Teras by 스마트건축사사무소

Inspirasi Rumah Sudut yang Efisien Menggunakan Lahan Sempit

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Rumah yang memiliki luas tidak seberapa merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tanah yang tidak terlalu besar dan topografi yang tidak teratur di tengah pemukiman yang penuh orang dengan harga tanah yang mahal di kota besar. Kesempatan ini merupakan tantangan bagi para arsitek karena pada tanah yang sempit, lebih sulit untuk bisa membangun rumah secara normal. Diperlukan adanya konsep desain dan bangunan yang lain dari biasanya.

Pada sudut seluas 44 meter persegi, para arsitek dari the Smart Architects Office melengkapi rumah ini dengan gaya yang berbeda menggunakan ide dan karakter yang menyesuaikan dengan topografi tempat tanah berada serta dengan kebisingan urban yang ada di sekitarnya. Area ini memiliki luas kurang dari 200 meter persegi dan sulit sekali untuk bisa mendapatkan bangunan dengan privasinya karena ketiadaan pemandangan.

Berikut ini sedikit inspirasi dari rumah sempit yang terletak di sudut, yang berada di Daegu.

1. Kesan yang menarik dan unik

Rumah sudut ini terletak di persimpangan 44 Pyong selepas Daegu Kyungpook National University. Terdapat banyak sekali populasi yang berpusat di area ini karena banyaknya juga pusat hiburan dan tempat makan bagi para siswa sekolah terdekat. Salah satu masalah terbesar dari rumah yang terletak di pemukiman padat penduduk adalah kurangnya privasi dari orang yang memiliki hunian di area tersebut. Arsitek dari rumah ini sudah menempatkan tempat tinggal yang tertutup di lantai tiga dan empat agar privasi tetap terjaga dengan adanya kaca rumah yang memantul dan berwarna gelap.

Tampilan luar dari bangunan ini memiliki elemen Stakoplex, yang terwujud dengan pemasangan lempengan baja, dan dengan menghilangkan jendela transparan yang memberatkan bagian dalamnya. Sebagai tambahan dari bagian dalam rumah yang dibuat terasa terbuka tapi tertutup dari luar, tampilan unik dari panel berlubang digunakan untuk menambah kesan hidup.

2. Konfigurasi bangunan yang masuk akal

Tantangan terbesar dari lokasi rumah tepat di sudut adalah komposisi ruangannya. Arsitek dari rumah ini menggunakan pendekatan desain bangunan dari sudut tenggara yang merupakan bagian terlebar hingga ke bagian tersempit di area barat laut, dengan rasio bangunan 58.36%.

Lantai pertama dan kedua dari bangunan ini terdiri dari berbagai fasilitas hidup sehari-hari. Lantai pertamanya memiliki dekorasi batu bata abu-abu dan lantai dua hingga lantai empatnya didominasi oleh Stakoplex dengan metode insulasi luar untuk memudahkan akses. Lantai ketiga dan keempatnya, di mana tempat hunian berada, diberikan sentuhan akhir dengan insulasi luar dan digalvanisasi dengan lempengan baja berbentuk kotak agar estetikanya tetap terjaga.

3. Sudut sempit dengan tangga lurus

Masuk ke dalam bangunan, Anda dapat melihat desain interior dari rumah sempit, yang memiliki bentuk menyempit dan tak beraturan dan perlu didekorasi agar terasa nyaman. Jalan masuk dengan anak-anak tangganya sengaja didesain pada sudut yang sempit dan dibiarkan tetap lurus untuk memanfaatkan ruangan secara efisien. Anak-anak tangga inipun memiliki lebar yang tidak seberapa dengan langit-langit yang tinggi pemberi kesan yang berbeda. Bagian yang lebih rendah pada anak-anak tangganya dimanfaatkan sebagai tempat toilet dan ruang penyimpanan, sehingga tidak ada ruang yang terbuang sia-sia.

4. Desain interior yang fleksibel

Area tempat tinggal di lantai tiga dan lantai empatnya memiliki pengaturan yang fleksibel. Dinding ruangan tamunya memiliki garis diagonal yang secara alamiah dibangun agar nyaman menuju ke lorongnya. Ide menggunakan semua ruangan yang ada sebisa mungkin sangat luar biasa dan fungsional.

Lempengan baja berlipat, yang hadir dalam bentuk kotak seperti yang dapat dilihat dari luar rumah memberikan efek dekoratif bagi ruangan. Sebagai tambahan dari fungsi pemberi cahaya alami di pusat kota, pemasangannya juga berfungsi sebagai bayangan dekorasi indah pemberi jalan bagi masuknya cahaya.

5. Area sudut

Foto berikut menunjukkan adanya area sempit berpusat di sudut. Sudut sempit ini didekorasi dengan koridor tanpa perlu banyak ruang, dan disulap sehingga tidak terasa sempit dan tidak nyaman. Pintu pada koridur ini juga memiliki model geser untuk membuatnya lebih efisien dan tidak makan tempat.

Untuk membangun rumah di atas tanah yang sempit dan tidak rata, dan membuatnya terasa nyaman bagi mereka yang tinggal di dalamnya, penting sekali untuk dapat menggunakan ruangan yang ada dengan hitungan yang sesuai. Di sini, dengan desain rumah berikut, Anda diperkenalkan dengan konsep rumah sempit yang sudah digunakan secara maksimal di setiap sudut dan sisa ruangannya untuk fungsi yang efektif.

6. Teras di atap rumah

Di dalam kota yang sibuk dengan rumah yang berada di persimpangan jalan seperti ini, area relaksasi mungil di luar rumah di mana penghuninya dapat bersantai sekecil apapun merupakan hal yang diperlukan. Di bagian sudut rumahnya, teras di atas atap dengan pemandangan yang indah memperlihatkan kota di sekitar tempat tinggal di Daegu ini akan menjadi spot favorit. Tanpa membatasi fungsi karena ketiadaan pemandangan dan area yang sempit, atap yang lebar ini pun menjadi titik tempat ketenangan bagi penghuninya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!