangan. 

Sedangkan di sisinya kita bisa melihat meja makan kayu yang dipadankan dengan seperangkat kursi biru bergaya modern. Bentuk sejati atap ruangan ini juga tampak jelas, yaitu kebalikan dari atap pelana yang berbentuk meruncing. Balok-balok kayu rupanya telah diganti dengan yang baru, karena balok kayu asli mungkin sudah tak layak sebagai penyangga. Lorong menuju dapur dihiasi lampu-lampu bohlam kuning, menambah kental nuansa rustic. 

6. LDK rustic

 Ruang Makan by Increation
Increation

Shoreditch EC1: Warehouse Living

Increation

Dari balik meja tengah dapur kita dapat memandang seluruh ruangan. Selain backsplash, cermin juga dipasang di sisi kanan dan kiri ruangan. Hasilnya, efek luas lebih terasa. Ada seperangkat sofa berwarna abu-abu dan televisi LED yang digantungkan di antara dua jendela. Sementara di sisi kanan ada rak penuh dengan buku sampai ke puncak. Perapian rupanya sudah tidak digunakan, sehingga desainer menyamarkannya dengan meletakkan peti kayu di depannya. Jika malas menonton televisi atau membaca buku, kita bisa pergi ke balkon dan menikmati panorama jalanan kota London. 

Simak ide apartemen satu ruangan lainnya di sini

Apakah Anda tertarik dengan konsep transformasi bangunan semacam ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!